Share on

Apakah kamu masih ingat anime pertama yang kamu tonton? Atau setidaknya anime yang kamu tonton pada 10 tahun lalu di tahun 2010? Nah, baru-baru ini sebuah situs ranking di Jepang, Goo, membuat sebuah survey tentang 10 anime terbaik pada tahun 2010. Nah, anime apa sajakah itu? Mari simak listnya!

Advertise With Us

Nah, berikut adalah peringkat 10 hingga 6. Adakah yang kamu tonton?

10. Kuroshitsuji II

9. Durarara!!

8. A Certain Scientific Railgun

7. Nodame Cantabile Finale

6. HeartCatch PreCure!

Lalu, bagaimana dengan peringkat 5 ke atas? Nah, inilah peringkat 5 ke atas anime terbaik pada tahun 2010 menurut para otaku Jepang. Lebih lengkap dengan deskripsinya!

5. Fullmetal Alchemist

Ranking anime

Siapa yang tak kenal dengan seri adaptasi dari manga karya Hiromu Arakawa ini? Ya, anime bergenre shonen dengan cerita indah dan emosional ini berhasil memikat para penontonnya. Sayangnya, adaptasi animenya terkesan terburu-buru dan memiliki cerita yang melenceng dari manganya. Untungnya, semua itu diselamatkan dengan Fullmetal Alchemist: Brotherhood  yang berakhir pada tahun 2010. Meskipun telah tamat sekitar 10 tahun yang lalu, pertualangan Ed  masih membekas di hati para fansnya. Keren!

4. K-On!!

Ranking Anime

Berikutnya, ada K-On!!, salah satu anime paling mengesankan sepanjang sejarah. Anime ini tidak hanay menjadi patokan awalnya moe culture, namun juga anime tentang musik! Meski sebelumnya sudah ada anime seperti Nana dan Beck, K-On yang menceritakan tentang band yang dibentuk oleh siswa sekolah terasa lebih nyata dan relatable. Jadi, anime ini memang pantas menduduki peringkat 4, kan?

3. Inuyasha: The Final Act

ranking anime

Inuyasha juga pasti tidak asing buat para angkatan tua, apalagi, animenya sempat tayang di salah satu saluran TV di Indonesia. Meski episode animenya sangat banyak (mencapai 167 episode!), cerita petualangan Inuyasa dan Kagome sangat seru untuk diikuti, bikin para fansnya tidak bisa move on. Alhasil, seri tentang siluman anjing ini berhasil menduduki peringkat ke-3! Selamat!

2. Animal Detective Kiruminzoo

Ranking anime

Sedikit mengejutkan, peringkat runner-up justru  jatuh ke anime bertema mahou shoujo (magical girl) besutan Shoji Kawamori. Meski terdengar sangat biasa layaknya anime mahou shoujo yang bisa berubah ke dalam bentuk apapun (dalam anime ini, binatang), rupanya anime ini memiliki banyak fans setia lho!

Nah, dengan anime-anime bernama besar sudah disebut dalam oeringkat sebelumnya, pasti membuatmu bertanya-tanya anime seperti apakah yang menjadi favorit orang Jepang? Apakah yang memiliki cerita berat? Gore? Atau malah sederhana?

Buatmu yang sudah tidak sabar, mari langsung saja kita lihat pemenangnya, Hidamari Sketch!

1. Hidamari Sketch×☆☆☆

Ranking anime

Ternyata tidak perlu memiliki cerita rumit atau animasi apik dan ajaib untuk mendapatkan peringkat pertama sebagai anime terbaik. Buktinya, season ketiga Hidamari Sketch berhasil menduduki peringkat pertama dengan cerita super ringan, menceritakan tentang kehidupan empat gadis: Yuno, Miyako, Hinano, dan Sae dalam menjalankan  klub seni sekolah mereka. Mungkin sebagian besar darimu menyangkal kalau anime ini tidak panats dengan posisinya, namun, anime ini punya keistimewaan tersendiri lho, ceritanya yang menenangkan dan tidak terburu-buru bisa mencuri perhatianmu! Tidak percaya? Silakan coba menontonnya sendiri.

Nah, anime di atas merupakan ranking anime terbaik yang telah tamat pada 10 tahun yang lalu versi netizen Jepang. Bagaimana dengan versimu?