SHARE THIS ARTICLE

Kuil Zenkoji adalah simbol kota Nagano. Sebuah kota yang namanya semakin dikenal oleh kebanyakan orang luar Jepang saat menjadi penyelenggara Olimpiade Musim Dingin di tahun 1998. Kuil yang dibangun pada abad ke-7 ini, merupakan salah satu kuil Buddha yang terpenting di Jepang.

zenkoji-kuil-yang-berusia-1400-tahun2
(image: snowtravelmag.com)

Dikutip dari sacredsites.com, patung Buddha pertama di Jepang dibawa ke kuil ini pada tahun 522 SM dari kerajaan Kudara di Korea. Patung yang disebut Ikko Sanzon atau Amida Tathagata itu merupakan objek yang paling dihormati di kuil tersebut.

Dibungkus seperti mumi dan disimpan dalam kotak di belakang altar utama, patung ini dikenal dengan nama Hibutsu (The Secret Buddha) atau patung Buddha tersembunyi. Berdasarkan aturan kuil, patung Buddha tersebut tidak boleh terlihat oleh siapapun, termasuk pendeta yang mengepalai kuil tersebut.

Namun, khalayak umum dapat melihat replika patung ini selama festival Gokaicho. Festival ini diadakan selama beberapa minggu, setiap tujuh tahun sekali. Terakhir kali, festival tersebut diadakan tahun 2015 lalu dan biasanya digelar pada awal bulan Mei hingga akhir bulan April.

zenkoji-kuil-yang-berusia-1400-tahun1
(image: universal-doll.com)

Kuil Zenkoji ini juga memiliki slogan yang terkenal, “Kunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup Anda, bahkan jika itu terlalu jauh. Jika Anda berjanji untuk Amida, itu akan menyelamatkan Anda.” Tertarik untuk mengunjunginya?

(Featured image: tadaimajp.com)

Sources :
COMMENT