Share on

Puncak acara kompetisi cosplay bertajuk World Cosplay Summit 2017 kemarin berlangsung sangat meriah, dan pemenang untuk acara cosplay paling bergengsi di dunia ini pun telah diumumkan. Cosplayer asal China, diwakili oleh Xue Yan Xue dan Tian Tian yang ber-cosplay meniru karakter dari Blood: The Last Vampire berhasil menjadi juaranya.

Di tempat kedua diwakili oleh Al Squall dan Doritaa, cosplayer yang berasal dari Meksiko, dan ber-cosplay meniru karakter dalam manga Trigun. Sementara itu, tuan rumah Jepang hanya berada di posisi ketiga dengan diwakili oleh Mahio dan Mariko yang mengenakan kostum dari serial Noitamina, Ayakashi: Samurai Horror Tales.

Setiap tahun, para cosplayer terbaik dari seluruh dunia berkumpul di Nagoya, Jepang, untuk berpartisipasi dalam World Cosplay Summit, sebuah festival yang berlangsung selama satu minggu dan didekasikan untuk segala hal berbau cosplay. Tim dari berbagai negara saling berebut untuk menemukan siapa yang terbaik dari yang terbaik dalam hal cosplay.

World Cosplay Summit (WCS) adalah acara cosplay tahunan yang memperkenalkan budaya pop Jepang secara internasional. Mulai tahun 2003 hanya segelintir negara yang berpartisipasi di acara ini, namun seiring berjalannya waktu, acara ini pun berkembang mencakup negara-negara dari seluruh dunia.