SHARE THIS ARTICLE

LUNA SEA. Siapa yang tidak mengenal band rock Jepang satu ini? Musik hard rock yang kental, sengau vokal khas sang vokalis, dan solidnya personil yang tidak pernah ada pergantian di dalamnya sejak awal pembentukannya hingga saat ini.

Pada dasarnya band LUNA SEA terbentuk dari dua band sebelumnya, yaitu band LUNACY yang dibantuk pada tahun 1986 dengan anggota Jun “J” Onose (bass) dan Kiyonobu “INORAN” Inoue (gitar), dan band Pinocchio dengan anggota Yasuhiro “SUGIZO” Sugihara (gitar) dan Shinya Yamada (drums). Kedua band tersebut aktif bermain dalam berbagai live performance dan saling mengenal satu sama lain. Saat kelulusan SMA, saat dimana kedua band itu menghadapi masalah kehilangan personilnya, Shinya mencetuskan sebuah ide untuk menggabungkan kedua band tersebut, dengan nama LUNACY pada tahun 1989.

Saat live performance pertama LUNACY, Ryuichi “RYUICHI” Kawamura (saat itu masih menggunakan nama panggung Rayla), vokalis dari band SLAUGHTER, terkesima menyaksikan penampilan LUNACY dan bertekad untuk dapat bergabung dengan band tersebut. Sebelumnya, SUGIZO dan INORAN yang pernah melihat penampilan live SLAUGHTER pun merasa tekesan dengan penampilan RYUICHI. Karena saat itu LUNACY juga sedang membutuhkan vokalis, maka akhirnya RYUICHI pun bergabung dengan LUNACY dan keluar dari SLAUGHTER. Anggota tetap band tersebut akhirnya terbentuk; RYUICHI pada vokal, SUGIZO dan INORAN pada gitar, J pada bass dan Shinya pada drums.

LUNA SEA’s early days – visual kei style

Mereka memutuskan untuk pindah ke Tokyo untuk dapat lebih mengembangkan karir mereka bersama LUNACY. Pada masa itu, sekitar tahun 1990, J mengusulkan untuk mengubah nama LUNACY menjadi LUNA SEA seperti yang dikenal hingga saat ini. Setelah beberapa live performance, mereka merilis demo tape pertama berjudul LUNACY yang berisi 3 lagu sebanyak 100 kopi dan berhasil terjual habis. Setelah merilis demo tape keduanya yang berjudul SHADE beberapa bulan setelahnya dan kembali terjual habis sebanyak 1.000 kopi, mereka kemudian ditemukan oleh hide (gitaris X JAPAN) dan ditarik untuk bergabung dengan label indie milik YOSHIKI (leader X JAPAN) bernama EXTASY RECORDS. Di label tersebut mereka merilis album pertama mereka, LUNA SEA yang melambungkan popularitas mereka. Namun mereka tidak terlalu lama berada dalam label EXTASY RECORDS, karena pada tahun 1992 mereka berpindah ke label major MCA Victor yang merupakan anak perusahaan Universal Music dan merilis album kedua/album major pertama mereka IMAGE pada tahun 1992, serta membentuk fan club resmi mereka yang diberi nama SLAVE. Konser tur pertama mereka adalah konser berjudul LUNA SEA Debut Tour 1992 IMAGE or REAL. Sejak saat itu popularitas LUNA SEA terus meningkat. Mereka sempat merilis tiga lagi studio album berjudul EDEN (1993), MOTHER (1994) dan STYLE (1996), serta menggelar beberapa konser tur berskala nasional seperti LUNA SEA Concert Tour 1993 Search for My Eden di tahun 1993, MOTHER OF LOVE, MOTHER OF HATE di tahun 1994 dan konser mereka di Tokyo Dome, tempat live indoor terbesar di Jepang, berjudul LUNATIC TOKYO, dimana lebih dari 55.000 tiket terjual habis, pada akhir tahun 1995, serta konser tur Un Ending Style di tahun 1996 dengan encore live yang digelar pada tanggal 23 Desember dengan judul Un Ending Style Tour Final Christmas Stadium ~Mafuyu no Yagai~ di Yokohama Stadium. Dalam konser tersebut LUNA SEA mengeluarkan sebuah pengumuman bahwa band LUNA SEA akan rehat selama satu tahun untuk memberi waktu kepada para anggotanya untuk refreshing dan mengejar karir mereka masing-masing di luar LUNA SEA.

LUNA SEA kembali pada bulan April 1998 dengan merilis single STORM yang merupakan single dengan penjualan terbanyak, dengan terjual lebih dari 720.000 kopi. Selama tahun 1998 mereka merilis tiga single, yaitu STORM, SHINE dan I for You yang sangat populer karena digunakan sebagai ending theme song drama terkenal Kamisama mou Sukoshi dake. Pada tahun 1999 mereka untuk pertama kalinya melakukan sebuah konser tur di luar negeri, yaitu di Taiwan, Hong Kong dan Shanghai. Pada bulan Mei 1999, merayakan 10 tahun LUNA SEA sebagai sebuah band, mereka merilis sebuah album live dengan judul NEVER SOLD OUT dan menggelar konser berjudul CAPACITY∞. Setelah merilis album LUNACY pada bulan Juli 2000, LUNA SEA membuat keputusan yang mengejutkan yaitu rencana untuk membubarkan diri. SUGIZO menyatakan pembubaran tersebut dilakukan dengan alasan bahwa mereka telah dewasa dan memilih untuk fokus pada hal lain saat ini, dan juga karena mereka “tidak akan bersinar seterang mereka sendiri-sendiri jika mereka terus bersama”. Untuk menutup buku, mereka merilis sebuah album best-of berjudul PERIOD ~THE BEST SELECTION~ di bulan Desember. LUNA SEA pun berpamitan kepada seluruh SLAVES mereka dalam sebuah konser 2 hari di Tokyo Dome berjudul THE FINAL ACT pada tanggal 26-27 Desember 2000.

Setelah menggelar sebuah konser reuni berjudul GOD BLESS YOU ~One Night Déjàvu~ di bulan Desember 2007, LUNA SEA kembali muncul pada tanggal 31 Agustus 2010 dan mengeluarkan sebuah pengumuman bahwa mereka akan menggelar sebuah konser dunia dengan judul 20th ANNIVERSARY WORLD TOUR “REBOOT” ~to the New Moon~ di beberapa negara di luar Jepang dengan konser penutup di Jepang pada akhir Desember. Namun, mereka kemudian kembali mengeluarkan sebuah pengumuman pada tanggal 30 November bahwa mereka akan menggelar sebuah konser gratis di Tokyo Dome pada tanggal 25 Desember, dengan judul LUNACY Kurofuku Gentei Gig ~the Holy Night~. Kali ini mereka menggelar konser menggunakan nama LUNACY (nama band mereka saat masa indie), dan lagu-lagu yang mereka bawakan adalah lagu-lagu milik mereka sebelum tahun 1995.

Pada tanggal 1 Desember, LUNA SEA menandatangani kontrak dengan label rekaman HPQ milik Avex Group. Rilisan pertama mereka dalam label tersebut adalah self-cover album pertama mereka, LUNA SEA, yang dirilis pada tanggal 16 Maret 2011. Pada akhir tahun 2010 mereka menggelar konser dua hari yaitu pada tanggal 30 dan 31 Desember. Konser mereka tanggal 31 Desember yang berjudul LUNA SEA 20th ANNIVERSARY WORLD TOUR REBOOT ~THE COUNT DOWN~ merupakan konser hitung mundur tahun baru pertama untuk band ini.

Seperti artis-artis Jepang lainnya, LUNA SEA pun cepat merespon saat terjadi gempa bumi/tsunami Tohoku pada tanggal 11 Maret 2011. Mereka memutuskan untuk merilis sebuah lagu baru sejak 10 tahun terakhir. Lagu berjudul PROMISE itu dirilis pada tanggal 9 April dan didistribusikan secara eksklusif melalui Amazon MP3 dan LUNA SEA MOBILE sebagai digital download. Seluruh keuntungan dari lagu tersebut didonasikan melalui Palang Merah Jepang untuk korban bencana Tohoku.

Konser mereka pada bulan Desember 2010 lalu di Los Angeles difilmkan dengan teknologi 3D, dan dirilis dalam bentuk album live dan video film. Sama-sama berjudul LUNA SEA 3D in LOS ANGELES, album live ini dirilis pada tanggal 1 Juni, sementara filmnya diputar di bioskop-bioskop Jepang mulai tanggal 4 Juni. Namun khusus untuk SLAVES, mereka dapat menghadiri dan menyaksikan premier film ini dalam acara screening yang digelar di Toho Cinemas Roppongi Hills pada tanggal 29 Mei. Dalam acara tersebut LUNA SEA melakukan sebuah konferensi pers live secara streaming dan mengeluarkan sebuah pengumuman bahwa mereka akan menggelar sebuah konser amal berjudul LUNA SEA For JAPAN “A Promise to The Brave”. Konser yang bertujuan untuk membantu pembangunan kembali infrastruktur Jepang yang hancur sebagai dampak dari gempa bumi/tsunami Tohoku tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober di Saitama Super Arena, dengan seluruh keuntungan dari konser tersebut, seperti sebelumnya, kembali disumbangkan melalui Palang Merah Jepang.

Pada tanggal 21 Maret 2012, LUNA SEA kembali merilis sebuah single baru setelah 12 tahun lamanya, berjudul THE ONE -crash to create-, sebuah lagu berdurasi lebih dari 22 menit.

Pada tanggal 29 Mei, mereka mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan serangkaian konser dengan judul LUNA SEA LIVE 2012-2013 The End of The Dream yang akan digelar di Osaka-jo Hall pada tanggal 23 Desember dan kemudian di Nippon Budokan pada tanggal 11 hingga 13 dan 18 hingga 20 Januari 2013. Mereka pun menggelar konser pendahuluan berjudul The End of The Dream ZEPP TOUR 2012 “Kourin” yang akan diselenggarakan di Zepp Namba, Osaka mulai tanggal 16 November, kemudian berturut-turut di Zepp Nagoya, Fukuoka, Sapporo dan berakhir di Zepp Tokyo pada tanggal 16 Desember. Sekali lagi LUNA SEA akan menggelar sebuah konser amal sebagai sekuel dari yang pernah mereka gelar Saitama Super Arena. Konser yang diberi judul LUNA SEA For JAPAN “A Promise to The Brave 2012 in Sendai” ini akan digelar di Sendai Sun Plaza pada tanggal 24 Desember, dan kembali seluruh keuntungan dari konser ini akan disumbangkan untuk korban bencana Tohoku termasuk pembangunan kembali seluruh infrastrukturnya. Pada tanggal 8 Oktober mereka menyatakan bahwa mereka kembali pada label Universal Music dan akan merilis sebuah single double A-Side berjudul The End of The Dream/Rogue pada tanggal 12 Desember. Mereka pun mengumumkan bahwa mereka tengah di dalam proses pembuatan album studio baru yang akan dirilis pada tahun 2013 mendatang, serta rencana mereka untuk kembali aktif dan akan merambah dunia internasional. Sebuah tur Asia baru pun telah dijadwalkan oleh mereka, mulai tanggal 26 Januari 2013 di Taipei, menuju Hong Kong, Bangkok dan berakhir pada tanggal 8 Februari di Singapura.

MEMBERS

RYUICHI (Vokal)

Nama: Ryuichi Kawamura

Nama asli: Ryuichi Takano

Tempat lahir: Yamato, Kanagawa

Tanggal lahir: 20 Mei 1970

Zodiak: Taurus

Golongan darah: O

Agama: Buddha

Tinggi: 171 cm

Berat: 51 kg

Hobi: Berselancar dan tinju

Band favorit: U2, The Beatles

Warna favorit: Merah

Minuman favorit: Teh hijau, anggur

Band: SLAUGHTER, LUNA SEA, Tourbillon

Ryuichi Kawamura adalah seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu, komposer, produser, pembalap, dan penulis novel, yang saat ini berada di bawah label avex trax. Ia merupakan anak tunggal dalam keluarganya, dan orangtuanya bercerai saat ia masih anak-anak. Debutnya dalam industri musik adalah dengan band LUNA SEA dengan nama RYUICHI, walau sebelumnya ia pernah bergabung menjadi vokalis dalam band bernama SLAUGHTER. Pada tahun 1997, Ryuichi melakukan debut di bawah bendera Victor Enterteinment dengan single I love you. Pada tahun 2005, ia bersama INORAN dan Hayama Hiroaki membentuk band Tourbillon.

Saat LUNA SEA vakum pada tahun 1997, Ryuichi sempat merilis beberapa single dan sebuah album, dan mendapat penghargaan sebagai Penyanyi Pria Terbaik ’97. Posisinya di Tourbillon pun adalah sebagai vokalis. Ryuichi menikah dengan Miss Japan 2002 Kumi Sano. Tersebar rumor pada tahun 90-an silam, bahwa terjadi cinta segitiga antara Ryuichi, Noriko Sakai dan Shizuka Kudo. Ryuichi menyukai Noriko, sementara Shizuka menyukai Ryuichi. Ryuichi menciptakan lagu Namida Iro dan Butterfly untuk Noriko, dan lagu Love is… untuk Shizuka.

Selama di LUNA SEA Ryuichi tidak pernah mewarnai rambutnya karena ia tidak suka rambutnya disentuh oleh orang lain. Ryuichi gemar mengenakan baju berlengan panjang untuk menutupi tatonya.

SUGIZO (Gitar, Biola dan Backing Vocal)

Nama asli: Yasuhiro Sugihara

Nama lain: Yuune Sugihara, Yuu Sugihara

Tempat lahir: Hadano, Kanagawa

Tanggal lahir: 8 Juli 1969

Golongan darah: O

Tinggi: 176 cm

Proyek musik: SUGIZO & The Spank Your Juice, The FLARE, SHAG, S.K.I.N., JUNO REACTOR, X JAPAN, LUNA SEA

Hobi: Jeet Kun Do, yoga, aktivis lingkungan, kemanusiaan dan anti-perang, hal-hal yang berhubungan dengan perdamaian, spiritualisme zaman baru, pelestarian bumi, dan banyak lagi.

Artis favorit: Kiss, Björk, David Bowie, Bob Dylan, YMO, Duran Duran dan Culture Club.

SUGIZO adalah musisi, produser, serta gitaris dan pemain biola untuk band LUNA SEA. SUGIZO tumbuh dalam sebuah keluarga dimana musik telah mendarahdaging. Dengan kedua orangtuanya adalah anggota Tokyo Symphony Orchestra, sedari usia 3 tahun SUGIZO telah diajari bermain biola, hingga ia mahir memainkannya saat usianya masih kecil.

SUGIZO membentuk label miliknya sendiri bernama CROSS kemudian embryo, dan sebuah perusahaan produksi bernama InterLUXIZ. Dari situ ia bekerjasama dengan beberapa musisi dan sukses menggelar beberapa acara. SUGIZO pernah membantu beberapa musisi seperti yasu (Janne Da Arc), Acid Black Cherry, Miyavi, dan D’espairs Ray.

SUGIZO memiliki seorang anak bernama Luna, dan ia pernah menulis sebuah lagu untuk anaknya sebagai track terakhir dalam album solonya TRUTH? yang dirilis pada tahun 1997. Di luar LUNA SEA, SUGIZO telah membuktikan kualitas dirinya sebagai seorang virtuoso musik dari berbagai eksplorasi dan eksperimennya yang menghasilkan berbagai macam warna musik yang luar biasa.

INORAN (Gitar)

Nama asli: Kiyonobu Inoue

Nickname: INORAN

Tempat lahir: Kanagawa, Jepang

Tanggal lahir: 29 September 1970

Golongan darah: B

Tinggi: 170 cm

Berat: 54 kg

Hobi: Tidur, menonton balapan F1, melakukan perjalanan

Warna favorit: Ungu

Anime favorit: Tonari no Totoro

Manga favorit: serial Yatterman

Makanan favorit: Kari, makanan Cina yang pedas, natto

Musisi yang dikagumi: Ichiro Takigawa

Teman dekat: Ryuichi, Ken Lloyd & Nanase Aikawa

Hewan peliharaan: Dua ekor kucing

 

INORAN adalah gitaris untuk band rock LUNA SEA. Setelah LUNA SEA bubar, ia mendirikan band FAKE? bersama Ken Lloyd dari Oblivion Dust. Setelah mengalami perbedaan arah musik dengan Ken, akhirnya INORAN keluar dari FAKE? dan mendirikan Tourbillon bersama Ryuichi. Nickname-nya, “INORAN” muncul saat ia sedang bertanding baseball; ia memukul bola dan penonton terus berteriak “INO! RUN!!” yang terdengar seperti “INORAN”. INORAN menderita claustrophobia (takut akan tempat/ruangan kecil dan sempit), dan karenanya ia sempat menulis sebuah lagu berjudul Claustrophobia, coupling untuk single debut LUNA SEA, BELIEVE.

INORAN memiliki dua adik laki-laki. Ia bersekolah di sekolah yang sama dengan SUGIZO dan J. Saat di bangku sekolah ia berteman dengan J dan selalu mampir ke rumah J saat pulang sekolah. Kedekatannya dengan J-lah yang menjadi awal ia dan J membentuk LUNACY. INORAN adalah personil LUNA SEA yang paling cool, ia tidak pernah mengucapkan sepatah kata pun saat konser.

J (Bass)

Nama asli: Jun Onose

Nickname: J, Junjun, Mr W.U.M.F. (Wake Up Mother Fucker!)

Tempat lahir: Hadano, Kanagawa

Tanggal lahir: 12 Agustus 1970

Golongan darah: AB

Tinggi: 179 cm

Berat: 58 kg

Hobi: Sepakbola, bersepeda dan alkohol

 

J adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman, yang saat ini berada di bawah label blowgrow, sub-label dari avex trax. Debutnya di industri musik adalah sebagai bassis, pendiri dan leader dari band rock LUNA SEA. Pada tahun 1993, J bekerjasama dengan INORAN dan gitaris X JAPAN hide membentuk band M*A*S*S. Satu-satunya materi yang mereka rilis adalah sebuah lagu berjudul Frozen Bug. Pada tahun 1997, J melakukan debut solonya di bawah bendera Universal Music Japan dengan single BURN OUT.

Sejak tahun 1997, nama J telah mengemuka dalam industri musik karena aktifnya ia berkolaborasi dengan banyak musisi, termasuk musisi dunia, baik itu muncul dalam album mereka, turut sebagai musisi pendukungnya atau sebagai musisi tamu dalam konser mereka. Beberapa nama musisi yang pernah berkolaborasi dengan J di antaranya adalah Raymond Watts (PIG), Ray McVeigh (Zilch), Takashi Fujita (Doom), Scott Garrett, Billy Duffy dan Ian Astbury (ketiganya dari The Cult), Steve Jones (The Sex Pistols), Duff McKagan dan Slash (keduanya dari Velvet Revolver), Franz Stahl (Scream) dan Youjeen (Cherry Filter).

J memiliki seorang kakak perempuan, dialah yang memengaruhi J untuk menyukai musik rock. Saat SD J adalah anak yang sangat nakal, ia pernah merokok di ruang olahraga sekolah dan pernah hampir membakar rumahnya sendiri. Saat SMA J bertemu dengan INORAN dan membentuk LUNACY bersamanya. INORAN adalah sahabat baik J, dan J-lah yang paling baik memahami pribadi INORAN yang cool dan misterius itu.

Shinya (Drums & Percussions)

Nama asli: Shinya Yamada

Nickname: Shinya

Tempat lahir: Hadano, Kanagawa

Tanggal lahir: 13 Januari 1970

Golongan darah: O

Tinggi: 165 cm

Berat: ??

Hobi: Karaoke, mobil dan drums

Proyek musik: LUNA SEA, TOSHI with T-EARTH, Potbelly, Creature Creature, Pinnochio, YELLOW FRIED CHICKENz

 

Saat di SMA, Shinya dan temannya SUGIZO menjadi personil dari band power metal bernama Pinocchio. Mereka sempat berada di band Kashmir untuk waktu yang singkat sebelum akhirnya bergabung dengan LUNACY. Di tahun 1997, Shinya menyumbangkan permainan drums-nya untuk membantu rekannya di LUNA SEA, J saat J merilis album solo pertamanya, PYROMANIA dalam track berjudul BACK LINE BEAST. Juga pada tahun 1997, Shinya memulai solo karirnya sebagai vokalis dan drummer dalam single pertamanya berjudul Rakkasuru Taiyou yang dirilis pada tanggal 26 September. Shinya sempat merilis album berjudul NO STICKS di tahun yang sama, namun sejak itu tidak terdengar lagi kabar mengenai karir solonya.

Pada saat LUNA SEA bubar di tahun 2000, Shinya bekerja sebagai drummer support untuk musisi seperti Miyavi, Nanase Aikawa dan banyak lagi.

Shinya adalah anak keempat dari lima bersaudara, ia memiliki seorang kakak perempuan, dua kakak laki-laki dan seorang adik laki-laki. Ayahnya adalah seorang musisi tradisional Jepang, tak heran Shinya sejak kecil telah diajari berbagai alat musik tabuh hingga akhirnya ia menjadi seorang drummer.

Shinya menikah dengan mantan anggota grup idol Jepang Morning Musume yaitu Aya Ishiguro pada bulan Mei 2000. Mereka dikaruniai tiga orang anak, Rimu, Sona dan Youta.

DISCOGRAPHY

 

Studio Albums

[1991.04.21] LUNA SEA

[1992.05.21] IMAGE

[1993.04.21] EDEN

[1994.10.26] MOTHER

[1996.04.22] STYLE

[1998.07.23] SHINE

[2000.07.12] LUNACY

[2013.xx.xx] Untitled

Best Albums

[1997.12.17] SINGLES

[2000.12.23] PERIOD ~THE BEST SELECTION~

[2002.03.06] another side of SINGLES II

[2008.03.26]LUNA SEA COMPLETE BEST

Other Albums

[1999.05.29] NEVER SOLD OUT (Live Album)

[2005.03.23] SLOW (Ballad Album)

[2007.12.19] LUNA SEA MEMORIAL COVER ALBUM -Re:birth- (Tribute Album)

[2011.03.16] LUNA SEA (Self-cover)

[2011.06.01] LUNA SEA 3D IN LOS ANGELES ORIGINAL SOUNDTRACK (Live Album)

Instrumental Albums

[2001.12.19] LUNA SEA PIANO SOLO INSTRUMENTS 1

[2001.12.19] LUNA SEA PIANO SOLO INSTRUMENTS 2

[2001.12.19] LUNA SEA PIANO SOLO INSTRUMENTS 3

[2001.12.19] LUNA SEA PIANO SOLO INSTRUMENTS 4

[2001.12.19] LUNA SEA GUITAR SOLO INSTRUMENTS 1

[2001.12.19] LUNA SEA GUITAR SOLO INSTRUMENTS 2

 

Demo Tapes

[1989.08.09] LUNACY

[1989.12.08] SHADE

[1990.06.10] LASTLY

Singles

[1993.02.24] BELIEVE

[1993.07.21] IN MY DREAM (WITH SHIVER)

[1994.07.21] ROSIER

[1994.09.21] TRUE BLUE

[1995.02.22] MOTHER

[1995.11.13] DESIRE

[1996.03.25] END OF SORROW

[1996.07.15] IN SILENCE

[1998.04.15] STORM

[1998.06.03] SHINE

[1998.07.01] I for You

[2000.03.29] gravity

[2000.05.17] TONIGHT

[2000.11.08] LOVE SONG

[2012.03.21] THE ONE -crash to create-

[2012.12.12] The End of the Dream / Rouge

Digital Singles

[2011.04.09] PROMISE

 

DVD / VHS / Blu-ray

[1992.07.22] IMAGE or REAL

[1993.12.16] Sin After Sin

[1995.05.24] ECLIPSE I

[1996.07.15] LUNATIC TOKYO~1995.12.13 TOKYO DOME~

[1997.05.21] REW

[1999.09.29] 10TH ANNIVERSARY GIG [NEVER SOLD OUT] CAPACITY∞ LIVE!

[1999.09.29] 10TH ANNIVERSARY GIG [NEVER SOLD OUT] CAPACITY∞ DOCUMENT!

[2000.08.xx] SLAVE Gentei GIG 2000

[2001.05.29] THE FINAL ACT TOKYO DOME

[2001.11.28] ECLIPSE II

[2001.11.28] ECLIPSE I+II

[2003.05.29] LUNA SEA 1998 REVIVE Manatsu no Yagai

[2008.01.16] Mafuyu no Yagai

[2008.01.16] Manatsu no Yagai

[2008.03.26] LUNA SEA GOD BLESS YOU ~One Night Déjàvu~ 2007.12.24 TOKYO DOME

[2010.05.30] LUNA SEA 10TH ANNIVERSARY GIG [NEVER SOLD OUT] CAPACITY∞

[2010.12.15] LUNA SEA FIRST ASIAN TOUR 1999 in HONG KONG

[2010.12.15] LUNA SEA CONCERT TOUR 200 BRAND NEW CHAOS ACT II in Taipei

[2011.04.13] LUNA SEA 20th ANNIVERSARY WORLD TOUR REBOOT -to the New Moon- TOUR DOCUMENT

[2011.04.13] LUNA SEA 20th ANNIVERSARY WORLD TOUR REBOOT -to the New Moon- TOKYO DOME

[2011.04.13] LUNACY Kurofuku Gentei GIG ~the Holy Night~

[2011.10.19] Ichiya Kagiri no Fukkatsu Live LUNA SEA Chinmoku no 7 Nen wo

[2012.02.22] LUNA SEA 3D IN LOS ANGELES

[2012.03.28] LUNA SEA For JAPAN A Promise to The Brave 2011.10.22 SAITAMA SUPER ARENA

Box

[2003.12.23] COMPLETE SINGLE BOX

[2004.05.29] COMPLETE ALBUM BOX

sumber : wikipedia.org, generasia.com, jrocker.com, lunasea.jp

pics : wikipedia.org, generasia.com, dougcheungphotography.blogspot.com, lunaseachile.com, various sources

COMMENT