Berita Jepang | Japanesestation.com

Ada berbagai macam genre dalam anime, sama seperti film, dan salah satu genre anime yang paling populer adalah romance. Beberapa anime romance biasanya hanya berfokus pada cinta antar karakter dan hal lainnya yang terdiri dari romansa. Serta lebih banyak genre lainnya seperti comedy, slice of life, fantasy, action, dan sebagainya.

Bagi penggemar anime atau film ber-genre romance, berikut adalah 5 anime romance terbaik sepanjang masa yang dipilih dari banyak judul anime populer!

1. Kaguya-sama: Love is War

Kaguya-sama: Love Is War adalah serial anime romance dan comedy modern yang populer. Serial ini dimulai sebagai manga dari tahun 2015, dan diadaptasi menjadi dua season anime yang ditayangkan pada 2019 dan 2020.

Huawei MatePad Pro

Berlatar di sekolah tinggi bergengsi dan berfokus pada dua karakter, ketua OSIS Miyuki Shirogane dan wakil ketua sekaligus karakter utama wanita Kaguya Shinomiya. Meskipun mereka jatuh cinta satu sama lain, mereka terlalu gengsi untuk menyatakan cinta mereka karena mereka pikir mengungkapkan cinta mereka terlebih dahulu adalah sebuah kekalahan.

2. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anohana adalah salah satu anime romance yang paling mengharukan, yang juga dikategorikan sebagai fantasy atau slice of life. Disiarkan dengan 11 episode pada tahun 2011 dan adaptasi film anime-nya dirilis pada tahun 2013.

Ceritanya berpusat pada seorang anak SMA bernama Jinta Yadomi, yang menolak untuk pergi ke sekolah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya Meiko Homma (Menma) muncul di hadapannya sebagai hantu setelah dia meninggal dalam kecelakaan bertahun-tahun sebelumnya.

3. Your Name

Sebagai salah satu film anime modern terbaik, banyak penggemar anime yang memilih Your Name (Kimi no Na wa) yang dirilis pada tahun 2016 sebagai anime romance terbaik. Disutradarai oleh sutradara anime ternama Makoto Shinkai.

Your Name mengikuti dua karakter utama, seorang siswa sekolah menengah Taki Tachibana dan seorang karakter utama wanita pada usia yang sama Mitsuha Miyamizu. Suatu hari, mereka menyadari bahwa tubuh mereka tiba-tiba tertukar saat Taki tinggal di Tokyo dan Mitsuha tinggal di pedesaan yang jauh. Kehidupan sehari-hari mereka digambarkan hingga suatu peristiwa penting terjadi.

4. Fruits Basket

Fruits Basket diadaptasi dari serial manga asli yang diterbitkan antara tahun 1998 dan 2006. Ada dua versi serial anime. Pada tahun 2001 ditayangkan sebanyak 26 episode, namun memang tidak mencakup keseluruhan cerita manga-nya. Baru kemudian pada tahun 2019 ditayangkan sepenuhnya berdasarkan cerita manga-nya hingga akhir.

Tokoh utamanya adalah seorang gadis SMA bernama Toru Honda, yang kehilangan satu-satunya ibu dari keluarganya dalam sebuah kecelakaan mobil. Dia akhirnya tinggal bersama dengan keluarga Soma, termasuk Yuki dan Kyo. Mereka dapat berubah menjadi hewan yang berkaitan dengan Zodiak Jepang (Cina) yang disebut Junishi.

5. Whisper of the Heart

Whisper of the Heart adalah salah satu film Studio Ghibli yang paling terkenal, dirilis pada tahun 1995. Meskipun film klasik ini tidak disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang terkenal, tetapi telah mendapat rating tinggi di Jepang.

Anime romance ini menggambarkan cinta murni remaja yang berfokus pada dua karakter utama, Shizuku Tsukishima dan Seiji Amasawa. Shizuku secara kebetulan menemukan toko barang antik misterius bernama Chikyuya milik Shiro Nishi, dan kemudian dia lebih mengenal cucunya, Seiji Amasawa. Dia mencoba melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan sebuah novel, sementara Seiji berusaha menjadi pembuat biola.