Share on

The Academy Museum of Motion Pictures akan dibuka di Los Angeles pada bulan April yang akan datang. Dalam pembukaannya, museum ini akan menampilkan karya-karya dari Hayao Miyazaki sebagai penghargaan kepada karir selama 6 dekadenya dalam dunia animasi dan juga sebagai ikon dari Studio Ghibli. Akan ada lebih dari 300 karya yang akan dipamerkan pada pembukaan ini, sebagian dari karya-karya tersebut tidak pernah ditampilkan di luar Jepang.

Advertise With Us

Pameran ini akan dibagi menjadi 7 bagian, setiap bagian menampilkan storyboard, desain karakter, background, poster, dan animasi-animasi dari setiap film dari Studio Ghibli. Tidak hanya itu, pameran ini juga dibuat dengan panorama pemandangan alam dan berbagai cuplikan dari film animasi Ghibli, sehingga menciptakan suasana seakan-akan berada di dalam dunia yang diciptakan oleh Miyazaki sendiri.

Co-founder dan produser studio Ghibli, Toshio Suzuki mengatakan bahwa Miyazaki adalah seorang jenius yang mengingat apa pun yang ia lihat. Suzuki berharap, para pengunjung pameran dapat merasakan dan melihat dunia yang dilihat oleh Hayao Miyazaki selama proses kreatifnya melalui pameran ini.

Para pengunjung pertama-tama akan diarahkan oleh Mei dari “My Neighbor Totoro” menuju galeri “Tree Tunnel” yang menjadi sebuah gerbang menuju dunia animasi Miyazaki. Pengunjung kemudian akan masuk ke galeri “Creating Characters” dimana akan ada cuplikan film yang menunjukkan proses pembuatan karakter-karakter, mulai dari My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, dan Princess Mononoke, bahkan sebagian dari beberapa karya yang akan ditunjukkan di bagian ini merupakan karya yang belum pernah dipamerkan di luar Jepang.

Setelah melewati galeri “Creating Characters”, pengunjung akan memasuki galeri “Making Of” yang menunjukkan bagaimana hubungan antara Miyazaki dengan alm. Isao Takahata, co-founder Studio Ghibli. Dalam galeri ini, pengunjung dapat melihat karya-karya awal mereka seperti “Heidi, Girl of the Alps”

Kemudian pengunjung akan masuk ke area “Creating Worlds”, di dalam area ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman berada di dalam dunia yang diciptakan oleh Miyazaki, salah satu contohnya adalah pemandian yang terdapat di “Spirited Away”, dan dunia bawah laut yang ada di “Ponyo”. Area ini juga dilengkapi dengan Sky View yang menjadi highlight dari pameran ini.

Spirited Away Stills
Cuplikan film Spirited Away (sumber: thedissolve.com)

Dua bagian terakhir dari pameran ini adalah “Tranformations”, dimana pengunjung dapat melihat perubahan-perubahan secara fisik dan mental dari karakter-karakter di setiap film. Diikuti oleh “Magical Forest”, yang menampilkan storyboards dan artwork yang berpusat dalam "Princess of Mononoke".

Selama berada di dalam museum, pengunjung akan ditemani dengan adanya katalog 256 halaman yang berisi materi produksi milik Miyazaki, dari karya-karya awalnya hingga esai-esai yang ditulis oleh direktor “Inside Out”, Pete Docter. Selain itu, museum ini juga melakukan screening film dari Studio Ghibli dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Sumber:

Grape Japan 

Mainichi Japan