SHARE THIS ARTICLE

Travelers, jalan-jalan ke Jepang, yuk! Jangan cuma mencari oleh-oleh saja tapi disini kamu juga bisa mengunjungi kuil-kuil cantik dengan taman-tamannya yang menawan. Di Negeri Sakura sendiri ada beberapa kuil yang memang diperuntukan bagi umat Shinto dan Budha. Sebagian besar dari mereka sudah berumur tua dan menjadi peninggalan kaisar-kaisar terdahulu. Tidak usah lama-lama lagi, nih Pegipegi punya rekomendasi kuil cantik di Jepang.

Kuil Kiyomizu-dera

Kuil-Cantik-di-Jepang (1)Kuil Kiyomizu-dera terletak di sebelah timur kota Kyoto dan dianggap sebagai kuil bersejarah yang didirikan pada tahun 778. Sejak pertama kali didirikan, kuil ini sudah beberapa kali terbakar. Dan sebagian besar bangunan yang ada sekarang dibangun oleh Shogun Tokugawa pada awal periode Edo (1631 – 1633). Aula utama atau Hondo dari kuil ini dijadikan sebagai aset nasional. Kuil ini juga punya beberapa spot kultural penting, meliputi Gerbang Deva, Gerbang Barat, Pagoda 3 Tingkat, dan Lonceng Menara. Pada tahun 1994, Kuil Kiyomizu-dera didaftarkan menjadi salah satu daftar warisan budaya dunia UNESCO dan menjadi Monumen Bersejarah Kuno Kyoto. Kecantikan kuil ini makin terlihat saat sakura bermekaran di musim semi dengan berbagai macam daun berwarna-warni.

Kuil Meiji Jingu

Kuil-Cantik-di-Jepang (2)Kuil ini adalah kuil Shinto yang dibangun pada tahun 1920. Kuil ini didedikasikan untuk Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken di Shibuya, Tokyo. Yang menarik dari Kuil Meiji Jingu adalah karena lokasinya seolah tertutup hutan di tengah kota dengan luas 700.000 m2. Ada sekitar 120.000 pohon dengan spesies berbeda yang didonasikan para penduduk dari seluruh negeri. Jadi kalau travelers datang ke sini seolah-olah sedang menjelajahi hutan. Bisa dibilang kalau Kuil Meiji Jingu adalah kuil paling populer di Jepang dan menjadi tempat pertama yang wajib dikunjungi tiap tahun. Kuil ini pernah rusak selama Perang Dunia II kemudian dipugar kembali dan selesai pada tahun 1958. Datang ke Kuil Meiji berarti travelers bisa berwisata religi sekaligus rekreasi ke sebuah hutan dengan pohon-pohonnya yang lebat.

Kuil Hase Kannon

Kuil-Cantik-di-Jepang (3)Kuil Hase Kannon atau juga dikenal dengan Hase-dera adalah salah satu kuil agama Budha di kota Kamamura, Kanagawa. Kuil ini terkenal dengan patung Kannon-nya, yaitu Dewa Pemurah. Patung Kanon ini punya 11 kepala dimana masing-masing mewakili karakter sang dewa. Tingginya mencapai 9,18 meter dan dianggap sebagai salah satu patung ukir kayu terbesar yang ada di Jepang. Kuil Hase Kannon dibangun di lereng sebuah perbukitan dengan taman dan kolam sangat cantik. Bangunan utama dari kuil dibangun lebih tinggi dan untuk mencapainya travelers bisa menaiki anak tangga.

Kuil Kinkakuji

Kuil-Cantik-di-Jepang (4)Kinkakuji adalah kuil Zen Budha yang juga dikenal dengan nama Kuil Golden Pavilion dan terletak di sebelah utara Kyoto. Kuil ini dibangun pada akhir abad ke-14 yang mulanya adalah sebuah vila untuk Ashikaga Yoshimitsu. Kuil Kinkakuji mempunyai bangunan tingkat 3 yang dibangun di kompleks Rokuon-ji. Tingkatan paling atas dibuat sangat rumit dengan tertutup oleh daun-daun berwarna keemasan. Dengan dikelilingi oleh taman khas Jepang dan kolam-kolam, tidak mengherankan kalau banyak turis yang menyukai spot wisata religi ini. Taman dan kolam di kuil ini juga diperindah dengan berbagai macam bebatuan berbentuk tidak biasa. Kuil ini pernah terbakar beberapa kali saat perang dan renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun 1987 dengan memindahkan daun-daun berwarna keemasan.

Kuil Anrakuji

Kuil-Cantik-di-Jepang (5)Kuil Anrakuji ditemukan pada akhir abad ke-13 dekat dengan Bessho Spa. Bagian bawah kuil adalah pagoda dengan 3 tingkat berbentuk oktagonal, dimana desainnya menjadi warisan nasional. Pagoda ini punya bagian atap yang dinamai dengan ‘mokoshi’ atau ‘bersandar pada’ lantai pertama sehingga tampak seperti punya empat tingkatan. Gaya arsitekturnya lazim ditemukan pada masa Dinasti Sung. Bangunan lain yang cukup populer di sini adalah Aula Utama dan Denpo-do, yaitu sebuah aula yang diabadikan untuk dua biksu terkemuka, yang dilukiskan dalam patung duduk, Isen Osho dan Enin Osho.

Source : pegipegi.com
COMMENT