SHARE THIS ARTICLE

Selama musim dingin di Jepang, cuaca sangat dingin terutama di bagian Utara Jepang. Tetapi musim dingin di Jepang juga memiliki sesuatu yang menarik. Ketika mengunjungi Jepang, banyak orang ingin mencicipi kaki dari Hokkaido King Crab. Kaki dari Hokkaido King Crab adalah menu mewah favorit bagi masyarakat Jepang Selama Festival Tahun Baru.

King Crab dapat ditangkap selama bulan Oktober sampai Januari. King Crab dapat ditemukan di banyak daerah di Alaska. Ada 3 ras King Crab, yaitu Red King Crab, Blue King Crab dan Brown King Crab (Golden King Crab). Di Jepang hanya Red King Crab (タラバガニ, TarabaGani ) dan Blue King Crab (アブラガニ, AburaGani ) yang banyak disukai. Jenis yang paling favorit adalah Red King Crab dan yang kedua adalah Blue King Crab. Keduanya memiliki karakteristik luar yang sangat mirip. Jika kalian tidak melihat mereka dengan hati-hati, kalian tidak akan melihat perbedaannya. Alasan mengapa kita harus mampu mengetahui perbedaannya karena Red King Crab lebih mahal daripada Blue King Crab. Mari kita mempelajari perbedaan antara kedua keturunannya. Jika tidak, kalian mungkin tertipu dengan mudahnya.

P01

Pertama adalah Taraba-Gani berwarna coklat tua hampir hitam sebelum dimasak, tetapi Abura-Gani memiliki karapas dan kaki dalam warna hijau kebiruan itu sebabnya ia memiliki julukan sebagai Blue King Crab.

P03

Kedua, Taraba-Gani akan berubah menjadi merah cerah setelah dimasak, jadi kepiting ini dinamakan Red King Crab. Sedangkan Araba-Gani akan berubah menjadi oranye-merah. Berikutnya adalah ujung tajam depan kedua kepiting, mereka lumayan jauh berbeda, tapi bagian ini cukup sulit untuk diperhatikan. Bagian termudah untuk melihat perbedaannya adalah di area tengah atas cangkang. Taraba-Gani memiliki enam titik dan Araba-Gani hanya memiliki empat titik.

P04

Terakhir adalah pada kaki, kaki Taraba-Gani berwarna merah dan kaki Araba-Gani berwarna putih. Hal ini mudah untuk dilihat.

Inti dari cerita ini adalah harga Taraba-Gani lebih mahal, jika ada diskon; itu  sekitar tujuh ribu Yen atau lebih. Araba-Gani sekitar tiga ribu Yen atau lebih. Sangat berbeda! Rasa daging kepitingnya sedikit manis jika sangat segar. Bagian favorit dari King Crab adalah kakinya, biasanya dimasak sebagai menu panggang, hot pot, sushi, sashimi, atau sup miso. Harga tergantung pada kepiting yang disediakan oleh restoran tersebut, Taraba-Gani atau Araba-Gani sebagai bahan tersebut. Jika kalian ingin makan kepiting Hokkaido segar, kalian harus mengunjungi kota Kushiro untuk membeliya dari pasar atau membeli langsung dari nelayan. Coba kalian lihat sendiri bagaimana King Crab disajikan di Jepang.

P05

Sekarang kalian sudah tahu tentang King Crab. Rincian ini tidak boleh diabaikan. Kalau tidak, kita tidak bisa membedakan mereka dan mungkin akan kecewa jika kalian telah datang ke tempat yang tepat, tapi makan kepiting yang salah. Sayang sekali!

Tips: Banyak orang meragukan bahwa dalam bahasa Jepang Kani (かに) berarti kepiting, bukan? Mengapa disebut ___ Gani (ガニ)? Alasannya adalah jika kalian mengacu pada semua jenis kepiting yang belum teridentifikasi jenisnya, akan berakhiran Kani (かに). Tapi jika kalian mengacu secara spesifik untuk setiap jenis kepiting yang telah teridentifikasi jenisnya, akhiran akan menjadi ___ Gani (ガニ) seperti Taraba-Gani, dan Abura-Gani ^ ^

Source : en.marumura.com
COMMENT