SHARE THIS ARTICLE

onsen-advertisement-386

Hampir semua warga Jepang sangat senang untuk menghabiskan waktu di onsen (pemandian air panas) selain karena mayoritas onsen di Jepang memakai air langsung dari pegunungan, onsen juga dapat membuat pikiran kita menjadi rileks saat berendam. Tapi tahukah kalian jika ada 7 peraturan dasar yang wajib kita lakukan sebelum dapat berendam di onsen, apa sajakah peraturan tersebut?

1. Simpan sepatumu

Onsen selalu memakai tatami sebagai material dari lantai kamar gantinya. Memakai sepatu saat masuk ke ruang ganti onsen merupakan hal yang memalukan di Jepang.

remove-your-shoes-at-onsen-386

Selalu ada tempat menyimpan sepatu saat kita memasuki onsen (entrance) selain di entrance disediakan juga di ruang ganti pakaian.
2. Gunakan ruang ganti yang benar sesuai gender
Memasuki ruang ganti yang salah mungkin lebih memalukan daripada kita memasuki ruang ganti dengan menggunakan sepatu, mungkin malah kita dapat ditangkap karenanya. Umumnya ruang ganti wanita memakai tirai berwarna merah dan memakai tulisan kanji wanita (onna) (tapi ini bervariasi).
onsen-womens-entrance-386
Sedangkan ruang ganti pria memakai warna biru dan memakai tulisan kanji untuk pria (otoko).
3. Lepas pakaianmu
Hampir semua yang mandi atau berendam di onsen akan telanjang, tapi tetap ada pengecualian untuk hal ini. Letakkan pakaian kalian ke dalam keranjang atau loker yang telah disediakan. Satu-satunya yang dapat kalian bawa saat ingin berendam ke onsen hanyalah kain kecil saja.
onsen-baskets-386
4. Bersihkan badanmu terlebih dahulu
Kalian harus benar-benar bersih sebelum memasuk onsen. Sabun tidak diizinkan masuk ke dalam karena dapat mencemari air onsen. Umumnya onsen hanya menyediakan bangku kecil dan ember. Dalam hal ini ember tidak digunakan untuk mandi tapi hanya untuk mencuci atau airnya digunakan untuk menggosok punggung.
onsen-stool-386
onsen-showers-386
5. Letakkan handuk diatas kepalamu
Umumnya saat memasuki onsen untuk berendam kita membawa kain kecil semacam handuk dan diletakkan di atas kepala kita.
url
6. Peraturan di dinding
Setiap onsen memiliki peraturan yang berbeda-beda dan umumnya dipasang di dinding dalam bahasa Jepang, maka kita harus  memperhatikan dan jangan melanggar aturan tersebut.
url22
7. Onsen dan orang asing
Pada awal 1990-an terdapat pelaut asing yang datang dalam keadaan mabuk dan menyebabkan masalah di beberapa onsen di Hokkaido. Maka dari itu terdapat peraturan yang melarang orang asing untuk masuk ke dalam onsen. Karena masalah ini menyebabkan ketegangan di Jepang, banyak yang berfikir ini merupakan tindak rasisme. Tetapi banyak juga penduduk Jepang yang setuju dengan peraturan tersebut.

11

Source : japan-talk.com
COMMENT