SHARE THIS ARTICLE

Musim dingin yang dahsyat di Niigata, Jepang menghasilkan salju yang berlimpah, yang dapat menimbulkan masalah bagi penduduk – khususnya orang tua – yang dihadapkan pada tugas melelahkan membersihkan jalan. Untuk mengerjakannya, kini hadir Yuki-taro, sebuah robot penyapu salju otomatis yang dikembangkan oleh tim peneliti dari lima organisasi daerah di Niigata.

Yuki-taro yang nampak ramah berukuran 160 x 95 x 75 cm dan berat 400 kg. Dilengkapi dengan GPS dan sepasang kamera video yang tertanam dalam matanya, robot yang memandu dirinya sendiri ini mencari salju dan menelannya ke dalam mulut yang besar. Bagian dalam Yuki-taro terdiri dari sebuah sistem yang memadatkan salju menjadi batu bata keras berukuran 60 x 30 x 15 cm, yang dikeluarkan Yuki-taro dari bagian belakangnya. Batu bata tersebut kemudian dapat ditumpuk dan disimpan sampai musim panas, dan dapat digunakan sebagai sumber pendinginan alternatif.

Yuki-taro adalah hasil dari hampir tujuh tahun pengembangan para peneliti dari Niigata Industrial Creation Organization (NICO), Research and Development, Inc. (RDI), Niigata Institute of Technology, Yamagata University dan Industrial Research Institute of Niigata Prefecture (IRI), yang dibentuk untuk mendesain robot ramah lingkungan yang dapat beroperasi dengan sendirinya dan membantu orang tua. Pada tahun 2006, Yuki-taro menerima Good Design Award untuk kategori perusahaan kecil dan menengah.

Para peneliti terus berupaya untuk mengurangi ukuran, berat dan biaya, Yuki-taro. Dan mereka berharap untuk membuatnya agar tersedia secara komersial dalam lima tahun dengan harga kurang dari 1 juta Yen [8.300 US$].

[Source: pinktentacle.com]

COMMENT