Inilah Beberapa Perawatan Kecantikan DIY Paling Populer di Jepang

3 min


Orang-orang Tokyo nampak terpoles dan rapi setiap saat (selain karyawan mabuk yang tidur di pinggir jalan pada Jumat malam). Semua orang tampaknya sangat memperhatikan penampilan mereka: pakaian dan setiap helai rambut tertata rapi. Baik wanita maupun laki-laki tampaknya dapat menghabiskan beberapa yen untuk perawatan. Banyak waktu yang dihabiskan untuk perawatan rambut, kuku, dan janji di salon kecantikan lainnya setiap bulan — namun pelayanan kecantikan seperti ini tidak semurah seperti jika kalian melakukannya di Eropa atau Amerika Utara.



Jadi sebelum kalian mengalokasikan dana besar untuk perawatan kecantikan di daftar biaya bulanan : berikut adalah versi DIY dari beberapa perawatan kecantikan Jepang yang paling populer.

Gel Kuku

Gel kuku telah muncul jauh sebelum jenis akrilik yang beracun populer di awal tahun 2000-an. Gel kuku generasi baru saat ini mudah digunakan selayaknya cat kuku biasa dan dapat kering hanya dalam hitungan detik dengan lampu LED, yang hanya mengambil sebagian kecil dari ruang yang diperlukan lampu UV.

Jenis gel baru seperti Weekly Gel dan Genish tidak memerlukan cairan penghapus aseton lagi. Kalian bisa mengelupasnya begitu kuku mulai tumbuh atau kalian ingin menggantinya. Mereka biasanya bertahan 2-3 minggu sebelum mulai mengelupas. Seluruh prosesnya cukup mudah: kelupas (tidak berbahaya dibandingkan dengan penggunaan aseton), bersihkan, gunakan lagi, tunggu kering, dan selesai. Juga, disini tidak diperlukan penggunaan base coat atau top coat.

Gel ini hadir dalam wadah yang sama seperti cat kuku biasa dengan kuas yang disertakan. Satu atau dua lapis biasanya sudah cukup. Pengeringan dengan lampu LED hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Mereka dapat dibeli di toko-toko seperti Shibuya Loft, Shinjuku Okadaya atau online dengan mencari セ ル フ ネ イ ル ジ ェ ル (harfiah “self nail gel”). Paket pemula datang dengan 2-3 warna gel kuku, lampu LED dan beberapa pembersih dengan kisaran harga sekitar ¥ 5.000– ¥ 6.000 — lebih murah dari biaya perawatan di salon.

Tips : Pastikan untuk mendapatkan lampu LED dengan konektor USB, penggunaan baterai hampir tidak akan bertahan selama satu jam sebelum kalian perlu menggantinya.

Perawatan kecantikan ini layak untuk dicoba dan kalian juga tidak perlu menjadi seorang seniman! Tetapi bagi kalian yang bosan dengan desain kuku sederhana, toko-toko seperti yang disebutkan di atas juga menyediakan berbagai keperluan “nail art”, seperti glitter, stiker, segel dan hiasan lainnya. Untuk inspirasi dan instruksi, cukup beralih ke internet: Youtube, Instagram, dan Pinterest adalah harta karun untuk desain kuku beserta panduan langkah demi langkah. Untuk desain bergaya Jepang, periksa situs web produsen gel kuku atau ketik セ ル フ ネ イ ル デ ザ イ ン (self nail design) di kolom pencarian internet.

Perawatan Kecantikan DIY Paling Populer di Jepang
Gambar oleh Tokyo Cheapo

Ekstensi bulu mata



Ekstensi bulu mata, atau ま つ 毛 エ ク ス テ (matsuge ekusute) sebagaimana mereka disebut di Jepang, telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Daya tarik mereka yang sejati adalah bahwa mereka menghemat banyak waktu di pagi hari, dan memberikan hasil yang lebih mengesankan. Namun, dengan perawatan di salon setiap 3 minggu dengan kisaran biaya setidaknya ¥ 5.000, seringkali lebih, menjadikannya rutinitas yang cukup mahal.

Jadi, apakah DIY ekstensi bulu mata merupakan alternatif? Anehnya, ya, mereka merupakan alternatif yang tepat. Kalian dapat membeli bulu mata yang dijual terpisah, dengan panjang dan lekukan yang sama dengan yang mereka tawarkan di salon bulu mata profesional, maupun bulu mata yang dijual banyakan, bersama dengan lem yang tahan lama, primer, dan cairan penghapus. Harap diingat bahwa kalian akan menggunakan lem kimia sangat dekat dengan mata, jadi pastikan kalian membeli dari sumber yang memiliki reputasi baik dan bahwa lem tersebut hypoallergenic dan aman. Tentunya, ini hanya disarankan bagi mereka yang memiliki tangan terampil – dan banyak kesabaran.

Bulu mata yang dijual terpisah setidaknya akan membutuhkan waktu lama untuk mengaplikasikannya selayaknya perawatan di salon – bahkan mungkin lebih, karena menerapkan ekstensi bulu mata jelas lebih mudah dilakukan pada orang lain dari pada untuk diri sendiri. Mereka yang ingin mencobanya dapat menemukan paket untuk pemula di berbagai pengecer online seperti Amazon dan Rakuten dengan melakukan pencarian untuk ま つ 毛 エ ク ス テ. Shinjuku Okadaya juga menjual mereka.

Peringatan : Bulu mata DIY bertahan lebih sebentar daripada versi salon — sekitar 2 minggu.

Toner Rambut

Akhirnya! Beberapa rantai toko obat di Jepang sudah juga mulai menyediakan toner rambut Barat. Apa masalahnya? Toner rambut di Jepang umumnya dibuat untuk rambut Jepang, jelas, dan menerapkannya pada rambut non-Asia dapat menyebabkan kerusakan yang berlebihan atau hasil yang terlalu ekstrim.

Sekarang kalian dapat menemukan berbagai shampo toner dan toner lembut seperti Manic Panic yang tidak mengandung amonia di Shibuya Loft dan bahkan Don Quijote, yang memiliki cabang di sebagian besar stasiun di Tokyo. Toner ini mudah diterapkan di rumah dan harganya berkisar antara ¥ 1.500 – ¥ 3.000. Mereka dapat digunakan untuk lebih dari satu kali pengaplikasian, menghemat banyak uang dan waktu karena kalian dapat secara drastis mengurangi janji di salon. Sekali lagi, petunjuk tentang cara menggunakannya dapat dengan mudah ditemukan di internet, dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya.

Pemutih Gigi

Ini adalah satu hal yang kalian tidak akan pernah puas dari Jepang. Hanya dokter gigi dan klinik pemutihan gigi yang disetujui untuk menggunakan peroksida untuk memutihkan gigi, yang merupakan satu-satunya bahan yang dapat benar-benar mencerahkan gigi kalian dibandingkan dengan menghilangkan noda secara fisik. Semua produk yang kalian temukan di rak-rak toko obat yang menjanjikan gigi putih tidak mengandung peroksida dan efeknya sangat minimal — atau mereka mungkin menggunakan bahan abrasif seperti arang dan soda kue untuk menjanjikan pemutihan gigi yang dapat merusak enamel gigi jika digunakan dalam jangka panjang. Jika kalian ingin memutihkan gigi di Jepang, belilah beberapa produk pemutih gigi sebelum perjalanan pulang ke rumah — atau minta teman-teman kalian untuk membawakan ketika mereka datang berkunjung!

Source : Tokyo Cheapo


What's Your Reaction?

LOL LOL
88
LOL
Sugoi! Sugoi!
101
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
126
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
12
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
25
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
38
Daisuki!
Kowai Kowai
50
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
115
Kawaii~
radishafira

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes