SHARE THIS ARTICLE

Pada hari kedua penyelenggaraannya, Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2016 juga turut menghadirkan rocker artist dari Jepang, yaitu nano. Japanese Station berhasil menemuinya untuk berbincang-bincang dan berikut ini adalah hasil wawancara dengannya.

interview-nano-bersenang-senanglah-dengan-musik-dan-nikmatilah

Apakah nano memiliki ‘memorable moments’ dan proyek baru yang bisa dibagikan untuk para penggemar?

Saya memiliki banyak proyek yang sulit dipilih, tapi secara personal saya memiliki pengalaman baik saat membuat video musik dan beberapa video musik saya memiliki sesuatu yang spesial, di mana saya bisa syuting saat berada di kapal perang dan saat berada di Gunkanjima, sebuah tempat warisan yang istimewa di Jepang. Sekarang kita bisa melakukan sebuah photoshoot komersial atau membuat film di pulau itu, dan saya merasa bersyukur memiliki pengalaman seperti itu.

nano besar di Amerika dan memilih untuk pindah ke Jepang, apa alasan yang membuat nano pindah ke Jepang?

Jujur saja alasan utama saya adalah untuk bermusik dan saya selalu bermimpi untuk mengejar karir saya. Sejak saya memutuskan tujuan karir, saya memutuskan untuk ke Jepang, dan itu adalah mimpi yang terwujud saat ini.

Walaupun saya lahir dan besar di Amerika, saya adalah orang Jepang dan berakar di Jepang, dan saya sangat terkesan dengan hasil karya dari negara Jepang seperti anime, J-Pop dan J-Rock, jadi saya ingin bisa membuat eksperimen dan mengembangkan diri dalam kebudayaan Jepang.

Apa inspirasi nano dari single DREAMCATCHER?

DREAMCATCHER saat ini adalah salah satu dari lagu favorit saya dan sangat spesial untuk saya, karena saya pikir itu mempresentasikan bukan hanya bagian kekuatan dari diri sendiri, tapi juga bagian kelemahan yang dimiliki, dan saya pikir semua manusia memiliki kelemahan masing-masing di dalamnya, dan di lagu ini saya ingin bisa menjangkau orang-orang yang memiliki masalah atau kesedihan dalam diri mereka dan mendapatkannya.

Apa yang nano rasakan saat ini, terutama untuk kedua kalinya nano tampil di Indonesia AFAID 2016?

Sebenarnya saya sangat senang untuk datang kembali, hanya saja yang membuat saya sedih adalah saya belum bisa berjalan-jalan di sekitar atau belum memiliki waktu yang banyak. Saya sangat bersyukur bisa kembali ke Indonesia dan merasakan kembali budaya Indonesia, dan saya sempat ke suatu toko pagi ini sebelum kembali ke hotel. Di sana itu adalah toko yang nyaman dan saya merasakan bahwa orang Indonesia sangat baik. Orang Jepang juga baik, namun perbedaan kebaikan dari orang-orang Indonesia telah menyentuh hati saya, dan mereka berkata “Terima kasih” dan juga bersalaman. Saya tersenyum melihat itu dan saya cinta Indonesia.

Ini kedua kalinya nano datang ke Indonesia, apa ada hal baik yang nano dapatkan dari Indonesia?

Sayangnya saya belum sempat melihat-lihat jadi saya belum sempat merasakan banyak makanan Indonesia. Saya mencicipi makanan dari hotel yang memiliki menu makanan Indonesia yang bervariasi. Saya sangat menyukai Indonesia, saya suka cuacanya, saya suka makanannya, saya suka orang-orangnya dan saya akan merindukannya dari dalam diri saya. Saya pastinya harus kembali tahun depan. Saya harap bisa. Saya juga makan buah-buahan, nasi goreng, kari, dan mungkin saya berlebihan tapi itu sangat enak. Terima kasih.

Apakah sudah saatnya bagi nano untuk membuat konser solo?

Saya akan mengatakan itu kepada label saya, mereka akan sangat senang mendengarnya dan sebenarnya tujuan saya turut ambil bagian dalam acara ini sangat istimewa karena saya dapat menemui penonton baru. Tidak semua orang mengenal saya, jadi mereka bertanya “Wow, Siapa itu?” Mungkin mereka suka musik saya dan mereka mulai ingin mengetahui tentang saya dan saya pikir ini adalah pengalaman yang penting untuk bisa
ambil bagian di acara ini.

Tapi setelah saya menyapa satu negara lalu ketika mereka menyukai saya, tentu saja tujuan selanjutnya saya adalah membuat “One man show”. Bila Indonesia mencintai saya dan menginginkan saya kembali untuk konser solo, ya, saya akan datang. Terima kasih banyak.

Apa impian terbesar nano?

Saya tidak memiliki tujuan, saya tidak ingin setting mata saya untuk sesuatu yang tetap dan mungkin bisa berubah atau mungkin bisa lebih besar dari itu. Pada momen tertentu, impian terbesar saya adalah mengunjungi banyak negara sebisa mungkin, dan menghubungkan semua pendengar musik bersama. Saya pikir musik adalah unsur utama yang memiliki kekuatan untuk menghubungkan orang-orang di sebuah negara, dalam suatu waktu dan jarak jauh.

Apa arti musik bagi nano?

Bagian terbaik dalam musik saya adalah sebuah koneksi untuk semua orang di seluruh dunia.

Apa genre musik lain yang nano ingin mainkan?

Saya membuka semua kesempatan untuk berbagai jenis lagu, pada awalnya saya memulai sebuah lagu rock. Saya selalu membuka untuk setiap suara yang baru dan secara pribadi saya selalu ingin bereksperimen dengan semua jenis genre lagu.

Anime/manga apa yang nano sukai?

Detective Conan.

Siapa saja artis dan apa saja 5 album yang nano sukai?

The Beattles, Rock songs, Old folks Songs, Clasiccal Music ‘Enya’, Avril Lavigne, Detective Conan soundtracks (Japanese Music).

Apa pesan-pesan untuk para penggemar nano di konser AFAID 2016?

Saya sangat senang dapat bertemu para penggemar setiap waktu, dan terutama saat di AFA. Saya tahu banyak orang yang melihat saya pertama kalinya, jadi saya hanya ingin berkata, bersenang-senanglah dengan musik dan nikmatilah, lupakan kesedihanmu, masalahmu, kekhawatiranmu dan mari kita bersenang-senang bersama, itu pesan saya.

Hari ini adalah hari terbaik nano, apa ekspektasi nano pada konser malam ini?

Saya ingin memberikan konser yang terbaik, di setiap konser di mana saja, di Indonesia, HongKong, Jepang. Saya berpikir setiap saat saya ingin maju, setiap saat saya ingin memastikan para penonton memiliki waktu terbaik untuk hidupnya. Tujuan saya hari ini adalah untuk bersenang senang dengan semua sorakan dan memastikan mereka akan bertemu saya kembali.

Sebutkan 5 hal yang kami tidak ketahui tentang nano?

1. Saya minum tepatnya secangkir kopi dengan sedikit tetesan susu di pagi hari.
2. Saya tidur hanya di satu sisi.
3. Saya melakukan pekerjaan pribadi saya dengan kacamata.
4. Saat kecil saya berolahraga tenis dan sepak bola.
5. “I don’t like Indonesia, I LOVE Indonesia”

Apa proyek baru nano di masa depan?

Project baru saya adalah DREAMCATCHER dan itu adalah proyek baru yang saya kerjakan untuk merilis sesuatu, dan saya bernyanyi beberapa lagu untuk video musik ini sebelum saya tiba di sini dan ini sangat istimewa. Ada juga beberapa proyek menarik yang tidak bisa saya bicarakan secara detail, dan saya rasa orang Indonesia juga akan senang dengan proyek ini. Terima kasih.

interview-nano-bersenang-senanglah-dengan-musik-dan-nikmatilah3

Demikian sesi wawancara dengan J-Rock artist nano, rock on nano! Semoga sukses dengan proyek DREAMCATCHER-nya!

COMMENT