Share on

Sampai saat ini, sudah ada banyak sekali anime dengan berbagai macam genre, sehingga akan menjadi sangat membingungkan bagi orang yang baru pertama kali menonton anime untuk memilih anime apa yang harus ditonton. Berikut adalah 10 anime yang tepat sebagai pembuka bagi orang yang baru pertama kali menonton anime!

Advertise With Us

1. Naruto

Siapa yang tidak mengenal anime Naruto ini? Anime yang merupakan karya dari Masashi Kishimoto ini menceritakan tentang seorang ninja bernama Naruto Uzumaki, dalam perjuangannya untuk mendapatkan pengakuan oleh seluruh teman dan warga desanya, dan untuk menjadi seorang pemimpin di desanya. 

naruto anime
Naruto (sumber: naruto.fandom.com)

Anime ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Naruto, yang menceritakan masa-masa awalnya menjadi seorang ninja, dan Naruto Shippuden, yang menceritakan kisahnya setelah remaja dan perjuangannya hingga “Peperangan Ninja ke-4”.

2. Hajime no Ippo

Hajime no Ippo ini merupakan anime yang diambil dari manga karya George Morikawa. Anime ini terdiri dari tiga seri anime dan dua film layar lebar dan menceritakan tentang perjuangan seorang petinju bernama Ippo Makunouchi, sejak pertama ia berlatih menjadi seorang petinju hingga kemenangan-kemenangan dan kekalahannya di dalam pertandingan, serta kehidupan sehari-harinya. 

hajime no ippo anime
Hajime no Ippo (sumber: financerewind.com)

Seri pertama dari anime ini dikenal dengan nama Fighting Spirit, sementara seri keduanya bernama New Challenger dan seri ketiganya bernama Rising. Anime ini memiliki 126 episode secara keseluruhan, dan dengan terus berlanjutnya manga Hajime no Ippo ini, maka terdapat kemungkinan adanya seri keempat dari anime ini.

3. Trigun

Berdasarkan dari manga yang dibuat oleh Yasuhiro Nightow, Trigun mengisahkan tentang Vash the Stampede, yang dikenal dengan julukan “Manusia Puting Beliung”, karena kemanapun ia pergi, akan ada kehancuran yang mengikuti. 

trigun anime
Trigun (sumber: funimation)

4. Little Witch Academia

Dibuat oleh Yoh Yoshinari, Little Witch Academia ini merupakan anime yang berlatar di “Akademi Sihir Luna Nova”. Seri anime ini, yang diikuti dengan dua film pendek, menceritakan tentang Atsuko “Akko” Kagari, seorang anak yang tidak memiliki kekuatan sihir, yang menuntut ilmu di sekolah sihir terkemuka dengan harapan dapat menjadi seorang penyihir.

Anime ini merupakan anime yang tergolong family friendly, sehingga dapat ditonton oleh anak-anak. 

little witch academia anime
Little Witch Academia (sumber: little-witch-academia.fandom.com)

5. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist merupakan anime yang berdasarkan manga berjudul sama yang dibuat oleh Hiromu Arakawa. Anime ini menceritakan tentang dua bersaudara Edward dan Alphonse Elric yang mencari Philosopher’s Stone untuk membatalkan efek samping dari percobaan transmutasi manusia yang gagal untuk menghidupkan kembali ibu mereka yang telah meninggal. Dalam percobaan tersebut, Edward kehilangan kaki kiri dan tangan kanannya menjadi sebuah wujud metafisik yang bernama Truth, sedangkan jiwa Alphonse tersegel dalam sebuah baju besi. 

fullmetal alchemist anime
Fullmetal Alchemist (sumber: cbr.com)

Fullmetal Alchemist memiliki 51 episode, dan sebuah seri lain yang berjudul “Fullmetal Alchemist: Brotherhood” yang memiliki 61 episode.

6. My Hero Academia

Berdasarkan dari manga yang dibuat oleh Kōhei Horikoshi, My Hero Academia menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Midoriya, yang terpilih sebagai pahlawan dunia. My Hero Academia ini berlatar di dunia dimana manusia memiliki kekuatan super bernama “Quirks”, dan terdapat aturan bahwa hanya “Pro Heroes” yang dapat melawan para penjahat yang menggunakan kekuatan supernya untuk kejahatan. 

my hero academia anime
My Hero Academia (sumber: netflix)

7. Death Note

Death Note merupakan anime yang dibuat berdasarkan oleh manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Death Note mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Light Yagami yang menemukan buku ajaib, dimana orang yang namanya ditulis di buku tersebut akan tewas. 

death note anime
Death Note (sumber: mouv.fr)

Death Note memiliki 36 episode, mengikuti perjalanan Light Yagami dengan buku yang perlahan-lahan membuatnya kehilangan kewarasannya.

8. Attack on Titan

Anime yang berdasarkan dari manga Hajime Isayama ini merupakan anime bergenre dark fantasy. Mengikuti kisah Eren Yeager dan kedua sahabatnya Mikasa Ackerman dan Armin Arlert yang bergabung dengan pasukan pengintai untuk membalaskan dendam manusia kepada para Titan.

Attack on Titan memiliki 3 season, dengan season terakhirnya yang akan tayang. 

attack on titan anime
Attack On Titan (sumber: videotapenews.com)

9. One-Punch Man

Anime yang awalnya dibuat sebagai digital manga oleh One, menceritakan tentang seorang pahlawan dari Kota-Z yaitu Saitama, yang memilih untuk melawan monster dan penjahat untuk bersenang-senang.

Anime ini baru saja menyelesaikan season keduanya, sementara season ketiganya masih belum diumumkan. 

one punch man anime
One Punch Man (sumber: netflix)

10. Cowboy Bebop

Anime yang merupakan karya Shinichirō Watanabe ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Spike Spiegel, Jet Black, Faye Valentine, dan Ed, sekelompok tim pemburu bayaran dalam kapal luar angkasa mereka.

Cowboy Bebop dibuat dengan tema kebarat-baratan, dengan tujuan agar penonton dari Amerika Serikat dapat lebih mengerti dengan ceritanya.

cowboy bebop anime
Cowboy Bebop (sumber: dazed)