Berita Jepang | Japanesestation.com

Di beberapa tahun terakhir ini, rasanya kepopuleran dan jumlah seiyuu Jepang meningkat drastis ya? Aktivitas yang melibatkan mereka pun semakin banyak saja. Selain acara-acara terkait anime dan game di mana mereka berperan, banyak seiyuu yang mulai terjun menjadi seorang YouTuber. Nama-nama besar seperti Kana Hanazawa, Yuki Kaji, dan Mamoru Miyano tentu sudah dikenal, namun kemunculan seiyuu-seiyuu baru juga berkembang pesat. Bahkan, beberapa idol Jepang mulai merambah ke dunia seiyuu!

Dan kabarnya, di tahun 2021 ini, populasi seiyuu Jepang mencapai puncaknya. Ya, Oricon melaporkan bahwa majalah Seiyuu Grand Prix yang menerbitkan sebuah suplemen tahunan bernama ‘Seiyuu Meikan‘ (Voice Actor Directory) menerbitkan direktori seiyuu terbesar, dengan  955 seiyuu wanita dan 600 seiyuu pria di dalamnya.

seiyuu jepang 2021 japanesestation.com
Jumlah seiyuu wanita. (oricon.jp)

Namun, rupanya jumlah tersebut belum semuanya lho!

Huawei MatePad Pro

Seiyuu Hitomi Harada (Airi Totoki di seri Idolmaster Cinderella Girls) menyebutkan bahwa masih banyak seiyuu yang tidak adak dalam direktori tersebut, jadi jumlah aslinya mungkin lebih banyak dibanding yang dilaporkan Oricon.

Dan ini baru 2021, melihat terus dirilisnya judul-judul game baru dan popularitas profesi seiyuu yang makin meningkat, ada kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah!