SHARE THIS ARTICLE

Apakah terpikir di benak kalian tentang logo motor yang tertempel di tangki atau body motor kamu? Lalu bagaimana logo tersebut bisa mendunia? Apakah Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki adalah nama pembuat nama motor pertama kali di Jepang? Berikut kita simak penjelasannya!

Honda

honda_logo

soichiroHonda

Soichiro Honda, ya beliau adalah yang mendirikan Honda. Lahir 17 November 1906. Hidupnya yang selalu dihampiri kegagalan membuat Honda-sama pada umur 15 tahun pindah ke kota dengan keahliannya mengotak-atik mesin dan akhirnya bekerja di pabrik mesin. Bekerja selama 6 tahun membuat ilmu Honda-sama bertambah dan beliau terkenal dengan jeruji besi untuk mobil dan laku keras di pasaran dan diekspor ke luar negeri. Inilah paten pertama kali Honda pada usia 30 tahun.

Lalu Honda-sama tertuju untuk membuat ring piston mobil, namun sayang ditolak Toyota karena bahannya yang kurang lentur dan tidak laku dijual. Namun hal itu tidak mematahkan asa semangat Honda-sama yang membuatnya ingin menambah ilmu lagi dengan kuliah. Berkat usaha keras sampai menyempatkan diri untuk bolos kuliah, hasil ring piston buatan Honda-sama diterima oleh Toyota dan langsung memberikan kontrak kerja. Impian Honda-sama mendirikan pabrik akhirnya terwujud. Tapi sayang, niat Honda-sama kandas karena saat itu Jepang telah siap berperang, apalagi pemerintah sudah tidak memberikan dana kepada rakyatnya. Akhirnya Honda-sama mengumpulkan modal sendiri dari hasil mengumpulkan orang untuk mendirikan pabrik. Namun musibah datang yang menyebabkan 2 kali pabrik Honda-sama dilalap api.

Dengan kondisi yang seadanya, Honda-sama mencoba otak-atik sepedanya dengan memasang motor kecil di sepeda itu. Siapa sangka sepeda motor buatannya itu disukai kerabat dan tetangganya. Lalu November 1947, Honda-sama mengembangkan sepeda motor berkekuatan 0,5 dk dengan nama A-Type.

Yamaha

torakusuyamaha

1008_atvp_01_ih+yamaha_2011_Grizzly_450_eps_best_of_the_best+yamaha_logo

Yamaha Torakusu, lahir pada tahun 1851 yang merupakan penemu dan pembuat alat musik piano dan organ. tahun 1890 mendirikan pabrik yang dinamai Nippon Gakki Company Ltd (sekarang Yamaha Corp.) yang memproduksi alat-alat musik dengan logo garputala. Baru pada 1 Juni 1955 berdirilah Yamaha Motor Corp.

Genichi Kawakami, anak pertama Kaichi Kawakami, presiden generasi ketiga dari Nippon Gakki Company Ltd pada Juli 1937 memutuskan bergabung dengan Nippon Gakki Limited. Menjabat sebagai presiden generasi keempat pada tahun 1950 dan mulai melebarkan usaha mesin jahit, suku cadang, skuter, kendaraan roda tiga serta sepeda motor.

Setelah Perang Dunia terjadi, Genichi-sama menyadari negara membutuhkan alat transportasi. Akhirnya motor Yamaha YA1 mulai diproduksi yang akhirnya laku keras dan sukses di pasaran.  1 Juli 1955 Yamaha Motor Co, Ltd  resmi didirikan dengan karyawan 274 orang.

Motto mereka dalam membuat motor adalah “Jika anda pembuatnya, maka jadikanlah yang terbaik”

Suzuki

Michio_Suzuki

suzuki-logo-5

Suzuki Michio yang awalnya adalah pemilik pabrik tenun sutra dan sudah dimulai pada tahun 1909.  Namun setelah PD II, banyak perusahaan yang bangkrut akibat dari perang ini, termasuk Michio-sama.

Pada tahun 1952, Michio-sama tertarik dunia otomotif dan saat itu juga membuat bracket mesin tempel pada sepeda buatan Michio-sama berkekuatan 36cc yang dinamai Power Free. Lalu dilanjutkan dengan Diamond Free berkekuatan 60cc. Akhir Tahun 1954, membuat Colleda yang berkekuatan 90cc. Namun sayangnya produk ini kurang diminati dan permintaan ekspor tidak banyak. Baru pada tahun 1967, Michio-sama membuat T500 yang diekspor ke Amerika dan Inggris. Sukses, T500 dikembangkan menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga 1977.

Kemudian dilanjutkan dengan memproduksi GS1000 pada 1978 yang akhirnya sukses luar biasa di pasaran pada saat itu. GS1000 dikembangkan menjadi GSX1000 di tahun 1980 dan GSX1100 Katana di tahun 1982.

Di sinilah Suzuki terkenal dan sukses karena dinilai full power, modern, ringan dan kompetitif. Seri GSX1100 sempat dikembangkan menjadi GSX-R1100 yang merupakan dari cikal bakal Hayabusa.

Kawasaki

001_ph001

Kawasaki_logo

Shozo Kawasaki, dilahirkan pada 2 Desember 1837. Dikenal dengan pabrik pembuat kapal, lokomotif, pesawat, motor dan misil. Berawal tahun 1878 mendirikan Kawasaki Hyogo Shipyard Corp. Selama PD II Kawasaki memproduksi kapal selam dan super tanker. Tahun 1949, mulai menunjukkan ketertarikan pada dunia otonotif dengan memproduksi mesin motor.

Kawasaki membuat motor 60cc dan 150cc dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, karena pernah kerjasama di bidang pesawat terbang. Tahun 1954 membuat motor utuh yang dinamai Meihatsu. Pada saat yang sama Kawasaki membuat skuter, namun sadar hal akan pesaing berat di industri skuter yaitu Fuji Rabbit dan Mitsubishi Sliver Pigeon.

Perlu diketahui bahwa Kawasaki tidak lepas dari Meguro Motorcycles. Meguro ini dikenal senior dari Honda, Yamaha maupun Suzuki. Bahkan Meguro pernah dijululi “King of Four Stroke”. Meguro pertamakali memasuki industi motor pada tahun 1937 dengan produk pertama Z97 yang berkekuatan 500cc Rocker Valve dan akhirnya sukses di pasaran hingga terus diproduksi sampai 1950-an. Disamping itu juga memproduksi motor 250cc dan 350cc silinder tunggal hingga mesin high performance 500cc dan 650cc silinder ganda. Sehingga pantaslah disebut senior karena mesin produksi lebih maju saat itu, dan akhirnya Meguro Motorcycles diakuisisi oleh Kawasaki Motorcycles pada tahun 1962 dan bernama Kawasaki Motorcycles hingga saat ini.

Source : wartawarga.gunadarma.ac.id
COMMENT