Share on

Seberapa serius kalian untuk pekerjaan kalian? Seberapa dalam kalian bersungguh-sungguh? Eiichiro Oda, mangaka Jepang yang satu ini sepertinya perlu mendapat acungan jempol bila menyangkut dedikasi. Untuk karyanya yang berjudul One Piece, pria ini dikenal rela berjuang keras bahkan sampai mati. Wow!

Oda-sensei dikenal dengan etos kerjanya yang luar biasa. Menurut penuturannya sendiri, dia hanya tidur dari jam 2 sampai jam 5 dini hari dan tidak mengambil waktu istirahat setelahnya. Dia menghabiskan harinya hanya untuk menggarap manga.

Sikap inilah yang diinginkan Oda untuk semua anggota staf Shuheisha yang menangani One Piece. Dari sebuah wawancara dengan para anggota tim editorial yang telah bekerja dengan Oda, keseriusan itu benar-benar terbukti.

Naoki Kawashima, mantan editor One Piece berkata bila hal yang dia paling ingat saat menjabat sebagai editor serial tersebut adalah pertanyaan Oda. Sang mangaka menanyakan apakah dia bersedia mati untuk One Piece. Kini Kawashima mengingatnya dengan tertawa namun perkataan tersebut membuktikan kesungguhan Oda terhadap karyanya.

Tidak heran bila One Piece memilki cerita yang menarik dan masih digemari sampai sekarang. Setujukah kalian?