SHARE THIS ARTICLE

Setelah diumumkannya penayangan film-film terpopuler Studio Ghibli di bioskop seluruh Indonesia, penggemar film dan animasi di Nusantara kembali mendapatkan kabar gembira dengan diluncurkannya The World of Ghibli Jakarta, sebuah rangkaian acara yang menggabungkan penayangan film dan ekshibisi yang mengangkat karya-karya studio animasi terkemuka asal Jepang tersebut. Acara ini dipersembahkan oleh Kaninga Pictures, Marubeni Indonesia, dan Hakuhodo DY Media Partners.

Kami merasa sangat bangga dipercaya oleh Studio Ghibli untuk menggelar The World of Ghibli Jakarta. Acara sejenis ini belum pernah diadakan di Asia Tenggara sebelumnya, dan ini adalah kesempatan yang sangat besar di mana pelaku industri kreatif Indonesia dapat berkolaborasi sekaligus melakukan transfer ilmu pengetahuan secara langsung dengan studio animasi pemenang Academy Awards, Studio Ghibli,” ungkap Willawati, CEO Kaninga Pictures.

Tim komite The World of Ghibli Jakarta yang telah mempersiapkan acara ini sejak pertengahan tahun lalu di bawah supervisi langsung dari tim Studio Ghibli memang seluruhnya beranggotakan pelaku industri kreatif Indonesia dari berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah musisi Indonesia ternama Sherina Sinna Munaf, yang selama 2 tahun terakhir mempelajari pembuatan animasi di Jepang, dan Muhammad Bisri Mustofa, creative director yang merancang logo resmi The World of Ghibli Jakarta serta poster resmi film-film Studio Ghibli yang akan ditayangkan di Indonesia.

Foto dari kiri ke kanan: Sherina, Willawati,Toshio Suzuki, Tommy Fukuda, No Face (karakter Studio Ghibli), Tetsuya Sakurai.

The World of Ghibli Jakarta akan menayangkan seluruh film Studio Ghibli dalam tiga fase besar. Fase pertama berlangsung bulan April-September 2017, fase kedua yaitu festival film berlangsung bulan Agustus-September bersamaan dengan ekshibisi, dan fase ketiga akan dilangsungkan bulan Oktober 2017-Maret 2018. Pada fase pertama dan ketiga, satu film Studio Ghibli setiap bulannya akan diputar di bioskop-bioskop di berbagai kota di Indonesia.

Sedangkan pada fase kedua seluruh film Studio Ghibli akan ditayangkan secara bergiliran setiap hari selama ekshibisi The World of Ghibli Jakarta berlangsung, yaitu pada 10 Agustus-17 September mendatang.

Pada ekshibisi The World of Ghibli Jakarta yang berlokasi di The Ritz-Carlton Ballroom, Pacific Place, penggemar Studio Ghibli diundang untuk menyaksikan wujud nyata dari lokasi, benda, dan karakter dalam film-film kesayangan mereka dalam wahana bertema film-film Studio Ghibli, yaitu Laputa: Castle in the Sky, When Marnie Was There, Arrietty, Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, Nausicaa of the Valley of the Wind, Porco Rosso, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, My Neighbor Totoro, dan Spirited Away. Selain itu, ekshibisi ini juga memiliki bagian yang memperlihatkan sejarah Studio Ghibli serta proses produksi film-film Ghibli, dilengkapi materi-materi aslinya seperti concept art, storyboard, hingga poster saat pertama kali film diluncurkan.

Toshio Suzuki, Direktur Eksekutif Studio Ghibli, mengaku sangat terkesan akan sambutan yang diberikan oleh para penggemar Studio Ghibli saat ia menghadiri penayangan terbatas Spirited Away pada Agustus 2016 lalu. “Sebelum saya datang ke sini tahun lalu, saya tidak tahu banyak mengenai Indonesia, sehingga saya sangat terkejut ketika mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari penggemar Studio Ghibli di sini,” terangnya. “Sambutan hangat dari penggemar tersebutlah yang akhirnya membuat kami tergerak untuk setuju mengadakan acara ini,” lanjutnya.

Mulai tanggal 1 April 2017, masa pra-penjualan tiket ekshibisi The World of Ghibli akan dimulai secara online di www.worldofghibli.id. Tiket masuk harian dapat dibeli dengan harga Rp. 250.000 untuk pelajar, mahasiswa, anak-anak, dan lansia, serta Rp. 300.000 per hari untuk umum. Saat ini, penjualan tiket untuk film pembuka fase pertama, Spirited Away, juga telah dimulai di situs yang sama. Film pemenang penghargaan Academy Awards kategori Film Animasi Terbaik tersebut akan diputar di bioskop jaringan Cinema 21 seluruh Indonesia pada tanggal 1-7 April 2017. Bulan Mei hingga September, kecuali Juni yang bertepatan dengan Ramadan, berturut-turut akan diputar My Neighbor Totoro, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, dan Howl’s Moving Castle.

COMMENT