SHARE THIS ARTICLE

Jika Anda pikir Kendama adalah permainan untuk anak kecil, pikir sekali lagi. Permainan ini tidak semudah yang terlihat, dan menguasai teknik yang dibutuhkan untuk permainan ini mungkin lebih sulit dari yang Anda bayangkan.

Japanese Kendama Association (JKA) didirikan di Jepang pada tahun 1975. Organisasi ini berfungsi sebagai indikator untuk spesifikasi Kendama supaya kita dapat berpartsipasi dalam berbagai kejuaraan dan mengerti peraturan-peraturannya.

Peringkat dalam Kendama sama dengan peringkat yang digunakan dalam seni bela diri; untuk Kendama, peringkat-peringkat ini disebut Kyu dan dimulai dari peringkat paling bawah, peringkat 10, dan terus naik hingga peringkat 1, peringkat tertinggi yang dapat diraih oleh seseorang.

Untuk naik satu peringkat lebih tinggi, Anda harus melakukan gerakan yang dikhususkan unutk level tersebut dengan sukses paling tidak sekali dalam sepuluh kali percobaan yang diberikan.

Sebagai tambahan, jika peringkat yang ingin Anda capai bukanlah peringkat pertama, Anda harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya juga dengan sukses sebanyak dua kali dalam sepuluh kali percobaan. Jika peringkatnya lebih tinggi dari peringkat kedua, maka Anda harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya sebanyak tiga kali dengan sukses dalam sepuluh kali percobaan.

Untuk peringkat 6 hingga 1, Anda diharuskan melakukan gerakan tambahan pada setiap peringkatnya, yang disebut moshikame.

Kini, untuk mendapatkan peringkat Kyu pertama (ranking 10), Anda harus menggantung bola hingga benar-benar tidak bergerak pada talinya. Kemudian, bola tersebut harus ditangkap dalam sekali ayunan sehingga bola itu akan jatuh pada salah satu lubang yang ada di kedua sisi.

sumber : worldofjapan.net

COMMENT