SHARE THIS ARTICLE

Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) yang dilaksanakan di tahun ini bisa dibilang berbeda dari pakem yang biasanya diusung. Untuk pertama kalinya, di edisi 22 ini, GJUI diadakan di luar lingkungan kampus Universitas Indonesia yaitu pada hari ketiga, bertempat di Parkir Timur Senayan pada tanggal 20 Agustus 2016. Hari ketiga ini adalah acara puncak, di mana selain festival Jepang yang menjadi suguhan wajib, dihadirkan juga tiga guest star dari Jepang yaitu Loverin Tamburin, Shing02 ft. Spinmaster A-1 dan idol group FES☆TIVE.

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (6)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (3)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (4)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (10)

Seperti yang sudah diketahui, Gelar Jepang telah menjadi wadah bagi para penggemar kebudayaan Jepang untuk berkumpul dengan sesama penggemar lainnya. Oleh karena itu di hari ketiga ini tampak banyak sekali cosplayer-cosplayer yang hadir. Mulai dari yang berbau Jepang sampai yang dari barat, seperti Captain America. Tetapi tetap saja mereka diburu pengunjung yang ingin berfoto bersama.

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (2)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (8)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (9)

Selain serba-serbi Jepang yang dihadirkan melalui booth-booth makanan dan aksesoris, pengunjung juga mengikuti lomba serta workshop yang diselenggarakan oleh GJUI22 seperti lomba cosplay, lomba dance cover, lomba karaoke, workshop gundam, dan workshop komik. Semuanya meriah dan larut dalam kegembiraan.

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (11)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (12)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (13)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (14)

Hari Terakhir GJUI22, Acara Puncak Penuh Kemeriahan (15)

Hingga di malam hari, saat puncak acara tiba, ketiga bintang tamu asal Jepang sukses menggetarkan panggung utama. Tampaknya tagline yang diusung GJUI22 dengan Matsuri wo Tanoshimou—Grasp The Festivity sukses menghadirkan suasana festival musim panas ala Jepang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari Loverin Tamburin yang membawa musik rock, Shing02 yang membawa musik rap dan R&B khas mendiang Nujabes sampai dengan kemeriahan pop yang dibawakan oleh FES ☆TIVE.

Apa saja kenangan terindah kalian di GJUI22? Sampai bertemu di Gelar Jepang selanjutnya!

(foto: Amozy Audrey)

COMMENT