SHARE THIS ARTICLE

Kota Kyoto di Jepang seakan tak ada habisnya menawarkan wisata yang menarik. Selain Kuil Kinkakuji dan Kuil Fushimi Inari Taisha ada lagi Kuil Kiyomizudera yang tak kalah unik. Konon kuil ini bisa mendatangkan jodoh.

Kuil ini bernama Kiyomizudera, dari situs resminya Rabu (1/10/2014) adalah salah satu kuil yang terpopuler bagi masyarakat Jepang pada umumnya. Kuil ini berada tepat di lereng gunung. Bangunan kuil ini berdiri dengan ditopang oleh kayu yang tingginya sekitar 13 Meter. Atap yang berbentuk khas terbuat dari kayu cemara, dilengkapi dengan patung Dewi Kasih sayang Kannon Bodhisattva yang ada di ruangan utama kuil.

163738_photo2

Dari halaman utama kuil ini pengunjung bisa menikmati pemandangan menghadap sebelah barat kota Kyoto yang sangat indah. Tak hanya itu, asyiknya lagi kita juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam yang sangat menawan seakan menambah keromantisan Kuil Kiyomizudera.

163759_photo1

Di sini juga ada sebuah air terjun yang ramai dikunjungi wisatawan ketika datang ke kuil. Air terjun ini pun masuk ke dalam aset nasional Jepang. Banyak wisatawan berdatangan ke air terjun ini membawa botol air minum untuk mengambil airnya, yang konon dalam kepercayaan di sana air terjun dari tiga aliran sungai ini dapat memberikan kesehatan dan kesuksesan.

163815_photo3

Menarik nya, di bawah bangunan Kuil Kiyomizudera ada sebuah bangunan yang digunakan khusus untuk berdoa bagi orang yang sedang mencari jodoh. Tempat ini bernama Jishu-jinja. Konon ceritanya ketika kita berdoa di sini akan dipermudah mendapatkan pasangan hidup.

Untuk mendapatkan jodoh pengunjung akan melakukan sebuah ritual yang unik dimana kita disuruh untuk berjalan sendiri melewati 2 batu dengan mata tertutup. Jika wisatawan bisa melewati kedua batu tersebut maka kita akan mendapatkan jodoh dengan cara Anda sendiri. Tapi, jika pengunjung mengalami kesulitan melewati batu, itu artinya Anda butuh bantuan orang lain untuk menemukan pasangan hidup.

Hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar 300 Yen (Rp 33.000) untuk dewasa dan 200 Yen (Rp 22.000) untuk pelajar kita sudah bisa menikmati wisata di sana. Selain itu Anda juga bisa menemukan beberapa barang yang dijual, seperti jimat, dupa untuk beribadah dan kertas keberuntungan.

Wisatawan bisa mengunjungi kuil ini setiap hari pukul 06.00-18.00. Mulai dari keindahan bangunan kuil Kiyomizudera lalu pengunjung juga bisa mengambil air di air terjun, menikmati pemandangan matahari terbenam dan berdoa untuk mendapatkan jodoh, ini semua bisa didapatkan ketika mengunjungi kuil Kiyomizudera.

163831_photo4

Cara kesana:

Berangkat naik bus dari Keihan Gion Shijo Station atau Hankyu Kawaramachi Station, turunlah di halte bus Kiyomizumichi. Kemudian jalan kakilah 10 menit ke kuil tersebut

Source : travel.detik
COMMENT