SHARE THIS ARTICLE
Ilustrasi buah yuzu. ©latherblog.blogspot.com
Ilustrasi buah yuzu. ©latherblog.blogspot.com

Pernah mendengar buah bernama Yuzu? Jika tidak, maka kalian bukan satu-satunya orang yang tak pernah mendengarnya. Walau sering disebut sebagai buah langka dan menjadi kecintaan para koki, Yuzu memang tak populer di masyarakat awam.

Meski harganya cukup mahal, buah langka yang berasal dari Jepang ini diperkirakan akan menjadi sangat populer. Yuzu bahkan diklaim akan lebih populer dibandingkan jeruk, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Yuzu memiliki bentuk dan warna seperti jeruk, yaitu bulat dan berwarna oranye kekuningan. Namun rasanya adalah perpaduan antara rasa lemon, jeruk mandarin, dan grapefruit. Yuzu sendiri telah diterima oleh masyarakat Barat karena rasanya sering digunakan sebagai perasa permen karet, cuka, atau minuman alkohol.

Buah yang memiliki rasa unik ini diperkirakan juga mengandung lebih banyak vitamin C dari lemon. Banyak koki yang memakai yuzu dalam masakan mereka untuk menambah nutrisi atau cita rasa. Mike Lewis, seorang koki dari Yo! Sushi menggunakan yuzu untuk membuat tart salsa. Koki lain seperti Jamie Oliver juga memanfaatkan yuzu sebagai bahan mayonaise atau dressing untuk salad.

Sayangnya di Indonesia, buah ini kemungkinan masih sulit didapatkan di pasar biasa. Namun jika yuzu semakin populer, tak menutup kemungkinan buah ini akan datang ke Indonesia dan kalian bisa mencicipi rasanya.

Source : merdeka.com
COMMENT