SHARE THIS ARTICLE

Tentunya sebagian dari kita ada yang merasa penasaran, bagaimanakah bentuk Jepang jaman dulu itu. Di Taito-ku, Tokyo, ada sebuah museum bernama Shitamachi Museum, yang di dalamnya kita dapat melihat bagaimana Jepang, tepatnya daerah Shitamachi jaman dulu itu. Shitamachi adalah sebuah distrik pusat perdagangan tradisional, hiburan dan perumahan di Tokyo. Seratus tahun yang lalu, area ini masih memiliki rasa jaman Edo (tahun 1603 hingga 1868), namun kemudian berubah drastis sejak Perang Dunia ke-2.

Di Shitamachi Museum, kita dapat merasakan bagaimana kehidupan di Shitamachi di masa Taisho (tahun 1912 hingga 1926). Toko-toko dan perumahan pada masa itu direproduksi di museum ini, dan peralatan yang sering digunakan oleh orang-orang tua masa itu juga dipamerkan di museum ini.

jinrikisha (rickshaw)
blacksmith’s house
tatami mats living room
candy store

Menariknya, Anda dapat masuk ke dalam berbagai ruangan di dalamnya dan menyentuh benda-benda yang dipamerkan. Hanya saja, jangan lupa bahwa Anda harus membuka alas kaki Anda di rumah Jepang. Museum ini mengganti benda-benda yang dipamerkan mengikuti peristiwa musiman, sehingga selalu ada nuansa yang berbeda sepanjang tahunnya.

Biaya masuk ke museum ini adalah 300 yen (sekitar 3,60 dolar). Jika Anda beruntung Anda dapat menyaksikan demonstrasi pembuatan kerajinan tradisional di museum ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana mengakses museum itu, Anda dapat mengunjungi situs Shitamachi Museum (dalam bahasa Inggris).

sumber : japanstyle.info

COMMENT