SHARE THIS ARTICLE

Dalam berbagai pemberitaan, fashion ala Jepang selalu digambarkan sebagai sesuatu yang cerah, ceria, penuh warna, dan memiliki aneka model yang sangat beragam. Fashion Jepang lalu identik dengan Harajuku seolah-olah hanya Harajuku lah yang menjadi kiblat fashion di Jepang. Seolah-olah fashion Jepang = fashion Harajuku. Penyanyi sekelas Gwen Stefani dan Avril Lavigne pun tak ketinggalan turut memperkuat gambaran tentang fashion Jepang = Harajuku melalui lagu-lagunya seperti “Harajuku Girls” dan “Hello Kitty”, sehingga membuat mereka yang belum pernah ke Jepang memiliki ekspektasi yang berlebih tentang fashion Jepang.

Namun saat kalian pergi ke Jepang dan melihat langsung aneka fashion yang dikenakan oleh gadis-gadis di sana, mungkin kalian akan bertanya-tanya. Dimanakah gadis-gadis Harajuku tersebut? Mengapa fashion wanita Jepang yang sesungguhnya tak seperti yang terlihat dalam berbagai pemberitaan dan televisi? Lalu sebetulnya, jenis fashion apa yang dikenakan oleh wanita Jepang yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari? Kelsey Leuzinger dalam blog-nya di Gaijinpot menulis tipikal fashion yang biasa dikenakan oleh wanita Jepang dalam 4 musim. Sayangnya fashion ala Harajuku tidak termasuk dalam tipikal fashion berikut ini.

Musim gugur

Tipikal fashion yang dikenakan oleh wanita Jepang di musim ini antara lain pakaian yang berlapis, pakaian dengan warna gelap, dan rajutan. Dengan leging dan kaos berlapis, wanita Jepang siap untuk menghadapi dinginnya suhu udara saat musim gugur.

4a japan_autumn_girls

Musim dingin

Gaya Harajuku identik dengan baju yang berwarna-warni, aksesoris yang banyak, dan karakter yang kawaii. Namun pada kenyataannya, saat musim dingin akan sulit menemukan wanita Jepang yang berpakaian dengan warna-warna non-netral. Jadi, ada dimanakah gadis-gadis Harajuku yang sesungguhnya saat musim dingin tiba?

4b japan_winter_girls

Musim semi

Apakah fashion musim semi sudah kembali seperti yang biasa ditampilkan dalam berbagai majalah, dengan pita besar dan tampilan super cute? Sayangnya, pada kenyataannya trend musim semi juga biasanya tak jauh-jauh dari outfit yang sederhana. Kaos yang longgar, rok pendek, dan celana pendek termasuk item yang selalu hadir di berbagai mall saat musim semi tiba. Jadi tetap saja jangan mengharapkan ada tampilan ala Harajuku berkeliaran di seluruh Jepang saat musim semi tiba!

4c japan_spring_girls

Musim panas

Pada musim cuaca di Jepang akan hangat dan cenderung panas. Karenanya, para wanita Jepang dalam kehidupan yang sesungguhnya lebih menyukai fashion yang ringan dan sederhana. Warna-warna pastel dan pakaian yang longgar menjadi favorit kebanyakan wanita Jepang di musim panas. Memang ada beberapa yang mulai mengenakan pakaian tabrak mode seperti yang biasa ditemukan dalam berbagai majalah, namun percayalah itu hanya minoritas saja.

4d japan_summer_girls

Agaimana, apakah kalian masih membayangkan fashion Jepang = fashion Harajuku?

Source : blog.gaijinpot.com
COMMENT