SHARE THIS ARTICLE

Sebuah sekolah dasar yang sudah tidak berfungsi, yang menjadi model untuk SMA yang pernah ditampilkan dalam serial anime populer, akan menjadi tuan rumah dari konferensi akademik tentang wisata anime pada bulan November.

k-on school (1)
Bekas gedung Toyosato Elementary School di Toyosato, Prefektur Shiga (Asahi Shimbun file photo)

Bekas gedung Toyosato Elementary School di Toyosato, Prefektur Shiga, Jepang, ini menjadi sorotan setelah “K-On!” mulai ditayangkan pada tahun 2009.

Dalam beberapa tahun terakhir, para penggemar anime semakin terlibat dalam kunjungan “Seichi junrei” ke berbagai lokasi yang ditampilkan dalam judul-judul anime favorit mereka.

Daerah ini telah menjadi populer di kalangan para pelancong, yang menarik sekitar 50.000 penggemar setiap tahunnya.

Para pejabat kota telah mencari cara untuk memperbesar popularitas yang baru ditemukan ini, dan muncul dengan ide untuk menbuat sebuah konferensi untuk mendorong pariwisata.

Program untuk acara tanggal 23 November ini termasuk para pembicara dan presentasi penelitian.

k-on school (2)
Para karakter dari serial animasi “K-On!” (Foto disediakan oleh Tokyo Broadcasting System Television Inc. (c) Kakifly · Houbunsha Co / Sakura-Ko Keionbu)

Puncak acaranya akan berisi sesi kuliah yang diselenggarakan oleh Kyo-So-Juku, suatu kelompok yang terdiri dari para profesional yang menawarkan lokakarya untuk para calon pencipta yang ingin bekerja di industri manga dan animasi. Sutradara animasi Seiji Kishi, mangaka Shinobu Seguchi dan aktris pengisi suara Satsuki Yukino akan memberikan ceramah. Sebuah acara networking juga akan digelar.

Dari trio tersebut, sutradara Kishi adalah yang sangat penting. Ia telah mengerjakan berbagai seri anime berbasis masyarakat seperti “Tentai Senshi Sunred,” yang berlatar di suatu daerah kecil di Prefektur Kanagawa.

Para seniman bercita-cita tinggi di Shiga dan beberapa prefektur tetangganya yang ingin mengembangkan karir profesional mereka dipersilahkan untuk bergabung dalam sesi ini.

Kuliah utamanya akan diberikan oleh profesor Takayoshi Yamamura dari Universitas Hokkaido, seorang peneliti tentang revitalisasi lokal melalui anime dan manga, dan pakar pariwisata anime Shundo Kakizaki.

Juga akan ada kuliah tentang contoh-contoh lain dari pariwisata anime, sebuah presentasi penelitian tentang topik tersebut oleh para mahasiswa pascasarjana dan sebuah kontes yang diselenggarakan oleh para penggemar yang secara teratur berkunjung ke berbagai lokasi yang terkait dengan anime.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Toyosato di (http://xn--48jub2d8a.com/).

Source : ajw.asahi.com
COMMENT