SHARE THIS ARTICLE

Hotel Lego saat ini tengah dibangun di Carlsbad, California, tetapi fans di Jepang harus menunggu hingga tahun 2016 sebelum mereka mendapatkan kesempatan untuk merasakan menginap di kamar hotel mewah bertema Lego.

Hotel ini tentu saja akan ditempatkan dekat Legoland, dan untungnya, tidak akan terbuat dari Lego sebenarnya, hanya tampilannya saja yang akan menyerupai terbuat dari Lego.

Terdapat tiga area dengan tema yang berbeda dalam hotel ini – Pirate, Adventure dan Kingdom. Selain itu, fans akan dapat mengagumi sekitar 3.400 model Lego yang dibuat menggunakan tiga juta balok Lego.

legoland-lego-hotel-nagoya-japan-1

Kita akan dapat mulai melakukan check-in di California Legoland Hotel mulai bulan April tahun 2013 ini, sementara usaha yang sama akan mengikutinya dengan lokasi di Nagoya, dimana sebuah Legoland (dan Hotel Lego) dijadwalkan untuk dibuka di kota tersebut.

Banyak yang masih meragukan kesuksesan rencana ini, mengingat saat ini penduduk Jepang tengah menggemari versi lokal dari Lego, yaitu Nanoblock, sebuah seri mainan susun yang lebih kecil dan lebih imut.

legoland-lego-hotel-nagoya-japan-2

Selain itu, ada satu lagi hal yang membuat banyak pihak khawatir dengan rencana pembangunan Hotel Lego ini. Lokasi di Nagoya yang dianggap kurang cocok untuk industri hiburan, karena daerah ini bukanlah daerah favorit wisatawan. Karena itu banyak yang mempertanyakan rencana pembangunan taman bertema khusus seperti Legoland dengan Hotel Lego-nya di daerah yang kurang diminati pengunjung. Hal ini mengingatkan kita pada tragedi taman bermain Festival Gate yang dibuka di Shin-imamiya, yang merupakan daerah kumuh di Osaka. Dengan berbagai keadaan dan situasi yang tidak mendukung, walau dana yang digelontorkan untuk biaya pembangunan dan pemeliharaan sarana tersebut sangat besar, akhirnya Festival Gate perlahan-lahan menyerah pada keadaan. Mereka dinyatakan bangkrut pada tahun 2004 dan satu persatu wahana di taman bermain itu dinon-fungsikan hingga akhirnya taman bermain itu benar-benar tutup pada tahun 2007 silam. Apakah Legoland dengan Hotel Lego-nya akan mendapatkan nasib yang sama?

legoland-lego-hotel-nagoya-japan-3

Nagoya mungkin bukanlah Shin-imamiya, namun daerah itu juga tidak terlalu glamor untuk dapat menarik pengunjung dari berbagai daerah lain di Jepang. Namun begitu, daerah itu memiliki populasi yang sangat tinggi (kota terbesar keempat di Jepang) dan sumber dana yang besar (Nagoya merupakan rumah dari industri otomotif negara itu), jadi mungkin penduduk lokal dapat terus mempertahankan keberadaan taman dan hotel bertema Lego itu oleh mereka sendiri.

Juga, perlu diingat bahwa Osaka memiliki USJ, Tokyo memiliki Disney Resort (walau sebenarnya itu berlokasi di daerah tetangganya, Chiba), jadi akan adil rasanya jika taman bertema khusus besar berikutnya dibangun di kota yang diabaikan yang berada di tengah-tengah negara itu.

Source : JAPAN TRENDS
COMMENT