Share on
Sejak debut dalam majalah manga Weekly Shonen Jump (WSJ) pada 1997 silam, manga One Piece telah memikat hari para pembaca, mwmbuatnya menjadi manga terpopuler, tak hanya dalam majalah anthology itu, tapi juga di seluruh Jepang. Kepopulerannya membuat manga karangan mangaka Eichiro Oda ini sering tampil menjadi cover di majalah ini. Karena itu, tak mengejutkan jika Luffy dan kawan-kawan kembali tampil dalam cover edisi teranyar WSJ.
Namun, ketika para fans melihat cover tersebut dengan mata kepala sendiri, mereka terkejut. Memang, bagaimana cover One Piece yang menjadi kontroversi ini? Ayo cek tautan dan gambar di bawah ini!
Cover One-Piece Ini Kontroversial di Jepang Karena...
Cover Weekly Shonen Jump edisi terbaru. (twitter: @jump_henshubu)
Dalam cover bertema One Piece yang menjadi cover untuk Weekly Shonen Jump Volume 19 yang baru saja rilis, terlihat Luffy dan beberapa dua laut lain seperti Gol D. Roger dan Kozuki Oden.Dalam cover tersebut, tiga bajak laut ini terlihat tengah bersulang dengan mug kayu berisi minuman berwarna putih yang terlihat seperti semacam bir, ale, atau minuman keras lainnya.Masalahnya, Luffy masih di bawah umur. Dalam cerita manganya, Luffy berusia 19 tahun. Sedangkan, batas minimum untuk meminum minuman keras di Jepang adalah 20 tahun.Karena itulah, cover One Piece baru dalam Weekly Shonen Jump edisi teranyar ini mendapat berbagai reaksi dari netizen Jepang. Misalnya:
Luffy seharusnya tidak meminum itu.Luffy masih di bawah umur, tapi ia terlihat ikut meminumnya.Di laut, kondisi air dalam barrel biasanya memburuk, berbeda dengan alkohol. Karena itu, jika kamu rak meminumnya, kamu bisa mati.Kalau tidak salah Eiichiro Oda pernah mengatakan dalam suatu sesi tanya-jawab kalau Luffy bisa minum, namun ia tidak menyukainya karena itu membuatnya mengantuk.
Beberapa komentar yang membela Luffy mengatakan kalau dalam seri manganya sendiri Luffy menyatakan ia tidak menyukai alkohol. Karena itu, bisa saja minuman berwarna putih pucat keemasan itu bisa saja bukan bir. Ada juga yang mengatakan kalau Luffy hidup di dunia yang memiliki batas umur meminum minuman keras yang berbeda dengan Jepang.Ya, mungkin pendapat ini benar. Karena jika dipikirkan, Luffy, Roger, dan Oden menghabiskan banyak waktu di laut, ada kemumgkinan mereka bersulang di suarDari sudut pandang hukum, Luffy, Roger, dan Oden semua menghabiskan banyak waktu di laut, jadi mungkin saja mereka bersulang di jalur perairan internasional di mana tak ada batas usia minimum.Apalagi, para fans hardcore One Piece pasti akan menyadari kalau tidak mungkin ketiga karakter ini bisa tampil seperti dalam cover di atas. Bayangkan saja, mantan Pirate King dan raja bajak laut di masa depan berkumpul bersama? Mungkin saja ini hanyalah imajinasi Luffy semata, kan? .