SHARE THIS ARTICLE

Industri anime menyikapi isu pembajakan manga dan anime secara serius mengingat banyaknya kerugian yang telah ditimbulkan oleh aksi pembajakan, terutama yang dilakukan di Cina. Diperkirakan jumlah kerugiannya mencapai 560 milyar yen (kira-kira US$5,5 milyar) untuk pembajakan di kota besar di Cina pada tahun 2012. Untuk di Amerika, diperkirakan kerugiannya mencapai 2 trilyun yen (US$19,6 milyar) di Amerika pada tahun 2013. Karenanya, untuk melawan hal tersebut, beberapa nama besar dalam industri anime seperti Aniplex, Kadokawa, Good Smile Company, Kodansha, Sunrise, Shueisha, Shogakukan, ShoPro, Studio Ghibli, Tezuka Productions, Toei Animation, TMS Entertainment, Bandai Namco Games, Pierrot, Bushiroad, dan Kementrian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang bergabung membentuk M.A.G atau Manga-Anime Guardians.

logo_main_mag-500x89

Untuk membantu menyebarkan informasi dan menghentikan orang-orang membeli produk manga dan anime bajakan, situs khusus M.A.G akan merilis ilustrasi khusus setiap kali mereka meraih member dalam jumlah tertentu. Pada saat ini, ada lebih dari 52000 member yang telah mengikuti kampanye ini, dan akhirnya menghasilkan sebuah ilustrasi khusus yang menampilkan kelima nama besar dalam dunia anime. Dapatkah kalian menebak siapa saja mereka ini?

7Y825hk-500x361

Jika kalian mengatakan Naruto, Kirito, Eren, Conan, dan Luffy, maka kalian sangat tepat karena kelima karakter tersebut memanglah merupakan karakter yang paling dikenal akhir-akhir ini. Ilustrasi tersebut sangatlah istimewa karena masing-masing merupakan kolaborasi antara Toei Animation, TMS Entertainment, WIT Studio, Studio Pierrot, dan A-1 Pictures. Karakter baru akan ditambahkan begitu kampanye tersebut meraih 100000 member, jadi saat ini sudah setengah jalan menuju kesana [update: saat ini sudah mencapai hampir 97 ribu member]. Kampanye ini bertujuan untuk mencapai 1 juta member dan totalnya ada 20 karakter yang disertakan, yang mana 5 diantaranya telah diungkap lebih dulu.

qwertyuiop-500x396

Ngomong-ngomong, tahukah kalian apa bagian terlucu dari ilustrasi ini? Ternyata, Luffy si bajak laut bertopi jerami juga melawan pembajakan, ya!

Nah, menurut kalian, siapa yang akan ditambahkan berikutnya? Mungkinkah tokoh-tokoh anime legendaris seperti Goku, Sailor Moon, atau Doraemon? Atau mungkin tokoh populer favorit kalian? Satu hal yang pasti adalah banyak nama besar dilibatkan dalam kampanye melawan pembajakan manga dan anime, dan mereka sangat serius melakukannya. Untuk informasi tambahan, kalian dapat mengunjungi situs resmi M.A.G. anti-piracy. Situs tersebut akan mengoperasikan mesin pencari untuk mengarahkan pengguna menelusuri konten legal yang dapat di akses oleh mereka. Untuk mendaftar kampanye tersebut dan menunjukkan kecintaan kalian terhadap anime dengan melawan pembajakan, kalian dapat mengunjungi tautan ini. Informasinya tersedia dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Sources :
COMMENT