Share on

Pada tanggal 5 Juni 2020 lalu, pemerintah Jepang mengumumkan bahwa mereka akan memperketat kontrol hak cipta dengan memblokir semua situs unduh manga, majalah, dan buku pendidikan, mengikuti musik dan video yang sebelumnya sudah menjadi konten region-lock. Dilansir dari Kyodo News, aturan tersebut juga akan meregulasi “situs leech” di mana para pengguna mendapat link untuk mengunduh file torrent bajakan. Pemblokiran situs unduh ilegal ini rencananya akan mulai aktif pada 1 Januari 2021, sementara pembatasan situs leech akan dimulai pada 1 Oktober mendatang. Namun, nampaknya pembatasan tersebut dipercepat. Buktinya, salah satu situs penyedia anime bajakan terbesar, KissAnime, ditutup pada Jumat (14/8) malam.

Advertise With Us

Meskipun kabar ditutupnya KissAnime sudah tersebar ke mana-mana, masih banyak netizen yang bertanya-tanya mengapa KissAnime baru ditutup setelah hampir 10 tahun menemani para otaku di internet. Hal ini juga menghasilkan 2 pertanyaan besar, kebenaran fakta KissAnime ditutup dan apakah situs tersebut dapat kembali dibuka suatu saat.

Benarkah KissAnime Ditutup?

Ya, situs resmi KissAnime telah dicabut dari servernya dan kini tidak bisa diakses sama sekali oleh para pengguna.  

Menurut r/KissAnime subreddit, situs anime ini ditutup antara pukul 10 atau 10:20 malam pada tanggal 14 Agustus. Dan pada 10: 50 PM, tim support KissAnime mengunggah sesuatu di discord mereka dan mengatakan, “KissManga dan  KissAnime akan ditutup selamanya. Terima kasih atas dukungan kalian semua ☹ Terima kasih untuk dukungan kalian selama ini.”

PENTING: Jangan coba-coba untuk menggunakan situs ‘KissAnime’ lain, karena hampir semuanya situs phishing dan bisa saja berisi virus yang dapat “menginfeksi” komputer atau smartphonemu (apalagi setelah situs resminya hancur seperti sekarang).  

Mengapa  KissAnime Ditutup?

KissAnime diutup karena semua file mereka telah dihapus oleh pemilik hak cipta.

Ya, sejak dulu, legalitas memang menjadi sebuah masalah bagi KissAnime dan komunitas streaming lain, dan kelihatannya isu ini akhirnya benar-benar menjamah situs-situs ilegal ini.  

Memang tidak aneh sih jika situs ini dututup. Seperti kata seorang pengguna Quora berikut: “Teknisnya, memang tidak illegal untuk mendistribusikan kembali konten (apalagi di negara yang menjadi asal situs), dan karena situs ini adalah situs bajakan, kita tidak bisa melakukan apapun.”

Intinya, setelah bertahun-tahun meneydiakan layanan streaming bagi jutaan orang di dunia, sepertinya situs bajakan ini benar-benar tutup.

Apakah Situs KissAnime akan Kembali Dibuka?

Rasanya hampir tidak mungkin jika KissAnime akan kembali dibuka, apalagi sudah banyak situs-situs palsu yang mengklaim sebagai situs tersebut dengan domain resmi baru. Karena itu, jangan coba-coba mengunjungi situs-situs tersebut atau membagikan linknya di media sosial. Seperti sudah disebutkan di atas, mayoritas situs tersebut adalah situs ‘phishing’ dan dapat menyebabkan smartphone atau komputermu teinfeksi software berbahaya.

Sepertinya, memang inilah akhir dari situs terkenal ini. Namun, JS akan segera meng-update jika ada infromasi baru terkait dengan hal ini.

Nah, daripada menunggu KissAnime kembali bangkit, mengapa tidak coba menonton secara legal saja? Masih ada situs seperti Muse Asia (gratis!), atau mencoba menonton anime-anime di Netflix. Jika ada TV kabel di rumahmu, kamu juga bisa berlangganan channel Animax. Memang sih hampir semuanya harus mengeluarkan uang, tapi, dengan membayar berarti kamu mendukung para creator dan distributor anime kan? Yuk, dukung mereka!