Share on

Pada tanggal 6 November 2016, telah diadakan screening film anime populer "Kimi No Na Wa" di Kota Hida, Prefektur Gifu, Jepang. Kota ini adalah kota yang menjadi latar belakang terjadinya cerita di dalam anime tersebut, namun karena di kota tersebut tidak ada bioskop, maka penduduk setempat baru bisa menonton anime yang telah rilis sejak Agustus 2016 tersebut pada kesempatan ini.

Advertise With Us

Film ini dipertunjukkan di pusat kebudayaan kota Hida sebanyak 3 kali, tiap kalinya ditonton oleh 650 orang. Penayangan filmnya dimulai dengan video pesan dari sutradara Makoto Shinkai, "Saya tidak tahu di sana tidak ada bioskop. Saya sangat senang pada hari ini, kalian bisa melihat karya ini."

Kota Hida yang Jadi Latar Kimi No Na Wa, Malah Kesulitan Menonton Film Anime Ini
Antrian para penonton di kota Hida (image: asahi.com)

Tiket pertunjukan ini habis terjual hanya dalam waktu 2 jam sejak mulai dijualnya pada tanggal 23 Oktober 2016. Salah satu penonton bernama Sakashita Hiromi bertutur, "Suami dan anak tertua saya sudah menonton film ini di Kota Toyama, tapi saya baru nonton sekarang. Seperti kata gosip, stasiun kereta dekat rumah kami pun tergambar persis sekali," mengungkapkan kesannya akan film ini.

Di daerah Hida di bagian utara Prefektur Gifu, tidak ada bioskop sejak bioskop di kota Takayama tutup pada tahun 2014. Pihak kota lalu mendapatkan aspirasi dari para penduduknya bahwa mereka "Ingin melihat film terkenal yang menggambarkan kampung halaman mereka di daerahnya," dan pihak kota pun mengadakan pertunjukan ini setelah bernegosiasi dengan pihak Toei selaku pemegang hak distribusi filmnya.

(Featured image: forbes.com)