SHARE THIS ARTICLE

Pada beberapa festival Shinto biasanya kalian akan melihat perwujudan Dewa seperti Ebisu.

Harimichi Abare Dashi (1)
Photo: yae-mottoshiritai

Namun pada festival Harimichi Abare Dashi (Riotous Float Festival) yang digelar pada awal bulan Oktober di kota Nihonmatsu di Jepang, selain terdapat arak-arakan larung (山車 atau dashi) dari Ebisu yang memegang Ikan Kurisi (Sea Bream), kalian juga dapat melihat berbagai karakter dari anime One Piece, Naruto, Gundam, Yokai Watch, dan berbagai karakter game serta budaya pop lainnya, yang saling bertabrakan.

Harimichi Abare Dashi (1)

Harimichi Abare Dashi (2)
GIF: 針道のあばれ山車

Ini sebenarnya bukan hal yang baru, karena berbagai karakter seperti ini telah muncul di festival ini sejak beberapa dekade. Festival ini sendiri telah dimulai sejak tahun 1758.

Harimichi Abare Dashi (2)
Photo: Minkara
Harimichi Abare Dashi (3)
Photo: Minkara
Harimichi Abare Dashi (4)
Photo: Minkara

Meski unik, festival ini terlihat berbahaya karena berbagai arak-arakan larung tersebut, yang di dalam dan bagian atasnya terdapat orang-orang yang memainkan alat musik, saling bertabrakan satu sama lainnya. Dalam kepercayaan Shinto hal ini dimaksudkan untuk menghibur Kami (Dewa) untuk memastikan hasil panen yang baik atau untuk menunjukkan rasa syukur.

Harimichi Abare Dashi (5)
Photo: nihonmatsu

Harimichi Abare Dashi Festival (1)

Harimichi Abare Dashi Festival (5)

Awalnya, festival ini hanya menampilkan tarian seperti yang terdapat pada acara-acara sejenis lainnya, namun menurut Daily Portal Z, pada suatu festival di masa lalu suatu arak-arakan larung secara tak sengaja menabrak larung lainnya karena mulai turun hujan, sehingga itulah mengapa larung-larung tersebut bertabrakan hingga kini, meski laporan Daily Portal Z ini masih diragukan kejelasannya.

Lalu bagaimana dengan para karakter anime? Mengapa bisa membaur dalam festival ini? Rupanya suatu Dashi dapat menampilkan berbagai karakter dari dongeng, seperti Kintaro, sehingga para karakter pahlawan dari dongeng modern juga bisa termasuk di dalamnya. Dalam setiap tahunnya, biasanya terdapat empat atau lima larung bertema anime atau game.

Di bawah ini kalian dapat melihat foto-foto dari facebook resmi festival tersebut dari tahun ke tahun. Jika kalian datang ke Jepang selama bulan Oktober, jangan lewatkan festival yang akan menambah pengalaman unik perjalanan kalian ini.

Harimichi Abare Dashi Festival (4)

Harimichi Abare Dashi Festival (2)

Harimichi Abare Dashi Festival (3)

Harimichi Abare Dashi Festival (6)

Harimichi Abare Dashi Festival (7)

Harimichi Abare Dashi Festival (8)

Harimichi Abare Dashi Festival (9) Harimichi Abare Dashi Festival (10) Harimichi Abare Dashi Festival (11) Harimichi Abare Dashi Festival (12) Harimichi Abare Dashi Festival (13) Harimichi Abare Dashi Festival (14) Harimichi Abare Dashi Festival (15) Harimichi Abare Dashi Festival (16) Harimichi Abare Dashi Festival (17) Harimichi Abare Dashi Festival (18)

Source : kotaku.com
COMMENT