SHARE THIS ARTICLE

Menu Ayam Teriyaki pasti sudah tak aneh lagi bagi para pecinta kuliner Jepang, karena menu yang satu ini memang cukup mudah ditemukan di berbagai restoran. Namun sebetulnya, Ayam Teriyaki cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Yuk, mari coba membuat sendiri Ayam Teriyaki menggunakan resep yang dilansir dari NHK berikut ini:

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)
– 2 paha ayam tanpa tulang dengan kulitnya
– Sedikit minyak sayur untuk permukaan penggorengan
– 3 sendok makan (27 gram) gula
– 2 1/2 sendok makan (sekitar 40 ml) kecap asin
– 100 ml air
– Sedikit garam.

Cara Memasak
– Tusuk-tusuk ayam dengan garpu agar dapat lebih menyerap saus
– Panaskan penggorengan dengan api sedang dan masukkan sedikit minyak. Letakkan bagian ayam yang terdapat kulit di atas permukaan panci dan goreng sampai kulitnya berwarna coklat. Balikkan dan goreng sisi yang tidak berkulit sampai berwarna putih. Lap minyak yang keluar dari daging ayam dengan tissue dapur. Tambahkan 100 milimeter air dan sedikit garam, tutup penggorengan dengan dan masak dengan api kecil.
– Saat ayam sudah matang, tambahkan gula dan kecap asin lalu masak dengan api kecil. Ayam tersebut harus sesekali di balik. Masak hingga kuahnya mengental.
– Iris daging ayam tersebut saat sudah cukup dingin. Setelah di iris-iris, siramkan kuah ke atas permukaan daging.

Ayam Teriyaki makin nikmat disantap dengan nasi Jepang. Berikut cara untuk memasak nasi Jepang bulir pendek.

Memasak Beras Jepang Yang Berbulir Pendek

Bahan (Untuk 4 Porsi)
– 400 gram beras Jepang yang bulirnya pendek (short-grain)
– 600 ml air

Cara Memasak
– Masukkan saringan berisi beras di dalam baskom berisi air dan bilas satu kali dengan cepat. (Cara mencuci: ambil beras dan gosokkan satu sama lain dengan gerakan melingkar sekitar 10 kali). Ganti air 2 atau tiga kali lalu tiriskan.
– Setelah di tiriskan, letakkan beras di panci. Tambahkan 600 ml air dan biarkan selama lebih dari 30 menit agar beras tersebut menyerap air yang cukup.
– Tutup panci dan masak dengan api sedang. Kecilkan api saat sudah mulai mendidih dan muncul uap. Masak selama 12 menit.
– Matikan api dan biarkan panci tersebut hingga 10 menit.
– Buka tutup panci dan aduk nasi dengan sendok nasi atau sendok besar. Jangan terlalu banyak diaduk.

Source : NHK
COMMENT