SHARE THIS ARTICLE

Kabar gembira bagi kalian yang suka dengan karya-karya seni tradisional yang berasal dari Jepang. The Japan Foundation, Jakarta akan menggelar pameran karya seni cetak cungkil kayu dari Teruko Seriu. Teruko adalah seniman cukil kayu berkebangsaan Jepang yang tinggal di Indonesia dan pameran karya ini akan menampilkan karya-karyanya yang terinspirasi dari laut.

The Japan Foundation Jakarta Akan Menggelar Pameran Seni Cukil Kayu (1)

Pameran yang berjudul Cahaya, Ombak dan Laut ini akan menampilkan 15 karya seni cukil kayu di mana semuanya adalah karya pilihan Teruko yang dibuat dalam kurun waktu 2009 – 2016. Dalam jumpa pers yang digelar di Ruang Serbaguna The Japan Foundation Jakarta, Selasa (23/08), Teruko memaparkan bila semuanya dibuat di Indonesia dengan bahan-bahan asli Jepang. Seperti yang diketahui, teknik cetak cukil kayu Jepang atau moku hanga sangatlah menjaga unsur tradisional mereka. Oleh karena itu kertas, papan kayu dan peralatan semuanya dibawa langsung oleh Teruko dari Jepang.

Semua ada standarnya, seperti tebal kertas, jenis kayu sampai peralatan yang digunakan. Jadi saya bawa semua langsung. Lumayan susah dan berat,” jelasnya.

Dijelaskan juga oleh Teruko, banyak dari karya seni cukil kayu miliknya yang terinspirasi saat berkunjung ke laut-laut Indonesia. Seperti karya yang menggambarkan ikan pari. “Saya pernah ke Raja Ampat, Bunaken, Bali dan Lombok,” tambahnya.

The Japan Foundation Jakarta Akan Menggelar Pameran Seni Cukil Kayu (2)

Penasaran bukan? Cahaya, Ombak dan Laut akan dibuka untuk umum mulai 29 Agustus – 2 September 2016 di Hall The Japan Foundation, Gedung Summitmas, Lt.2 Jl. Jend Sudirman Kav. 61-62 Jakarta Selatan dari pukul 10:00 – 18:00 WIB. Pameran ini tidak dipungut biaya alias gratis. Puaskan rasa penasaran kalian karena di sini juga akan dipajang alat-alat pembuatan dengan pemutaran video proses pembuatannya. Seru bukan? Jadi jangan sampai terlewatkan ya!

COMMENT