SHARE THIS ARTICLE

Bento KarakterLunch box atau bekal makanan kerap kali menjadi andalan saat akan berpergian, misalnya ke sekolah ataupun pergi ke kantor. Bagi sebagian orang, membawa makanan hasil olahan di rumah menjadi pilihan utama karena bisa lebih terjamin kebersihan dan kualitas dari makanannya. Di Jepang, istilah bekal disebut dengan bento.

Bento dalam bahasa Jepang berarti bekal makanan yang bisa dibawa ke mana saja dalam kemasan yang praktis. Biasanya, bento merupakan hidangan selingan yang terdiri dari nasi, lauk pauk dan sayur, namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Sedangkan bento karakter (charaben-red) merupakan bento yang dibentuk menjadi menjadi karakter-karakter dengan padu padan warna yang menarik,” kata Yulyan Parwati, penulis buku Bento Karakter Unik, seperti dikutip Okezone, Senin (23/3/2015).

Sama seperti bento pada umumnya, bento karakter juga terdiri dari nasi, lauk pauk serta sayuran. Namun pada bento karakter, berbagai bahan lain juga bisa digunakan sesuai dengan karakter yang ingin dibuat, misalnya roti, kue, atau buah-buahan.

Bento karakter ini biasanya dibuat untuk bekal sekolah bagi anak yang masih dalam usia balita. Berbagai karakter unik bisa diaplikasikan dalam pembuatan bento seperti karakter tokoh kartun, binatang, atau boneka. Untuk membuat bentuk yang unik, diperlukan bantuan cookie cutter atau cetakan kue kering dengan berbagai bentuk.

Source : katariau.com
COMMENT