Share on

Dwango Co., Ltd. telah mengumumkan bahwa software produksi animasi 2D "OpenToonz" yang mulai mereka distribusikan Maret lalu sebagai program software open source telah digunakan dalam produksi garapan Hiromasa Yonebayashi yang terbaru, yaitu film animasi Mary and The Witch's Flower yang rilis di bioskop pada 8 Juli.

"OpenToonz" adalah program software animasi 2D yang berbasis pada "Toonz" yang pertama kali dikembangkan oleh pengembang Digital Video S.p.A. asal Italia. Setelah Dwango mengakuisisi "Toonz", kemudian dikembangkan/didistribusikan sebagai program software open source yang dapat digunakan dan dimodifikasi oleh siapapun bebas dari biaya. OpenToonz memiliki beberapa fitur yang meliputi berbagai fungsi yang telah disesuaikan oleh para pengguna Toonz yang sudah lama, Studio Ghibli. Dwango telah mengembangkan berbagai efek visual yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan berbagai plugin mereka yang memungkinkan siapapun penggunanya untuk menambahkan berbagai efek. Dwango juga telah melakukan berbagai modifikasi tambahan berdasarkan feedback on-site.

Di animasi Mary dan The Witch's Flower, OpenToonz digunakan dalam berbagai proses seperti berikut. ■ Fungsi "Pallete" pada OpenToonz dan fungsi preview (yang memungkinkan pengguna untuk langsung melihat preview kanvas dengan karakter dan lapisan latar belakangnya ditumpuk di atas satu sama lain) digunakan dalam proses perancangan warna di mana penyesuaian dilakukan terhadap warna karakter yang sesuai dengan latar belakangnya. ■ Selama proses sinematografi, "Magical Bubbles" yang muncul dalam film tersebut dibuat dengan menggunakan suatu efek khusus yang menghasilkan pola pelangi pada gelembung-gelembungnya. ■ Alat scan GTS yang didistribusikan bersamaan dengan OpenToonz digunakan selama proses scanning di mana berbagai animasi digambar pada kertas yang telah di-scan.

Film Terbaru Sutradara Hiromasa Yonebayashi, Mary and The Witch's Flower, Jadi Film Pertama Gunakan Software OpenToonz
Editing window pada OpenToonz
Film Terbaru Sutradara Hiromasa Yonebayashi, Mary and The Witch's Flower, Jadi Film Pertama Gunakan Software OpenToonz
Adegan yang telah rampung | ©2017 M.F.P

Mary and The Witch's Flower adalah film animasi pertama yang menggabungkan OpenToonz dalam produksinya. Dwango bertujuan untuk berkontribusi dalam pengembangan dan peningkatan OpenToonz dengan mendengarkan berbagai pendapat dari industri animasi Jepang.

● OpenToonz https://opentoonz.github.io/ ● Website Resmi Mary and The Witch’s Flower http://www.maryflower.jp