SHARE THIS ARTICLE
Tokyo University menjadi kampus Asia terbaik di dunia versi Times Higher Education. (Foto: Tokyo University)
Tokyo University menjadi kampus Asia terbaik di dunia versi Times Higher Education. (Foto: Tokyo University)

Tokyo University, Jepang, ditahbiskan sebagai kampus Asia terbaik di dunia. Di tempat kedua adalah National University of Singapore.

Jepang sendiri mendominasi pemeringkatan perguruan tinggi bereputasi terbaik di dunia terbaru versi Times Higher Education (THE). Posisi Jepang dibayang-bayangi berbagai perguruan tinggi China.

Dari 100 kampus Asia unggulan versi THE, Jepang menempatkan 20 perguruan tinggi. Tetapi, dua kampus Jepang hilang dari daftar ini seiring masuknya tiga perguruan tinggi dari dataran China.

Investasi pemerintah China dalam kapasitas riset perguruan tinggi mereka tampaknya terbayar. Total, ada 18 kampus China dan enam kampus lainnya dari wilayah khusus China, Hong Kong.

Penampilan tidak kalah gemilang ditampilkan berbagai perguruan tinggi Singapura. Meski hanya dua kampus masuk daftar ini yaitu National University of Singapore (peringkat dua) dan Nanyang Technological University (peringkat 11), keduanya menunjukkan perkembangan pesat dalam pemeringkatan global beberapa tahun terakhir.

Contoh sukses negara Asia lainnya adalah Korea Selatan. Komitmen negara ini dalam riset perguruan tinggi membuat peringkat kampus-kampus Korea Selatan terdongkrak. Tercatat ada 14 kampus masuk daftar kampus terbaik dunia, dan tiga di antaranya berada pada 10 besar.

Taiwan juga menunjukkan kekuatan dalam pemeringkatan ini dengan menempatkan 13 perguruan tinggi. Tetapi, di tengah meningkatnya kompetisi antarnegara, prestasi Taiwan cenderung stabil, bahkan menurun. Pasalnya, pada pemeringkatan tahun lalu ada 17 kampus yang mewakili Taiwan.

Tetapi, bintang kampus terbaik Asia tahun ini adalah India. Tahun lalu hanya ada tiga perguruan tinggi dari 100 kampus Asia. Berkat perubahan dramatis dalam pendekatan dan pengumpulan data, India kini memasukkan 10 kampus dalam daftar.

Berikut ini 10 besar kampus Asia 2014 versi Times Higher Education:

1. The University of Tokyo (Jepang);

2. National University of Singapore (Singapura);

3. The University of Hong Kong (Hong Kong);

4. Seoul National University (Republik Korea);

5. Peking University (China);

6. Tsinghua University (China);

7. Kyoto University (Jepang);

8. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Republik Korea;

9. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong);

10. Pohang University of Science and Technology (Postech), Republik Korea.

Source : news.okezone.com
COMMENT