Berita Jepang | Japanesestation.com

Beragam cara dilakukan pemerintah Jepang untuk membuat warganya mematuhi protokol kesehatan dan menyadari bahaya COVID-19 yang masih mengintai. Misalnya saja, poster social distancing yang dibuat oleh Prefektur Kumamoto dengan menggandeng maskot mereka, Kumamon di dalamnya. Tapi, sepertinya usaha pemerintah masih kurang nih, masih banyak warga Jepang yang bandel dan tidak mau stay at home meski tak memiliki keperluan mendesak. Karena itu, perlu langkah yang lebih menarik dan inovatif lagi sehingga masyarakat tergugah. Dengan billboard ala Evangelion misalnya.

Ya, baru-baru ini, sebuah video yang menunjukkan sebuah billboard elektronik di Stasiun Nishitetsu Fukuoka (Tenjin) di Prefektur Fukuoka  mendadak viral di media sosial Jepang. Pasalnya, bilboard tersebut mengumumkan status darurat Jepang dengan font dan style yang sangat mirip dengan font dalam seri anime Evangelion.

Penasaran seperti apa bentuknya? Ini dia!

Huawei MatePad Pro

Pesan dalam billboard di atas berbunyi:

“Status darurat — permintaan dari Prefektur Fukuoka.

Untuk mencegah penyebaran  COVID-19, kami menerapkan status darurat.

Mohon tidak pergi ke luar rumah jika tidak mendesak, terutama setelah pukul 8 malam, kami meminta Anda untuk tetap di rumah.

Gunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Tetap waspada dan lakukan tindakan pencegahan dengan tepat.”

Mirip banget kan? Bahkan saking miripnya dengan anime Evangelion, pengguna Twitter @kottinojijo pun menambahkan BGM anime Evangelion ke video billboard yang diunggah oleh Tenjin.

Menurut Huffington Post Japan via Anime News Network, billboard di Stasiun Nishitetsu Fukuoka tersebut mulai menampilkan pesan dalam style “Evangelion” pada Rabu (20/1) lalu. Setelah itu, mereka muai menampilkannya di subway kota Fukuoka dan Stasiun Tenjin pada keeseokan harinya, Kamis (21/1).  

Seorang representatif dari Departemen Penanganan Virus Corona Prefektur Fukuoka yang bertanggung jawab atas inisiatif billboard unik tersebut pun mengatakan kalau hal itu memang bertujuan untuk menarik perhatian anak muda.

"Kami membuat billboard ini agar anak-anak muda yang berkumpul di area Tenjin tertarik. Kami sangat bersyukur billboard ini bisa menyebar ke media sosial,” ujarnya meski tak mengatakan apakah billboard tersebut benar-benar terinspirasi dari suatu anime yang spesifik.

Hingga kini, belum dipastikan hingga kapan billboard tersebut akan memajang pesan dengan style ala Evangelion. Mereka juga berencana untuk menampilkan pesan tersebut dalam screen besar di jantung Tenshin serta di layar  Jam Vision di Stasiun JR Ogura.

Semoga dengan adanya pesan dalam billboard ini, anak-anak muda dan semua yang melihatnya akan patuh dan pandemi pun lebih cepat berakhir. Jika cepat berakhir, kita bisa menonton film baru Evangelion nanti dengan lebih nyaman kan?