SHARE THIS ARTICLE

1

Haruna Kojima [小嶋陽菜] dilahirkan di Provinsi Saitama, Jepang pada 19 April 1988. Akrab dipanggil Kojiharu atau Haru-nyan oleh para fansnya dan panggilan Nyannyan dari para member AKB48. Kojima termasuk salah satu dari personil AKB48 1st Generation.

2

Kojima sudah aktif di dunia entertainment sejak berusia 11 tahun di bawah management Stardust dan tergabung di idol group Angel Eyes sebelum bubar di tahun 2001. Kojima juga salah satu fans berat dari grup idol Morning Musume dan pernah ikut audisi untuk bergabung dengan Morning Musume.

3

Kojima menemukan poster mengenai audisi AKIHABARA48 di sebuah stasiun kereta api sepulang sekolah. Berbeda dengan rekannya Atsuko Maeda dan Tomomi Itano yang tertarik dengan kalimat dari produser Yasushi Akimoto “Saya ingin bertemu dengan dirimu yang sebenarnya”, Kojima lebih tertarik dengan persyaratannya yang cukup mudah. Hanya perlu mengirimkan email berupa data diri dan foto diri yang dikirim via handphone. Dan memang Kojima memiliki wajah yang menarik dan postur tubuh yang cukup tinggi selayaknya seorang model catwalk, meski ketika itu usianya baru 17 tahun (2005). Kojima lulus audisi dan tergabung dalam 1st Generation AKB48 Team A. Tapi karena masih berkutat dengan kerja paruh waktunya, Kojima sempat ingin mangkir dari beberapa sesi latihan di awal, sebelum Tomonobu Togasaki, asisten pribadi dari Yasushi Akimoto berhasil meyakinkannya.

Kojima termasuk salah satu dari 20 member 1st Generation yang merasakan pahit getirnya perjuangan AKB48 di masa awal pembentukan. Tapi mungkin karena memang faktor usia dan pengalaman Kojima selama di Stardust agency, dirinya lebih mampu tahan uji dibanding rekan-rekannya yang lebih muda. Karena itu, sebagai member senior AKB48, Kojima bersama dengan Mai Oshima dan Mariko Shinoda, sering dianggap sebagai senpai/kakak senior yang bisa menjadi pengobar semangat dan motivator.

Di antara sekian banyak member AKB48, Haruna Kojima termasuk salah satu member yang kurang beruntung karena tidak berhasil menyelesaikan SMA-nya, karena sekolah Kojima melarang siswinya untuk berkecimpung di dunia entertainment. Tetapi Kojima adalah satu-satunya personil AKB48 yang tampil di semua single AKB48 (25 single). Kojima juga termasuk salah satu personil AKB48 yang paling sering tampil di layar kaca baik film, drama, iklan maupun panggung catwalk sebagai model. Tercatat Kojima telah tampil dalam 14 drama dan 1 film layar lebar.

4

Kojima termasuk salah satu personil AKB48 yang memiliki kualitas vokal yang bagus. Bersama rekannya di AKB48, Kojima tergabung dalam trio No Sleeves/no3b bersama Minami Takahashi dan Minami Minegishi.

5

Keseharian Kojima sering disebut sebagai member yang paling ceria. Senyumnya nyaris tidak pernah lepas dari wajahnya. Di saat rekan-rekannya sedang sedih, Kojima-lah yang mampu meredam suasana dengan joke-joke-nya. Kelebihan lainnya, Kojima bukan tipe wanita yang mudah marah. Jika marahpun, dia hanya cukup menangis sendirian di dalam kamarnya, tapi keesokan harinya, dia sudah bisa ceria kembali.

6

Dan terakhir, meskipun usianya sudah termasuk dewasa dan senior, Kojima masih belum menentukan apa yang akan dia lakukan bila sudah tidak di AKB lagi. Dia hanya ingin melakukan sesuatu untuk AKB sampai selama-lamanya. Mungkin satu-satunya kekurangan dari Kojima (hal ini diakuinya), karena dia satu-satunya member yang kurang dalam hal pendidikan akademis, dia sering merasa minder apabila harus berperan menjadi anak sekolah.

Source: facebook.com/Akb48Wota48Family

COMMENT