SHARE THIS ARTICLE
image: William Meppem
image: William Meppem

Ada banyak hidangan di seluruh dunia yang menggunakan pasta sebagai bahan utamanya, tapi hidangan pasta di Jepang memiliki aturannya sendiri lho! Sudah bukan hal yang mengherankan jika negara yang terobsesi dengan mie seperti ramen, soba dan udon tersebut hampir selalu melibatkan spaghetti, dan menggunakan bahan-bahan seperti rumput laut nori, soy sauce dan salmon roe (telur ikan salmon) untuk hidangan pasta.

Seperti dilansir dari stuff.co.nz, subkultur pasta yang di Jepang dikenal sebagai “wa-fu” ini adalah sesuatu yang tidak akan kalian temukan di tempat lain. Berikut ini adalah resep untuk membuat pasta salmon dan krim nori ala Jepang. Yuk, kita lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya!

Waktu memasak: Kurang dari 30 menit
Untuk 4 porsi

Bahan-bahan:

400 gr spaghetti kering
1 sdm minyak sayur
400 gr salmon fillet tanpa kulit
1 1/2 sdt garam
1 sdm mentega
2 sdm bawang yang dicincang sangat halus
2 sdm sake atau vodka (dapat diganti bahan lain sesuai selera)
300 ml pouring cream (krim siap saji)
2 sdm salmon roe (opsional)
1 lembar nori, potong menjadi tiga dan kemudian potong menjadi strip yang sangat halus

Cara pembuatan:

1. Masak pasta dalam air asin hingga tidak terlalu matang. Panaskan minyak dalam wajan besar di atas api sedang. Bumbui salmon dengan satu sendok teh garam dan goreng selama sekitar tiga menit di setiap sisinya hingga berwarna kecoklatan terang dan masak hingga matang. Angkat dari wajan dan tempatkan di atas kertas penyerap.

2. Tanpa perlu mencuci pancinya, panaskan mentega dan goreng bawang di atas api sedang sampai lunak. Tambahkan garam yang tersisa dan sake, dan didihkan. Tambahkan krim, aduk rata. Potong salmon menjadi potongan-potongan seukuran sekali gigit dan aduk dengan saus krim. Tambahkan pasta, aduk rata, tambahkan sedikit air pasta jika diperlukan.

3. Untuk menyajikannya, tempatkan salmon roe dan irisan nori yang sangat tipis di atas pasta.

Source : stuff.co.nz
COMMENT