SHARE THIS ARTICLE

Pada tanggal 24 Agustus 2014 yang lalu, Autumn Sky sebagai satu-satunya institusi kreatif pengajaran bahasa Jepang di Bandung, mengadakan workshop pertamanya yang bertemakan “How to become a real Seiyuu” atau “Bagaimana cara menjadi seorang pengisi suara”. Bertempat di Siete Cafe, workshop ini menghadirkan seorang bintang tamu yang sudah lama berkecimpung di dunia pengisi suara, Ian Saybani.

vaex (1)
Kehadiran pengisi suara senior Ian Saybani disambut meriah oleh seluruh peserta workshop

Ian Saybani, selain berprofesi sebagai penyanyi dan penyiar radio, adalah pengisi suara di belakang banyak animasi Disney dan Jepang yang populer di Indonesia. Sebut saja P-Man, yang dilakoninya saat masih duduk di bangku sekolah dasar, hingga suara Kakashi dan Sasuke di serial terkenal Naruto.

“Apakah karir sebagai pengisi suara bisa menghasilkan? Bisa banget sob!”

Kepada lebih dari 30 peserta workshop yang antusias atas kehadirannya, Ian bercerita bahwa jalan yang ia tempuh untuk sampai ke posisinya saat ini tidaklah mudah. Bermula dari keikutsertaannya di sebuah sanggar seni teater sewaktu masih kecil, hingga keberhasilannya terpilih sebagai pemeran suara dari banyak karakter animasi, yang semuanya dipilih oleh pihak studio animasi asalnya.

vaex (6)
Ian Saybani dengan semangat memberikan tips dan pelajaran penting untuk para Lakon Suara di masa depan

Sesi tanya jawab pun tidak kalah menarik karena pertanyaan demi pertanyaan dari peserta workshop terus datang bertubi-tubi. Salah satu peserta bertanya, “Apakah karir sebagai Seiyuu bisa menghasilkan?”. Kontan saja dengan semangat Bang Ian menjawab, “Bisa banget sob!” dengan gayanya yang kocak. Ian pun lanjut bercerita tentang berapa yang bisa dihasilkan dari satu kali datang ke studio rekaman.

vaex (1)

vaex (2)

vaex (3)

vaex (7)

Tak kalah seru, di workshop ini pun Autumn Sky mengadakan Open Audition dengan hadiah Beasiswa untuk mengikuti salah satu programnya yaitu VAEX. VAEX atau lebih lengkapnya “Voice Acting EXperience” yang merupakan satu-satunya program pelatihan di Indonesia yang memiliki fokus di dunia pengisi suara, menarik begitu banyak minat dari peserta workshop. Ini dibuktikan dengan jumlah peserta audisi yang mencapai 28 orang! Para peserta pun satu persatu mempertunjukan kebolehannya di depan para juri dan penonton dengan membawakan berbagai line dari mulai serial terbaru Tokyo Ghoul, sampai dengan script kreasi sendiri.

vaex (4)

vaex (5)

Sebelum hasil pemenang audisi yaitu, Brigitta Mayori Puteri dan special mention Ratu Obeng dan Ray diumumkan, workshop ini juga dimeriahkan oleh performance dari EXAISIA yang membawakan lagu-lagu anime ternama yang menutup acara workshop ini sebelum Bang Ian kembali ke Jakarta.

vaex (8)

vaex (9)

Agar tidak ketinggalan info event-event seru lainnya dari Autumn Sky, follow @autumnskyid dan like Facebook page-nya di facebook.com/autumnskyid. Jangan lupa juga follow @iansaybani untuk tahu kegiatan pengisi suara Indonesia yang satu ini~!

~ AJ Jonathan

COMMENT