Paket Lengkap Seru dan Haru dalam Konser KissBee One-man Live “MOVE!!!”

4 min


Masih ingat dengan KissBee? Grup pop asal Jepang yang menjadi bintang tamu di ajang Ennichisai 2017 ini baru saja mengadakan konser solo, atau sering dikenal dengan sebutan one-man live, pada Minggu, 22 Juli lalu di Shirokane Takanawa SELENE B2, Tokyo bertajuk “MOVE!!!”. Konser ini dihadiri 17 member yang terbagi dalam 3 grup: KissBee, KissBee Youth, dan ΠLON – seluruhnya di bawah naungan manajemen KissBee. Hanya Hina Takano (KissBee, Generasi 1) yang tidak tampil karena masih dalam masa hiatus. Selain itu, konser ini juga menjadi penampilan terakhir salah satu membernya, Rion Maeda (KissBee, Generasi 3), yang harus fokus pada pemulihan penyakit Basedow yang dideritanya.



Lokasi telah dibuka sejak pukul 10 pagi. Antrian penggemar yang ingin membeli berbagai merchandise maupun CD pun mulai terlihat. Seperti ajang idol lainnya, penggemar dapat melakukan aktivitas dengan member, seperti mengobrol atau berfoto bersama, dengan membeli sejumlah CD. Pembelanjaan sebesar 1,000 JPY akan mendapatkan 1 tiket. Sedangkan tiket konser, meski tetap bisa dibeli pada hari-H, sudah dijual secara online sejak jauh hari seharga 4,000 JPY untuk umum dan 5,000 JPY untuk area kamera.

Akari Satou (ΠLON)
Shione Tanaka (ΠLON)

Sekitar pukul 1 siang, konser dimulai dengan ΠLON (baca: pa-i-lon) sebagai pembuka. Grup yang beranggotakan Akari, Mai, Aya, dan Shione dari Generasi 6.5 ini membawakan lagu Tora Tora Tiger!! milik Babyraids Japan. Setelahnya, giliran KissBee Youth yang memanaskan panggung. Yui Fujii (Generasi 4.5), Rio Nanase (Generasi 5.5), Mayuri Harada, Komachi Agata, Ayami Sekiguchi, Amika Uehara, dan Nonoka Shinohara (Generasi 6) membawakan 2 lagu orisinal mereka: “Magic Time♪” (2018) dan “Itazura Season” (2017). Kedua lagu ini baru saja dirilis dalam single “Magic Time♪” (2018) pada Juni lalu.

Rio Nanase (KissBee Youth)
Komachi Agata (KissBee Youth)

Setelah dihibur para trainee, kini giliran sang senior mengambil panggung utama. Seika Nakayama (Generasi 1.5), Sakura Ootawa (Generasi 2), Rena Ooe, Miona Ishii, dan Misaki Tanifuji (Generasi 3) mengawali penampilan dengan membanting kacamata berbentuk visor hitam. Berbeda dengan kostum-kostum sebelumnya, KissBee kali ini mengenakan kostum spesial yang berbeda antaranggotanya, namun masih bernuansa hitam-putih.

Miona Ishii (KissBee)

KissBee membawakan 4 lagu: “FLIC FLAC”, “KIBOU NO ~just one time~” (2018), “Just sing!” (2016), dan “Adventure Jar! with Game” (2017) sebelum menyapa para penggemar pada sesi MC. KissBee melanjutkan konser dengan “Hello Hello” (2018), “Yuki no Toiki”, dan “Hane no Me” (2017),

Rena Ooe (KissBee)
Misaki Tanifuji (KissBee)

Saat haru pun akhirnya tiba. Video Rion yang mengumumkan kelulusannya kembali diputar di layar besar. Meski didera penyakit kritisnya, Rion menjanjikan untuk menampilkan 1 lagu terakhir sebelum kelulusannya. Janji itu dituntaskan dengan prima dan ceria dalam lagu “Kakedase Bravery!!” (2017). Setelah lagu terakhirnya sebagai member KissBee, Rion memberikan pidato kelulusannya. Isak tangis pun mulai terdengar dari para member maupun barisan penonton. Masa Rion sebagai member utama KissBee terbilang singkat, karena ia baru dipromosikan dari KissBee Youth pada pertengahan 2017 lalu. Penyakit Basedow yang dideritanya mengharuskan Rion menjalani istirahat yang cukup panjang sehingga aktivitas sebagai idol menjadi mustahil dijalankan, tetapi Rion berharap untuk bisa kembali saat kondisi kesehatannya telah pulih. Para penggemar pun mengamini harapan tersebut. Penampilan Rion ditutup dengan pemberian buket bunga serta buku kolase yang berisi pesan-pesan dari para member maupun penggemar.



Rion Maeda (KissBee, ketiga dari kanan) menyampaikan pesan kelulusannya

KissBee kemudian mengajak penggemar ke jalur kenangan dengan menampilkan tembang lawas, dimulai dengan “Shironeko no Lilly” (2016) dan “Toumei na Koi no Uta” (2015). Puncak nostalgia terjadi saat KissBee membawakan single debut mereka “Dorodarake no Hana” (2014), yang kemudian disusul dengan “Citrus Fuumi no Harmony”, “Labyrinth~Ichigohime no Tabidachi~” (2016), dan “&PEACH” (2017).

KissBee “&PEACH” ending pose

Di sesi MC selanjutnya, KissBee menjelaskan tema konser mereka, “MOVE!!!”. Tema tersebut diambil untuk menggambarkan KissBee yang terus berubah dan bergerak ke depan. Visor yang mereka lempar di awal konser berbentuk tanda – (minus), yang melambangkan bahwa KissBee berusaha untuk membuang segala sisi negatif yang melekat. Sedangkan tanda X (kali) pada kostum mereka turut menegaskan bahwa mereka akan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas mereka berkali-kali lipat. Penampilan pun ditutup dengan 4 lagu: “Mahou Nanka Yori Fantasy” (2017), “LOVE Sugite Shibou” (2018), “Dokkin Fuwaffu~” (2017), dan “KIMIHAJI” (2018). Lagu terakhir baru saja dirilis MV-nya sebagai perwakilan album “Pop Honeycomb” (2018) pada 14 Juli lalu.

Sakura Ootawa (KissBee)
Seika Nakayama (KissBee)

Bukan konser namanya jika tanpa ankoru. Encore yang dipimpin oleh salah satu Rion-oshi ini disambut dengan lagu terbaru KissBee, “Rolling!!!!!” (2018). Namun ada yang berbeda, karena Yui dan Nonoka juga turut tampil bersama member KissBee lainnya. Tak dinyana, setelah penampilan tersebut, diumumkan bahwa Yui dan Nonoka akan dipromosikan dari KissBee Youth menuju grup utama! Promosi tersebut akan berlaku per bulan Oktober, saat KissBee menjalani rangkaian release event untuk mini album mereka – yang juga baru diumumkan setelahnya. Hal ini menjadi sangat mengharukan bagi Yui yang merupakan member terakhir dari belasan Generasi 4.5 yang sudah terlebih dahulu lulus, dan mengejutkan bagi Nonoka karena ia adalah member termuda (14 tahun) di antara seluruh member yang tampil. Konser pun ditutup dengan “OKAWARI Paradox” (2018) yang turut diramaikan ke-17 member di penghujung lagu.

Nonoka Shinohara (KissBee Youth) yang dipromosikan ke grup utama
Yui Fujii (KissBee Youth), yang dipromosikan ke grup utama, pada saat Tokuten-kai

Namun keseruan belum berhenti sampai di sini, karena Tokuten-kai (sesi beraktivitas bersama member) pun dimulai. Tingginya antusias para fan menyebabkan beberapa antrian sampai mengular ke luar area konser. Tokuten-kai dimulai dengan sesi group cheki (4 tiket). Seselesainya, antrian dibagi menjadi antrian ΠLON, KissBee Youth, dan masing-masing member KissBee (termasuk Yui dan Nonoka). ΠLON menawarkan paket lengkap untuk 1 tiket: cheki/foto, tandatangan, jabat tangan/hi-touch, dan mengobrol, sedangkan KissBee Youth menawarkan paket hampir serupa namun minus jabat tangan/hi-touch. Untuk member KissBee, cheki/foto dapat ditebus dengan 2 tiket, sedangkan tandatangan + mengobrol cukup dengan 1 tiket. Tokuten-kai pun berakhir pada sekitar pukul 8 malam, dan dengannya berakhir pula rangkaian KissBee Oneman Live “MOVE!!!”. Meski begitu, keseruan dan keharuannya masih terasa hingga hari ini.

Seluruh member yang hadir pada “MOVE!!!”. Belakang (ki-ka): Nonoka, Yui, Ayami, Amika, Komachi, Mayuri (KissBee Youth), Rio, Shione, Aya, Mai, Akari (ΠLON). Tengah (ki-ka): Rion, Miona, Seika, Sakura, Misaki, Rena (KissBee). Depan: Saeko (dance sensei). Foto oleh @seika0705.

Catatan: Tulisan ini adalah tulisan orisinal Penulis dan ditulis berdasarkan pengalaman Penulis menghadiri konser tersebut. Seluruh foto, selain disebutkan terpisah, merupakah hasil foto dari AT★Channel (@PHOTOCLUB2) dan telah mendapat izin untuk digunakan dalam artikel ini.



What's Your Reaction?

LOL LOL
12
LOL
Sugoi! Sugoi!
26
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
50
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
63
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
76
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
88
Daisuki!
Kowai Kowai
101
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
38
Kawaii~
Piku

イスラム教。インドネシア人。英語TOELF iBT (112/120点)。日本語能力試験N4 (152/180点)。フリーランス英訳・デザインやってます。#KissBee 応援団。@eigokissbee 団長。ピクと読んでください。アイコンは @shi__918 さんが撮ってくれた。
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes