SHARE THIS ARTICLE

Dua hari lalu di salah satu acara TV Jepang ada Sayaka Akimoto (AKB48) yang menceritakan kisah menyedihkannya yang hidup miskin pada saat masih kecil, berikut rangkumannya:

61565_614933418572068_1725373866_n

1. Ayah Sayaka adalah orang Jepang dan ibunya dari Filipina. Ayahnya tidak bekerja sama sekali hanya ibunya yang berkeja siang sampai malam untuk membiayai hidup keluarganya. Sayaka tidak pernah menerima uang sama sekali dari orang tuanya.

2. Saat mereka benar-benar tidak ada uang sama sekali, listrik dan gas di rumah mereka diputus. Pada malam hari, mereka membakar kertas di atas piring untuk mendapatkan cahaya. Di musim dingin pun Sayaka mandi dengan menggunakan air yang dingin.

3. Untuk makan mereka menunggu hingga jam 7 malam di mana supermarket memberikan diskon 50% untuk semua lauk seperti karage dll. Kadang saat mereka sudah tidak mendapatkan makanan diskon tersebut, keluarga Sayaka hanya memakan nasi yang dituang kecap asin (Soyu). Makanan favorit Sayaka dan keluarga adalah nasi yang diberi irisan lobak dan diberi kecap asin.

4. Karena ibunya tidak pernah membuatkan bento untuk makan siang Sayaka, setiap harinya Sayaka memakan onigiri dari kombini. Ketika Sayaka makan siang bersama teman-temannya, hanya Sayaka satu-satunya orang yang memakan onigiri-nya dengan sangat bahagia di saat teman-temannya memakan bento mereka yang lezat.

5. Sayaka selalu membeli baju dari toko barang bekas, dia bisa membeli 5-6 helai baju dengan hanya 500 Yen. Itulah sebabnya Sayaka masih suka gugup sampai sekarang bila berbelanja di mall karena dia tidak tahu apakah tidak apa-apa untuk membeli baju yang mahal.

6. Saat pergantian buku pelajaran sekolah, Sayaka tidak pernah punya cukup uang untuk mengganti buku pelajarannya, tetapi Sayaka tetap mempunyai semangat untuk belajar. Untuk memenuhi kebutuhannya untuk belajar, Sayaka memungut buku pelajaran yang telah dibuang oleh orang lain.

7. Ketika dia bergabung dengan AKB48 dia harus berpergian setiap hari dari Chiba ke Tokyo dengan biaya transportasi sebesar 2000 Yen setiap hari, jadi Sayaka melakukan kerja part time untuk mendapatkan uang agar dapat terus mengikuti sesi latihan AKB48.

8. Ketika AKB48 sedang ada kegiatan di studio, biasanya staf AKB48 menyiapkan makan siang dan minuman untuk para member. Banyak juga member yang tidak memakan bento mereka dan Sayaka mengumpulkan makanan dan minuman yang tersisa itu untuk dibawa pulang ke rumah. Para staf dan member juga tahu keadaan keluarga Sayaka maka dari itu kadang-kadang para staf mengumpulkan bento-bento dan minuman yang tidak terpakai untuk diberikan kepada Sayaka. Keluarga sayaka menyimpan semua makanannya di freezer lemari es mereka agar dapat betahan selama 2 minggu.

9. Hanya dalam waktu 2-3 tahun ketika Sayaka memulai untuk mencari uang untuk kehidupannya dan mengirim uang untuk membantu keluarganya, Sayaka pulang ke rumah dan dia sangat terkejut melihat rumah keluarganya sangat sangat mewah, lemari es pun sudah diperbaharui dengan yang lebih bagus dan rumahnya terlihat seperti pulau Bali dan didekorasi dengan gaya oriental.

10. Sampai sekarang ayah Sayaka tetap belum berkerja. Suatu ketika ayah Sayaka mabuk dan menabrak tiang hingga dibawa ke rumah sakit. Ketika ditanya mengapa ayah tidak bekerja, ayahnya menjawab “Tidak, aku sudah menjadi orang tua yang buruk, jadi Sayaka tolong lakukan yang terbaik untuk dirimu.”

11. Ketika sayaka ditanya apa yang membuat dia menghormati ayahnya, Sayaka berkata “Ayah memang tidak pernah mengajarkan apa-apa tentang pelajaran sekolah, tapi dia mengajarkan jauh lebih banyak hal lainnya seperti ketika ayah selalu berkata ‘terima kasih’ dan ‘maaf’ kepada anak-anaknya dan walaupun tidak ada banyak makanan, ayah selalu memberikan makanan miliknya kepada anak-anaknya sambil berkata ‘ini kamu boleh makan jatah makan ayah’“.

12. Karena Sayaka berdarah Filipina-Jepang, Sayaka sering di-bully dan dipanggil “haffu filipino“. Ayahnya sangat khawatir dengan keadaan itu, jadi ketika ayahnya menjemput Sayaka di sekolah, ayahnya marah dan berkata “Siapa yang memanggil anak ku half breed? Anakku jauh lebih pintar dan lebih indah dari anak laki-lakimu!” Ayahnya tidak pernah sekalipun berkata “kamu tidak cantik” bahkan ketika Sayaka mendapat ejekan “Gorilla”  ayahnya berkata “Kamu adalah gorilla yang paling imut di dunia ini” (jangan-jangan ini singkatan dari Akigori?)

13. Walaupun ayah Sayaka agak aneh, tapi dia benar-benar menunjukkan cintanya dan bagaimana dia membangun semua anggota di keluarganya “Meskipun keluarga saya miskin, tapi saya telah mendapatkan banyak support dari keluarga Akimoto“.

Dan inilah bunyi tweet Sayaka setelah show di TV tersebut disiarkan

秋元家に生まれてよかった。
秋元家の話をするのはまだ早いような気もしましたが、これが私の歩んできた道。
キャリアが伴っていませんが、これからキャリアを積んでいけるように精進して参ります。

(Saya bangga/bahagia telah lahir di keluarga Akimoto. Saya tahu ini masih terlalu dini untuk bercerita tentang keluarga Akimoto, tapi ini adalah salah satu jalan yang membuat saya berjalan sejauh ini. Kami tidak memulai dengan uang yang banyak, tapi mulai sekarang saya akan mengabdikan diri untuk mendukung kecukupan keluarga ini)

COMMENT