SHARE THIS ARTICLE

Pernahkah kalian mendengar BIJAC No Tanjoiwai? Ya, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Binus International Japanese Culture Club ini sudah memasuki tahunnya yang ke-7!

BIJAC No Tanjoiwai 7: BIJAC No Matsuri ini diselenggarakan pada tanggal 29 dan 30 Maret 2014 berlokasi di tempat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu di Binus International University yang berlokasi di Senayan.

Nah, kalian mau tahu tentang segala sesuatu yang menarik dari acara ini? Tim liputan Japanese Station berhasil mewawancarai ketua panitia dari acara ini, yuk kita simak sedikit bincang-bincang dengan Balyon, ketua panitia Bijac no Tanjoiwai 7.

( T: Tanya ~ J: Jawab )
T: “Bagaimana sih persiapan untuk acara ini?”
J: “Persiapan untuk acara ini sebenarnya sudah dilakukan dari bulan Desember yang lalu, ya berarti kurang lebih sekitar 3 bulan sebelum acara ini dilangsungkan.”

T: “Siapakah yang sebenarnya mengadakan acara ini, dari Binus International-nya sendiri atau siapa?”
J: “Sebenarnya yang mengadakan acara ini adalah Binus International Japanese Culture Club untuk merayakan ulang tahun kami, nah sekarang sudah memasuki perayaan yang ke-7, maka itu menjadi BIJAC No Tanjoiwai 7. Tanjoiwai sendiri sebenarnya diambil dari kata Tanjou yang berarti lahir, dan Iwai yang berarti perayaan.”

T: “Bisa sebutkan apa saja sih yang menarik dari acara ini ?”
J: “Hmmm… dari stand-stand yang ada, terdapat bazaar food & beverage yaitu tempat yang menjual makanan dan minuman khas Jepang, tetapi kita tidak menutup kemungkinan untuk makanan dan minuman non-Jepang juga dijual disini. Selain itu, juga ada lomba karaoke serta cosplay, dan yang kami tambahkan adalah community gathering, dimana kami mengundang komunitas-komunitas penyuka Jepang untuk memperkenalkan komunitasnya melalui acara kami.”

T: “Harapan anda untuk acara ini kedepannya bagaimana?”
J: “Harapannya yaa, dapat berkembang lebih luas lagi, semakin maju untuk membudayakan Jepang, serta kru-kru yang ada juga bertambah.”

01 Interview bersama ketua panitia acara
Janice, Balyon ( Ketua Panitia Bijac no Tanjoiwai 7 ), dan Hashegi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dalam acara ini dapat kita temui berbagai stand-stand yang berjejer di segala sudut ruang, dan yang tidak kalah menariknya, dalam acara inijuga terdapat sebuah maid café yang bernama Kawaii-an Maid Café. Tim liputan dari Japanese Station juga berhasil mewawancarai manager-nya yaitu Krisna, dan salah satu personil maid dari generasi pertama maid café ini didirikan, Lexie.

( T: Tanya ~ J: Jawab )
T: “Sudah berapa lama sejak maid café ini didirikan?”
J: “Maid café ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan, generasi pertama itu diadakan pada saat ulang tahun yang ke-5, dimana acara itu dibuka secara umum, dan ini merupakan yang ketiga. Di ketiga versi itu selalu punya keunikannya masing-masing.”

T: “Untuk yang sekarangini, konsep apa sih yang kalian pakai di maid café ini?”
J: “Yang sekarang ini, kami memakai konsep heroine yang diambil dari anime serta game, kami ingin mencoba bagaimana sih kalau heroine heroine itu jadi maid? Nah konsep itu yang ingin kita pakai dan berikan untuk sekarang ini.”

T: “Kalau boleh tahu, kalian bisa merekrut maid-maid ini dari mana sih?”
J: “Yang pertama kita itu melakukan open recruitment, kami membuka pendaftaran untuk mahasiswa Binus International sendiri, serta dari luar, melalui interview serta training. Kebetulan maid-maid yang ada sekarang ini belum pernah menjadi maid sebelumnya, tetapi kami berusaha untuk selalu meng-improved maid-maid yang ada.”

T: “Pelayanan seperti apa yang diberikan di maid café ini?”
J: “Tidak jauh berbeda dari maid café yang lain, kami menawarkan service yang berkesan maid itu seperti teman bagi customer-customernya, dan juga menyesuaikan dengan konsep-konsep heroine itu, lalu kita juga bisa berfoto bareng dengan maid-nya, selain itu, cuisine yang diberikan disini kami padukan antara Western dengan Japanese style.”

T: “Harapan kalian sendiri untuk maid café ini bagaimana?”
J: “Harapan kami, agar timnya lebih solid dan berkembang, kemudian kami juga bisa ada di event-event luar, tidak hanya internal saja, lalu semoga makin ramai, dan ingin menjamin berbagai fasilitas lain, maid café yang selalu stand by, MC lebih akrab dan ramai.”

02 Interview bersama kawaiian maid
Kawaii-an Maid Cafe ( @kawaiianMaid )
Aoi Chika, Asami, Noi Ageha, Aira Noir, Kimoto Sayuri, Yorume Kageo, Asahina Sae, bersama JSNavigator Donna Visca

=============================================

03 Band pembukaan acara - Black Papermoon perform
Band pembuka Bijac no Tanjoiwai 7 ~ Black Papermoon.

03 Manda and band perform
Dilanjutkan band dari JS Navigator ~ Manda and the band

05 JSNavigatorManda

Memperkenalkan, JSNavigator Manda and the band!!

Band ini semua personilnya berasal dari Bandung bernama Manda and the band, dan baru terbentuk dua hari lalu sebelum acara Bijac no Tanjoiwai 7.

Semua personil band ini sangat menyukai lagu-lagu One Ok Rock dan Yui, inilah mereka: Rully sebagai keyboardis, Donny sebagai drummer, Ovi sebagai Bassist, Ferry sebagai gitaris yang juga suka lagu-lagu Asian KungFu Generation dan mengagumi sosok pemain gitar Eross Chandra
SO7. Terakhir JS Navigator Manda sebagai vokalis dan gitaris, penyanyi Jepang yang dia sukai adalah May’n karena memiliki karakter dan suara yang unik.

Manda dan band nya mengcover lagu: YUI – Again, Life, Escar dan AKB48 – Koisuru Fortune Cookies.
Saat perform membawakan lagu-lagu tersebut, Manda dan bandnya senang penonton juga ikut bernyanyi dan menari. Untuk ke depannya kemungkinan Manda bersama Yuta dan Stev ( KIRARI ) akan datang lagi bernyanyi diiringi dengan band ini.

Untuk Bijac no Tanjoiwai 7 ini menurut Manda dan bandnya, Seru dan ramai, menyenangkan, semoga kedepannya bisa lebih ramai lagi dan sukses.

06 Manda and band interview

Menjelang malam hari JS Navi Manda dan JS Navi Donna diundang MC acara untuk memperkenalkan Japanese Station dan diri mereka sebagai JS Navigator kepada pengunjung.

07 JSNaviDonna Interview

08 JSNaviManda Interview

09 Samurai Blue perform

Samurai Blue yang menjadi band penutup acara di hari pertama tampil membawakan beberapa lagu antara lain berjudul Love Rainbow dan Kiss Kaerimichi no Love Song, dan JSNavi Edelyn yang membawakan lagu berjudul Fukai Mori ost Inuyasha.

10 Edelyn and Samurai Blue

11 JSNavigatorEdelyn

12 Edelyn and Samurai Blue
Edelyn dan personil Samurai Blue ( @j_samuraiblue ):
Eka, Sato, Thomas, Niki dan Stevensen

Akhirnya Bijac no Tanjoiwai 7 hari pertama berhasil dengan sukses dan lancar. Penasaran kan dengan hari kedua? yuk baca Kemeriahan Tetap Berlanjut di BIJAC No Tanjoiwai 7 – Day 2!!

=============================================

Liputan dan foto oleh :

JapaneseStation Media Team
Genny, Dave, Mike, Yasher, dan Fredy.

COMMENT