Share on

Film ‘Tenki no Ko’ (Weathering with You) karya sutradara Makoto Shinkai mencetak rekor 1,64 milyar yen dalam waktu tiga hari sejak penayangan perdananya di Jepang pada 19 Juli 2019 lalu. Ini menjadi rekor baru yang melampaui film anime sebelumnya dengan judul ‘Kimi no Na wa.’ (Your Name.) pada jangka waktu penayangan yang sama selama tiga hari, kata distributor film tersebut pada Senin (22/7).

Advertise With Us

Film ‘Tenki no Ko’ Makoto Shinkai Raup 1.64 Milyar Yen Dalam 3 Hari
official poster (sumber: Tenki no Ko)

Sejak hari pertama penayangannya di hari jumat, sudah ada sebanyak 1,15 juta orang yang menonton film garapan Shinkai ini, jumlah ini merupakan peningkatan dari jumlah penonton film Shinkai sebelumnya, ujar Toho Co.

Karya Shinkai sebelumnya yang berjudul ‘Kimi no Na wa.’ (Your Name.) dirilis pada Agustus 2016. Film ini menjadi film terlaris keempat sepanjang masa di Jepang. Selama penayangannya, film ini meraup hingga lebih dari 25 milyar yen setelah film ‘Spirited Away’ karya Hayao Miyazaki dengan sutradara Toshio Suzuki dan diproduksi oleh Studio Ghibli, kemudian ada ‘Titanic’ dan ‘Frozen’ produksi Disney.

Film ‘Tenki no Ko’ Makoto Shinkai Raup 1.64 Milyar Yen Dalam 3 Hari
Gambar: kiminona

Berkaca dari kesuksesan film sebelumnya, kali ini film terbaru Shinkai akan tayang di 448 layar studio di 359 bioskop Jepang. Jumlah ini pun merupakan peningkatan dari jumlah studio teater dan bioskop yang memutar film karya Makoto Shinkai sebelumnya.

Film ‘Tenki no Ko’ menceritakan seorang anak laku-laki yang pindah dari rumahnya yang berada di pulau terpencil menuju Tokyo dan bertemu seorang gadis yang memiliki kemampuan dapat menghentikan hujan dan mengubah langit kembali cerah.

Selain itu, Shinkai juga memboyong lagi band pengisi theme song untuk film sebelumya, RADWIMPS. Bahkan band ini merilis album terbarunya bertajuk “Weathering With You” judul album ini sama dengan judul film Shinkai dan dirilis berbarengan dengan penayangan perdana filmnya.

Film ini rencananya akan dirilis di 140 negara, jumlah ini juga merupakan peningkatan dari jumlah penayangan sebelumnya yang diputar di 135 negara untuk film ‘Your Name’.

Makoto Shinkai memulai debutnya pada tahun 2002 melalui anime pendek yang diproduksi sendiri. Namun selama karirnya, film “Kimi no Na wa” merupakan film karyanya yang paling sukses dan fenomenal di seluruh dunia.

  Featured image: official website Tenki no Ko

Sumber: japan today, official website Kimi no Na wa