Share on
Meskipun tidak selalu muncul di setiap seri anime, ada trik yang cukup umum dimana animator memberikan celah kosong di antara frame kacamata karakternya, tepat di dekat engsel lipatan kacamata. Hal ini biasanya dilakukan ketika menunjukkan wajah karakter dalam profil (awal episode), atau bisa juga dilakukan dari awal sampai akhir episode. Penggunaan trik ini memudahkan para animator untuk menggambar mata karakter yang berkacamata, dan menyampaikan emosi karakter tersebut dengan lebih baik.
Kacamata melayang yang sering terlihat di banyak anime (twitter @hikol)

Tentu saja ini adalah salah satu anime-logic yang tidak seperti dunia nyata. Tetapi, perusahaan mode asal Jepang, EkoD Works, baru-baru ini membuat heboh dengan kacamata terbaru yang mereka rancang!

Kacamata Anime rancangan EkoD Works (twitter @ekoDWorks)

EkoD Works bilang bahwa kacamata terbaru mereka ini terinspirasi dari kacamata melayang milik karakter Akita Takagi dan Osamu Mikumi, dari Bakuman dan World Trigger. Meskipun kacamata ini tidak sepenuhnya melayang seperti dalam anime, melainkan menggunakan frame yang transparan di bagian dekat engsel lipatannya, sehingga membuatnya tampak seperti melayang.

Kacamata Anime rancangan EkoD Works (twitter @ekoDWorks)
Sejak diposting di Twitter, kacamata dari EkoD Works ini telah mendapatkan banyak reaksi positif dari para pengguna Twitter. Tidak hanya para pecinta anime yang memberi komentar, banyak juga orang-orang lain yang berkomentar bahwa ini adalah desain yang tidak hanya stylish, tapi juga praktis.
Kacamata rancangan EkoD Works ini tidak sepenuhnya melayang (twitter @ekoDWorks)

Kacamata melayang ini belum siap untuk dipasarkan. Foto yang diposting EkoD Works lewat Twitter-nya adalah model prototype yang dibuat dengan bahan-bahan dari toko 100yen. Mereka bilang bahwa produk ini perlu didesain dan diproduksi dengan bahan-bahan yang kualitasnya lebih baik sampai siap untuk dijual. Mereka juga perlu memikirkan nama yang cocok untuk kacamata anime ini agar dapat menarik minat pembeli.