Share on

Anime horor adalah salah satu genre dengan banyak penggemar. Namun tidak semua anime bergenre horor cukup mengerikan untuk membuatmu ketakutan atau bahkan berteriak. Padahal anime adalah media yang sempurna untuk menvisualisasikan bentuk horor sebenarnya. Sesuatu yang dianggap terlalu besar atau rumit untuk live-action dapat lebih diwujudkan melalui animasi. Lalu seperti apakah anime horor yang bisa sampai membuat kita sulit tidur atau bermimpi buruk?

Kita bisa melacak kebangkitan genre horor di anime sekitar pertengahan akhir tahun delapan puluhan. Dan sejak itu, anime horor muncul dengan frekuensi yang semakin banyak. Meskipun imajinatif yang bisa didapat dari anime horor, tidak selalu yang paling menakutkan. Jadi, inilah lima anime versi CBR yang dapat dikatakan cukup efektif untuk membangkikan suasana mencekam di malam Jumat.

Boogiepop Phantom (2000)

Menyusul serangkaian pembunuhan mengerikan beberapa tahun sebelumnya, sebuah kota sekarang dipenuhi dengan cerita hantu Boogiepop. Mereka mengatakan makhluk misterius ini akan membawa kamu pergi jika kamu melihatnya di malam hari. Apakah legenda Boogiepop itu nyata? Atau hanya urban legend yang masih ada? Adaptasi anime pertama dari novel ringan Boogiepop Khei Kadano ini dinilai mampu menawarkan suasana yang menakutkan.

Boogiepop Phantom (cbr.com)
Boogiepop Phantom (cbr.com)

Vampir Princess Miyu (1988-1989)

Miyu setengah manusia dan setengah Shinma, tetapi dia terlahir sebagai vampir. Miyu cukup tua meskipun secara fisik menyerupai seorang gadis remaja. Miyu dan pelayannya Larva menghabiskan hidup mereka untuk berburu Shinma tersesat lainnya, setan kuno yang memangsa manusia.

Vampire Princess Miyu (cbr.com)
Vampire Princess Miyu (cbr.com)

Dalam seri OVA part 4 dan serial adaptasi televisi di tahun 1997, Miyu menghadapi beberapa lawan yang sangat mengerikan. Hal-hal mengerikan yang datang saat malam mungkin akan menghantui tidur kalian. Kisah hidup Miyu adalah salah satu aspek yang memikat khas gothic. Penulis manganya, Toshiki Hirano berhasil menyatukan cerita rakyat Jepang dengan horor kontemporer.

Demon City Shinjuku (1988)

Sebuah portal ke neraka terbuka di kota Shinjuku. Sekarang, seorang pria membawa warisan ayahnya dengan membunuh iblis-iblis yang muncul dari portal.

Demon City Shinjuku (cbr.com)
Demon City Shinjuku (cbr.com)

Tahun delapan puluhan adalah era yang luar biasa untuk anime horor. Ada kualitas yang tidak perlu dipertanyakan untuk animasi digambar tangan langsung yang tidak dapat ditiru oleh metode digital. Hal ini terlihat di anime horor Demon City Shinjuku yang sangat menakjubkan. Kalian mungkin bisa sesekali menghentikan film pada saat-saat tertentu untuk menyerap keindahan visualisasinya. Jangan lupa ada sosok iblis yang akan membuat kalian terjaga di malam hari.

Devilman Lady (1998-1999)

Seorang model bernama Jun Fudo dilemparkan ke dunia di mana monster itu nyata. Para monster itu adalah manusia yang berevolusi menjadi binatang buas. Jun sendiri berperan sebagai Beast Hunter J - atau Devilman Lady Jun, yang ditugaskan untuk menghentikan manusia yang telah berubah menjadi monster yang kejam. Tapi apakah Jun akan sampai pada titik dirinya kehilangan sisi kemanusiaannya?

Devilman Lady (cbr.com)
Devilman Lady (cbr.com)

Anime ini memperlihatkan banyak kekerasan yang berlebihan terhadap wanita. Selain itu, Devilman Lady adalah anime dark horor-psiko yang diremehkan karena beberapa desain monster yang tampak seperti bahan bakar.

Perfect Blue (1997)

Mima Kirigoe adalah anggota dari trio musik pop bernama Cham. Ketika dia meninggalkan grup untuk menjadi aktis, salah satu pengikut fanatiknya menjadi kesal. Sebagai hasil dari tindakan penguntitnya, Mima menderita gangguan psikologis.

Perfect Blue (cbr.com)
Perfect Blue (cbr.com)

Ini adalah debut film sutradara Satoshi Kon. Dia dan studio animasi Madhouse menyusun kisah menakutkan yang menampilkan sisi gelap selebriti. Kon sebenarnya mengubah banyak aspek dari materi sumber. Akan tetapi, dengan melakukan hal itu, ia dapat menanamkan ketakukan yang melekat pada kalian yang menonton anime horor ini sampai bertahun-tahun yang akan datang.

Anime Horor Extra

Ghost Story / Gakkou no Kaidan (2000-2001)

Setelah pindah ke kampung halaman ibunya yang sudah meninggal, Satsuki Miyanoshita mengetahui bahwa sekolah barunya dihantui. Khususnya oleh hantu yang disegel ibunya sejak lama. Sekarang, terserah pada Satsuki dan teman-temannya bagaimana mengusir roh-roh yang melarikan diri tersebut.

Ghost Story (cbr.com)
Ghost Story (cbr.com)

Ghost Story atau yang sempat tayang di Indonesia dengan judul Ghost at School memiliki cerita yang cukup menarik, dan beberapa di antaranya menghadirkan sosok hantu yang cukup menyeramkan. Hanya saja jika kalian menonton versi dubbing Bahasa Inggris dari anime ini, kalian akan kecewa karena terjemahan yang digunakan sangat menghilangkan unsur seram dan malah seperti genre anime komedi. Jadi alangkah baiknya jika kalian menonton versi aslinya. Mungkin setelahnya kalian akan bermimpi di ajak bermain oleh Marry si Hantu Boneka, atau mungkin itu bukan mimpi?! Hihihihihi...