SHARE THIS ARTICLE

Jakarta – Setelah diadakan sepekan penuh, festival kebudayaan Jepang, Jak-Japan Matsuri 2012 ditutup pada Minggu (30/9). Bertempat di Taman Monumen Nasional, Jakarta Pusat, acara tahunan tersebut ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzy Bowo dan duta besar Jepang untuk Indonesia Katori Yoshinori.

Dalam sambutannya, Foke, sapaan akrab Fauzy Bowo menyampaikan bahwa dengan adanya festival ini, diharapkan persahabatan antara kebudayaan Jepang dan Indonesia dapat semakin erat. “Meriahnya pagelaran acara ini menunjukkan persahabatan antara Jepang dengan Indonesia sudah semakin erat,” Ujar Foke dalam sambutannya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Katori Yoshinori menambahkan, pagelaran ini sebagai ungkapan rasa terima kasih karena hubungan dengan Indonesia semakin baik. “Kami berharap, hubungan kedua negara akan semakin baik ke depannya,” ucapnya.

Usai sambutan dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Katori Yoshinori, ribuan penonton pun kembali disajikan berbagai pertunjukan.

Salah satu pagelaran yang ditampilkan dalam festival budaya Jepang, atau Matsuri Indonesia-Jepang 2012, ini adalah tarian Awa Odori. Tarian khas negeri sakura ini, digelar Minggu siang di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Selain tarian Awa Odori, dalam festival kebudayaan tahunan inijuga menampilkan sejumlah kuliner khas Jepang, seperti takoyaki, sushi, dan udon. Acara ini mengundang antusias warga Jakarta yang ingin mengenal budaya Jepang.

Festival Jak-Japan Matsuri itu merupakan kali keempat yang digelar di Indonesia. Tahun 2012, festival mengangkat tema persahabatan Indonesia dengan Jepang. Festival menggambarkan hubunagn erat kedua negara, termasuk saat Indonesia membantu Jepang memulihkan kondisi setelah bencana tsunami 2011.

COMMENT