SHARE THIS ARTICLE

Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2016 resmi digelar di JI Expo Kemayoran dari Jumat (16/9) sampai Minggu (18/9). Di edisinya yang kelima, pameran budaya pop Jepang ini semakin memperlihatkan banyak keseruan dan hal-hal menarik. Mari ikuti perjalanan singkat japanesestation.com di AFA ID 2016 untuk mengetahui apa sajakah hal-hal yang bisa membuat kalian berhenti dan menikmati semua suguhan yang ditawarkan.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-10

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-11

Dimulai dari pintu masuk yang terbagi-bagi menjadi beberapa jalur sesuai dengan tiket, para pembeli tiket VIP akan disambut dengan petugas yang membagikan gatcha. Setelahnya akan ada pemeriksaan tiket secara digital oleh mesin scanning.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-12

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-6

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-7

Masuk ke dalam pengunjung akan langsung disambut booth gunpla dari Bandai Namco. Bila menyukai hal-hal berbau mecha dan figure seperti ini, ada banyak yang bisa dibeli dari booth Banpresto dan Kotobukiya.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-13

Berjalan ke sisi kiri, inilah waktunya berburu official merchandise AFA di AFA Official Shop. Selain goodies dari AFA sendiri pengunjung juga bisa menemukan goodies official dari Assasination Classroom di sini.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-32

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-14

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-16

Tempat di samping AFA Official Shop, berdiri AKIBA STAGE. Mini stage ini adalah tempat diadakannya meet n greet dari quest cosplayer, mini performance dan masih banyak lagi. Bila kalian ingin mengabadikan momen-momen ini, booth Canon di sampingnya membuka fasilitas peminjaman bodi kamera beserta lensa yang dapat digunakan selama 2 jam dengan syarat tertentu. Pengunjung juga dapat mencetak foto sendiri atau berfoto di photobooth.

 bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-15

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-18

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-2

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-4

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-19

Usai menikmati performance dari para artist kesayangan, saatnya kembali berburu goodies di CREATORS HUB. Di sini banyak sekali pernak-pernik yang berhubungan dengan anime, manga, art, doujin, poster dan masih banyak lagi. Di pojok kiri terdapat area tertutup yang digunakan sebagai mainstage. Pertunjukan yang digelar di sini adalah eksklusif seperti meet & greet quest starspecial screening anime/movie Jepang, dan tentunya yang menjadi suguhan utama, konser I Love Anisong yang digelar pada malam hari.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-3

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-30

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-22

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-23

Sembari menunggu, pengunjung dapat membeli koleksi CD original artist favorit dari booth label-label musik. Kinokuniya juga menjual buku-buku import Jepang menarik berbau anime dan manga. Selain itu ada juga beberapa merchandise menarik yang dijual oleh booth-booth yang berada di tengah.

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-29

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-31

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-26

Capek? Saatnya mengisi energi di booth makanan. Selain makanan-makanan umum yang tersedia di sini, kalian dapat membeli yang special di Afa Cafe dengan ditemani maid dan butler kesayangan. Pintu keluar ada di sisi paling kanan gedung, tapi mau secepat itu keluar dari kegembiraan dan keseruan di AFA ID 2016? Kunjungi juga booth JapaneseStation yang terletak di sebelah kanan pintu masuk untuk berjumpa dengan para JS Navigator dan mendapatkan merchandise menarik untuk dibawa pulang!

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-33

bagaimana-bersenang-senang-di-afa-id-2016-34

(Foto: Amozy Audrey, Michael Adrian)

COMMENT