SHARE THIS ARTICLE
image: hairy-popcorn.blogspot.jp
image: hairy-popcorn.blogspot.jp

One Punch Man” adalah serial manga dan anime dengan karakter utama bernama Saitama yang sukses menuai sensasi di season tahun ini dengan satu pukulan yang dapat mengalahkan setiap lawannya dalam sekejap. Kisah dalam “One Punch Man” sendiri berlatar dalam dunia di mana para superhero terdaftar dalam asosiasi superhero dan melawan para makhluk misterius yang secara berkala menyerang masyarakat. Mendengar nama Saitama sendiri mungkin akan mengingatkan kalian pada Prefektur Saitama, memangnya ada apa sih antara One Punch Man dan Prefektur Saitama di Jepang? Ternyata ada kaitannya lho! Berikut adalah beberapa fakta dan latar belakang yang unik di balik kisah One Punch Man dikutip dari allabout-japan.com.

1. Dunia dalam kisah One Punch Man dibuat berdasarkan bentuk wilayah Prefektur Saitama

image: www.meti.go.jp
image: www.meti.go.jp

Mangaka pencipta One Punch Man yang dikenal dengan nama pena One, menggambar manga sebagai hobinya, begitu juga dengan Saitama yang menjadi superhero untuk kesenangannya sendiri. Bahkan nama karakter Saitama juga diambil dari tempat di mana ia kebetulan tinggal. Seluruh dunia dalam kisah One Punch Man juga terdiri dari satu benua besar yang berbentuk seperti wilayah Prefektur Saitama.

image: www.newshashtags.com
image: www.newshashtags.com
image: matome.naver.jp
image: matome.naver.jp

 

image: mustlovejapan.com
image: mustlovejapan.com

Jika dibaca dengan ejaan bahasa Jepang, judul One Punch Man akan terdengar menjadi Wanpanman, yang merupakan plesetan dari nama karakter superhero yang populer di kalangan anak-anak, Anpanman. Malah, warna dari kostum superhero yang dikenakan Saitama sebenarnya adalah kebalikan dari warna kostum Anpanman.

image: crunchyroll.com
image: crunchyroll.com

2. Setiap kota dalam dunia One Punch Man adalah cerminan dari kota di Prefektur Saitama

image: www.koshigaya-pot.net
image: www.koshigaya-pot.net

Kota-kota fiksi yang ada dalam dunia One Punch Man diberi nama mulai dari kota A hingga Z, dan masing-masing kota itu memiliki nuansa Prefektur Saitama yang kental. Bahkan beberapa bangunan dan pemandangan yang terdapat di Urawa, Omiya atau Stasiun Kawagoe juga ditampilkan dalam kota-kota tersebut. Sungai Arakawa dekat Kawaguchi Station yang merupakan perbatasan antara Tokyo dan Saitama, juga menjadi sungai tempat Saitama berlatih selama tiga tahun untuk mendapatkan kekuatan dalam ceritanya.

3. Saitama adalah tempat yang biasa-biasa saja

image: www.hatsuani.com
image: www.hatsuani.com

Dalam One Punch Man, diceritakan Saitama tinggal di suatu daerah di Kota Z yang telah ditinggalkan oleh para penduduknya karena sering muncul makhluk misterius sehingga harga sewa tempat tinggalnya menjadi murah. Di dunia nyata, harga sewa tempat tinggal yang murah menjadi alasan mengapa jutaan orang yang bekerja di Tokyo memilih tinggal di Saitama selatan dan setiap hari bolak-balik ke kantor mereka. Bahkan kalau kalian melihat apartemennya Saitama, itu adalah apartemen tipe 1K yang ditujukan untuk para salaryman yang terdiri dari satu ruangan dan lorong dapur yang cukup besar untuk menampung TV, meja, kasur, dan rak berisi manga. Suara hati para salaryman yang harus tetap menekuni satu pekerjaan yang tidak memuaskan seumur hidupnya juga disalurkan melalui kehidupan Saitama yang merasa frustasi dengan keberadaannya sebagai seorang superhero dan bosan karena kurangnya tantangan.

Selain itu, hampir di setiap episode kita bisa melihat Saitama membawa kantung berisi belanjaan. Jika kalian bekerja dan tinggal di Tokyo, mungkin kalian akan jarang makan di rumah dan masih bisa menggunakan taksi dengan harga yang wajar kalau kalian ketinggalan kereta. Tapi kalau kalian bekerja di Tokyo dan tinggal di Saitama, kalian akan cenderung berpikir dua kali untuk bolak-balik ke prefektur lain, sehingga untuk makan saja kalian akan berbelanja banyak bahan makanan, dan akan mulai memperhatikan hal-hal seperti kapan suatu toko akan tutup dan kapan ada diskon.

4. Saitama jarang dihormati

image: ja.wikipedia.org
image: ja.wikipedia.org

Pada awal tahun 1980-an, Sanma Akashiya menciptakan istilah “Dasaitama,” yang merupakan singkatan dari Dasai (lemah) dan Saitama, yang mengejek Prefektur Saitama, karena jarang mendapat rasa hormat. Ada beberapa hal yang mendasarinya, misalnya karena Saitama itu jauh dari mana-mana. Kalau ada orang Tokyo yang mengetahui bahwa kalian tinggal di Saitama, mereka akan berkata “Saitama? Itu jauh!

Selain itu, menurut situs Naver Matome ada beberapa alasan kalau Saitama itu kurang populer, yaitu karena tidak memiliki tempat-tempat wisata, tidak ada laut, hanya ada beberapa produk lokal yang terkenal, lalu penduduk setempat yang datar-datar saja, dan beberapa tempat di sana kurang bisa dibanggakan. Padahal Saitama telah menjadi inspirasi latar tempat untuk sejumlah anime termasuk Bakuman, Initial D, dan My Neighbor Totoro, dan merupakan rumah bagi kota bersejarah Kawagoe serta memiliki pegunungan dan lembah Chichibu, kuil Hikawa, dan masih banyak tempat lainnya.

Kawagoe - image japanitup.com
Kawagoe – image: japanitup.com
image: www.chichibu-omotenashi.com
image: www.chichibu-omotenashi.com

Mungkin Prefektur Saitama tidak begitu mencolok seperti Tokyo dan tempat-tempat terkenal lainnya di Jepang, tapi tentunya tiap kota dan tempat di manapun itu pasti memiliki daya tarik dan kelebihannya tersendiri, kan? Setelah mengetahui fakta dan latar belakang yang unik di balik kisah One Punch Man, apa kalian tertarik untuk berkunjung ke Prefektur Saitama?

Source : allabout-japan.com
COMMENT