SHARE THIS ARTICLE
image: mmia.com
image: mmia.com

Waktu di mana bunga sakura mekar adalah waktu yang sama dengan akhir dari tahun sekolah di Jepang yakni antara akhir Maret hingga awal April. Tidak heran di masa-masa ini akan banyak perasaan sentimentil yang timbul dan banyak lagu-lagu didendangkan. Berikut ini adalah 5 lagu Jepang terbaik bertema sakura dan kelulusan yang akan selalu diingat karena kaitan eratnya dengan sakura dan masa-masa indah di sekolah.

5. Kishidan – Kira Kira!

Kishidan adalah band rock Jepang yang dikenal dengan lagu hit One Night Carnival di tahun 2001 dan dandanan bak anak sekolah remaja di puncak masa puber. Kira Kira! sendiri adalah lagu kelulusan yang bertempo cepat dari para remaja yang belum cukup dewasa untuk mengucapkan terima kasih kepada guru mereka dengan cara mereka sendiri. Sebuah lagu dengan lirik yang patut disimak.

4. Spitz – Cherry

Dirilis di tahun 1996, Cherry merupakan salah satu lagu terbaik Spitz yang selalu masuk dalam peringkat lagu cinta terbaik sepanjang masa. Kendati sama sekali tidak mengucapkan kata sakura atau kelulusan, liriknya menyiratkan hal tersebut dengan membicarakan awal yang baru. Sebuah lagu puitis yang penuh dengan interpretasi.

3. Naotaro Moriyama – Sakura

Di nomor tiga ada lagu yang paling polos dan menuturkan sakura dan kelulusan dengan caranya yang paling standar dan sederhana. Sakura adalah single ke-2 Naotaro Mioriyama yang dirilis pada tahun 2003. Liriknya bertutur tentang ucapan perpisahan kepada teman, mulainya perjalanan baru dan keinginan untuk berjumpa lagi di tempat mereka berpisah.

2. Remioromen – March 9

Dirilis di tahun 2004, single ketiga Remioromen ini sejatinya ditujukan untuk mengisi pernikahan teman. Namun entah kenapa lagu ini menjadi lagu paling populer yang dinyanyikan di upacara kelulusan. Bahkan digunakan pula menjadi soundtrack di serial televisi populer, 1 Liter of Tears.

1. Noboru Kojima & Hiromi Sakamoto – Tabidachi no Hi ni

Lagu ini sebenarnya bukan lagu J-Pop murni, melainkan hadir pada buku lagu paduan suara yang diciptakan oleh guru musik di Kagemori Junior High School di Chicibu City pada tahun 1991. Dalamnya emosi yang ditimbulkan oleh lagu ini acap kali membuat para siswa-siswi yang menyanyikannya menangis di tengah lagu. Sebuah lagu pamungkas yang sangat layak masuk di urutan pertama.

Setelah mendengar semua lagu Jepang terbaik bertema sakura dan kelulusan ini, lagu mana yang menjadi favorit kalian dan apa alasan kalian memilihnya?

Source : All About Japan
COMMENT