SHARE THIS ARTICLE

Tokyo dan Kyoto menempati posisi teratas peringkat kota international terbaikEdisi Juni 2015 dari majalah Monocle dari Inggris telah melakukan survei tahunan dan membuat peringkat tentang kualitas hidup di kota-kota besar di dunia. Hasil survei tersebut mengungkap bahwa Tokyo telah terpilih sebagai kota yang paling layak huni di dunia dan Kyoto sebagai kota yang terbaik untuk melakukan perjalanan. Selain itu, beberapa waktu yang lalu Kyoto juga pernah disebut sebagai kota terbaik di dunia oleh majalah Travel + Leisure dari Amerika selama dua tahun berturut-turut.

Seperti dilansir dari nippon.com, sejak survei ini dimulai sembilan tahun lalu, untuk pertama kalinya Tokyo menduduki posisi teratas yang naik dari posisi kedua pada tahun lalu. Sebagai kota paling aman di dunia dengan koneksi udara dan laut yang terhubung langsung dengan 127 kota di seluruh dunia dan keramahan lingkungannya, serta 19,5% dari warganya menggunakan sepeda, ibukota Jepang itu mendapat banyak pujian menurut majalah tersebut.

Beberapa faktor seperti tingkat kejahatan, infrastruktur kesehatan, pendidikan, lingkungan alam, dan akses menuju ke perpustakaan umum juga menjadi dasar penentuan peringkat ini. Selain itu, majalah tersebut juga mengirim respondennya untuk mengalami secara langsung hidup di tiap kota dan merasakan berbagai pengalaman di dalamnya, seperti mengetahui harga makan siang yang baik, dekatnya kota tersebut dengan laut, danau, dan pegunungan, dan lainnya. Monocle menulis bahwa di Jepang sendiri dengan biaya sekitar 1.000 yen kita bisa membeli makan siang yang baik, sementara di London, Paris, dan kota utama Eropa lainnya, kita hanya akan mendapatkan sandwich dari supermarket atau kafe.

Source : nippon.com
COMMENT